12 destinasi wisata di Yogyakarta bakal kebanjiran wisatawan saat Nataru - WisataHits
Jawa Timur

12 destinasi wisata di Yogyakarta bakal kebanjiran wisatawan saat Nataru

Yogyakarta, CNNIndonesia

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memprediksi hingga 12 destinasi wisata di wilayahnya akan dibanjiri wisatawan selama liburan Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan, total 191 destinasi wisata di daerahnya siap dikunjungi hingga akhir tahun. Ia mengatakan, akumulasi wisatawan diperkirakan terjadi di 12 lokasi.

Menurut Singgih, 12 tempat wisata di DIY itu terbagi dalam kabupaten/kota. Antara lain Keraton Malioboro Yogyakarta; Ayunan Sungai Mundal; Waduk Sermo Kalibiru; Pantai Glaga; Pantai Parangtritis Depok; hutan pinus mangunan;

MENAMPILKAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Kemudian Monjali-Jalan Kaliurang; Prambanan, breksi; Bukit Bintang-Nglangeran; Gua Pindul; Pemandangan Laut HeHa; dan Pantai Baron Indrayanti.

“Selain itu, ada juga 153 desa wisata dan desa yang siap dikunjungi wisatawan. Kita punya desa wisata berkelas internasional seperti Nglanggeran yang menjadi desa wisata terbaik versi UNWTO Yogyakarta, Jumat (22/12).

Singgih melanjutkan, beberapa destinasi wisata di kabupaten tersebut akan mengadakan acara pada malam pergantian tahun. Khusus untuk wilayah Kota Yogyakarta, perayaan malam pergantian tahun hanya diperbolehkan dilakukan di area hotel.

“Hotel 4 dan 5 mengadakan acara malam tahun baru atau sekedar makan malam,” lanjutnya.





Yogyakarta, Indonesia - Oktober 2017: Di dalam Istana Kraton, istana kerajaan di Yogyakarta, Indonesia.  Keraton Kraton adalah landmark dan tujuan wisata populer di Yogyakarta.Keraton Yogyakarta. (Istockphoto/uskarp)

Okupansi hotel di sektor DIY rata-rata mencapai 85 persen sejak 23 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023, menurut Singgih. Apalagi di area tengah atau ring 1 sudah 95 persen.

Sebelumnya, Polda DIY mengungkap laporan dari Kementerian Perhubungan menyebutkan DIY akan dibanjiri 5 juta wisatawan pada musim Nataru mendatang.

Hasil survei yang dilakukan Data Indonesia pada 27 Oktober hingga 23 November 2022 juga mengungkapkan bahwa Yogyakarta menjadi destinasi wisata paling diminati masyarakat Indonesia pada musim liburan Nataru 2022.

Yogyakarta adalah yang kedua setelah Bandung sebagai tujuan wisata paling populer. Kemudian berurutan dari posisi ketiga yaitu Malang, Bogor, Surabaya, Bali, Jakarta dan Garut.

(kum/wow)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button