Tuan Rumah AHI 2022, Kota Malang Menjadi Barometer Humas Nasional - WisataHits
Jawa Timur

Tuan Rumah AHI 2022, Kota Malang Menjadi Barometer Humas Nasional

WAKTU INDONESIA, MALANG – Kota Malang menjadi tuan rumah Indonesian Public Relations Award (AHI) 2022. Penunjukan tuan rumah bukan tanpa alasan. Humas Indonesia mengapresiasi Kota Malang memiliki banyak keunggulan dan aset di bidang kehumasan.

Tidak menutup kemungkinan Kota Malang memiliki peluang besar untuk menjadi barometer kehumasan nasional. Humas memegang peranan penting dalam menghadapi setiap organisasi atau institusi.

“Malang bukan hanya kota wisata tetapi juga kota pendidikan. Kami dukung Malang menjadi barometer kehumasan nasional,” kata CEO Public Relations Indonesia Asmono Wikan pada malam penyerahan Indonesian Public Relations Award (AHI) 2022 di Hotel Atria, Kota Malang, Jumat (28/10/2022).

Sutiaji-b.jpg

Ia mengatakan, personel humas berada di garda terdepan untuk memberikan komunikasi yang bermanfaat dan efektif kepada publik.

“Mereka semua adalah juara. Humas memiliki fungsi strategis. Tanpa kalian, organisasi kalian tidak akan sebesar sekarang ini,” ujarnya.

Asmono meminta staf Humas yang hadir dari berbagai daerah di Indonesia untuk mengurus kehumasan. Menurutnya, pekerjaan humas akan membawa organisasi atau lembaga melampaui batas-batas yang layak.

“Humas mungkin tidak penting di masa lalu. Tapi sekarang fokusnya adalah pada hubungan masyarakat. Humas bukanlah profesi yang terpinggirkan. Makanya kami berikan penghargaan PR Indonesia,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, rangkaian acara Indonesian Public Relations Award sendiri fokus pada topik Keterbukaan Informasi Publik. Ia meyakini keterbukaan informasi publik merupakan hal penting bagi lembaga pemerintah agar masyarakat nantinya dapat mempercayai pedoman yang dikeluarkan.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Humas Indonesia yang memilih Kota Malang menjadi tuan rumah ajang bergengsi yaitu Indonesia Public Relations Award (AHI) 2022.

Ia menyambut baik dorongan dan dukungan Asmono Wikan sebagai Founder dan CEO Public Relations Indonesia dalam kaitannya dengan Barometer Humas Nasional. Kota Malang memberikan perhatian khusus pada bidang informasi publik.

“Apa yang diajarkan tadi, anak-anak kita sudah lakukan melalui seni tari, betapa pentingnya menguasai digitalisasi. Bagaimana membangun komunitas bersama. Humas memiliki peran yang luar biasa,” kata Sutiaji.

Key person di Kota Malang ini menjelaskan bahwa peran penting humas dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat sangatlah penting. Ketepatan dalam menyampaikan pesan merupakan hal yang penting.

Ia meyakinkan semua pihak bahwa situasi dan kondisi Kota Malang saat ini sudah kondusif kembali pasca tragedi awal bulan lalu. Menurutnya, dengan adanya peristiwa tersebut, masyarakat Kota Malang kini mampu menyikapinya dengan bijak, terutama dalam hal menyalurkan aspirasinya, dimana semuanya berjalan dengan tertib dan damai.

“Malang telah matang dalam menanggapi tragedi itu. Insyaallah ini juga menjadi bahan kita semua untuk memikirkan bagaimana SOP dan penyelenggaraan suatu acara nanti. Jadi saya yakin Malang kondusif,” katanya.

Sutiaji juga menyampaikan terima kasih kepada Humas Indonesia khususnya yang telah memberikan pengakuan kepada para praktisi humas Indonesia, khususnya praktisi humas lembaga pemerintahan. Menurutnya, peran humas penting, terutama sebagai corong dalam mengkomunikasikan kebijakan pemerintah kepada publik.

“Saya berharap dan percaya melalui sosialisasi ini, informasi dapat disebarluaskan dengan baik. Karena ketika ada stagnasi informasi, bisa juga ada stagnasi politik,” tambahnya.

Di hadapan staf Humas, Walikota Malang Sutiaji mengajak hadirin dan tamu undangan untuk mengheningkan cipta dan berdoa bersama bagi para korban tragedi Kanjuruhan Malang.

Sutiaji-c.jpg

Salah satu pejabat tinggi negara yang menerima penghargaan dan hadir adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Ia mendukung kegiatan positif ini. Menurutnya, pencapaian terkecil sekalipun harus diberi penghargaan.

“Saya sangat bangga dan semua orang yang mendapat pengakuan. Pengakuan adalah kesempurnaan, tetapi menjadi tantangan baru,” katanya.

Perlu diketahui, penghargaan yang diraih Kota Malang dalam ajang Indonesia Public Relations Awards (AHI) 2022 adalah Walikota Malang Sutiaji sebagai peraih Most Popular Executive in Digital Media 2022. Kota Malang sebagai Pemenang Institusi Favorit Media Digital 2022.

Biro Komunikasi dan Informatika Kota Malang meraih penghargaan antara lain Kategori Media Internal, Subkategori E-Magazine, BERITA BALAIKOTA Edisi 1 1 April 2022, Kategori Media Internal, Subkategori Video Profil dan Kategori Saluran Digital, Subkategori Media Sosial – Kategori Instagram.

Atas prestasi di atas, Humas Indonesia menganugerahkan Kota Malang dengan predikat “Platinum Champion” untuk kategori “Pemerintah Daerah”.

**)

Dapatkan update informasi pilihan harian dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button