11 Destinasi Wisata Hits di Kaliurang, Puas View Merapi - WisataHits
Yogyakarta

11 Destinasi Wisata Hits di Kaliurang, Puas View Merapi

11 Destinasi Wisata Hits di Kaliurang, Puas View Merapi

Kaliurang merupakan kawasan wisata di Kabupaten Sleman. Obyek wisata ini terletak di kaki lereng Gunung Merapi yang kaya akan pemandangan indah dan suhu dingin alami.

Sembari piknik di Jogja, jangan lupa mampir ke tempat wisata Kaliurang ini mulai dari wisata air, perbukitan hingga replika bangunan Eropa dan tentunya kuliner yang nikmat. Datanglah kemari.

1.Stonehenge Merapi

11 Destinasi Wisata Hits di Kaliurang, Puas View Gunung Merapi Potret Stonehenge Merapi (Instagram.com/ilham_kurnia_p)

Yakni, destinasi wisata populer di Kaliurang yang tak boleh dilewatkan adalah Stonehenge Pekerjaan wisata unik yang instagramable. Obyek wisata ini terletak di kaki Gunung Merapi yang memiliki luas sekitar 200 meter. Stonehenge dibuat menyerupai aslinya dari Inggris.

Alamat: di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman

Waktu aktif: 07.00-17.00 WIB

Harga: Rp 10.000

2. Bunker Kaliadem

11 Destinasi Wisata Hits di Kaliurang, Puas View Gunung Merapi Bunker Kaliadem, Wisata di Kaki Gunung Merapi, Sleman. (IDN Times/Febriana Sinta)

Bunker Kaliadem merupakan destinasi wisata di lereng selatan Merapi dengan ketinggian lebih dari 2.000 mdpl. Di tempat ini wisatawan bisa merasakan kegagahan Gunung Merapi dengan suasana yang sejuk dan menenangkan.

Destinasi wisata ini memadukan sejarah dan keindahan alam Merapi dengan fenomena vulkaniknya. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas dari sana perjalanan menggunakan jipSepeda, kenaikandan tentunya menikmati keindahan alam pegunungan dan menjelajahi bunker.

Alamat: Kinarejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman

Waktu aktif: 24 jam

Harga: Tiket masuk Rp 3.000

Baca juga: Nikmatnya Bunker Kaliadem, Wisata di Kaki Gunung Merapi

Baca Juga: Wisata Stonehenge di Kaki Gunung Merapi, Mirip Aslinya!

3. Taman Merapi Yogyakarta

11 Destinasi Wisata Hits di Kaliurang, Puas View Gunung Merapi instagram.com/merapipark.jogja

Rekomendasi tempat wisata hits di Kaliurang berikutnya adalah Merapi Park. Jika Anda ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, Taman Merapi adalah pilihan yang tepat. Tempat wisata ini memiliki area yang cukup luas, Anda bisa bermain, piknik dan menghabiskan waktu berkualitas bersama orang tersayang.

Di sini banyak replika monumen ikonik dari berbagai negara dibangun di satu tempat. Selain itu, Merapi Park juga memiliki suasana yang sejuk, nyaman, dan menyuguhkan pemandangan yang indah.

Alamat: J L. Kaliurang No. KM. 22,5, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman

Waktu aktif: 09.00-17.00 WIB

Harga: Tiket masuk Rp 30.000, anak dibawah 2 tahun gratis

4. Gua Jepang

11 Destinasi Wisata Hits di Kaliurang, Puas View Gunung Merapi kemenpar.go.id

Ada juga wisata sejarah yang disebut Goa Jepang, kompleks ini merupakan kompleks goa kolonial Jepang yang dibangun sekitar tahun 1942-1945. Goa Jepang ini memiliki suasana yang eksotik dengan beberapa patung di bagian depan goa.

Gua ini tidak memiliki lampu sehingga memberikan kesan mistis. Anda tidak perlu khawatir ada pemandu yang bersedia menemani wisatawan dalam tur jalan kaki mereka. Selain itu, udara di tempat ini terasa sangat sejuk karena lokasinya yang berada di daerah pegunungan.

Alamat: di Jalan Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Kawasan Hutan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman

Waktu aktif: 08.00-16.00 WIB

Harga: tiket masuk Rp 10.000

5. Bukit Klangon

11 Destinasi Wisata Hits di Kaliurang, Puas View Gunung Merapi Bukit Klangon (instagram.com/pesona_klangon)

Anda sedang mencari tempat wisata sekaligus camping di kawasan Kaliurang? Coba saja di Klangon Hill. Bukit ini terletak di kaki Gunung Merapi dengan ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut.

Bukit Klangon juga dijadikan sebagai gardu pandang bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Merapi. Di tempat ini Anda akan menikmati pemandangan indah yang akan menyejukkan mata Anda.

Alamat: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman

Waktu aktif: 24 jam

Harga: Tiket masuk Rp 5.000

Baca Juga: Pembangunan Gua Kaliurang Jepang, Warga Terpaksa Jadi Romusha

6. Kastil Dunia yang Hilang

11 Destinasi Wisata Hits di Kaliurang, Puas View Gunung Merapi Kastil Dunia yang Hilang (Dok. Kemenparekraf)

Rekomendasi tempat wisata populer di Kaliurang yang sayang untuk dilewatkan adalah The Lost World Castle. Destinasi wisata yang satu ini menampilkan bangunan yang mengesankan seperti Tembok Besar China. Lost World Castle merupakan salah satu wisata unik di Kaliurang yang menyuguhkan pemandangan Gunung Merapi yang megah sebagai latar belakang.

Alamat: J L. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman

Waktu aktif: 07.00-18.00 WIB

Harga: Tiket masuk Rp 30.000

7. Rumah hobbit Kaliurang

11 Destinasi Wisata Hits di Kaliurang, Puas View Gunung Merapi Rumah Hobbit Kaliurang (Instagram.com/cardina_sk)

Kaliurang juga memiliki rumah hobbit sebagai destinasi wisata yang sangat digemari anak muda. Tempat wisata ini dikenal dengan Rumah Hobbit Cangkringan. Rumah hobbit ini berada tepat sebelum The Lost World Castle Tour, jadi kamu bisa mengunjungi dua lokasi sekaligus.

Destinasi wisata Rumah Hobbit Cangkringan terletak di tempat tersembunyi, tepat di perut bukit buatan setinggi sekitar 5 meter. Dekorasinya sebenarnya sedekat mungkin dengan rumah-rumah Hobbit di film. Anda juga dapat menemukan banyak Pekerjaan foto keren dan kekinian di tempat ini.

Alamat: Jambu, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman

Waktu aktif: 06.00-18.00 WIB

Harga: Tiket masuk Rp 8.000

  • Parkir motor Rp 2.000
  • Parkir Rp 5.000
  • Tiket masuk Rumah Hobbit harganya Rp 10.000

8. Wisata Batu Alien Cangkringan

11 Destinasi Wisata Hits di Kaliurang, Puas View Gunung Merapi Wisata Batu Alien Cangkringan (Instagram.com/rudin.rp)

Destinasi wisata berikutnya adalah Batu Alien Cangkringan, salah satu wisata yang direkomendasikan saat berada di Kaliurang. Tempat ini menyuguhkan pesona dan keindahan melawan arus utama tidak biasa dari lanskap Gunung Merapi sangat gagah dan mempesona.

Batu Alien Cangkringan telah menjadi magnet pariwisata di Jogja yang menarik banyak wisatawan. Anda dapat menemukan banyak Pekerjaan foto keren dan kekinian yang tidak bisa kamu dapatkan di tempat lain.

Alamat: Jambu, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman

Waktu aktif: 24 jam

Harga: Tiket masuk Rp 5.000

9. Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

11 Destinasi Wisata Hits di Kaliurang, Puas View Gunung Merapi Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang (Instagram.com/hikari_shiro)

Rekomendasi wisata Kaliurang kali ini adalah Tlogo Muncar, destinasi wisata air terjun di ketinggian 878 mdpl yang memiliki suasana sejuk dan pemandangan yang indah.

Di tempat ini, Anda bisa bermain air untuk melepas penat dan menghilangkan stres. Air di Tlogo Muncar sangat sejuk karena berasal dari lereng Bukit Plawangan yang merupakan salah satu bukit di Gunung Merapi.

Alamat: J L. Tlogo Putri, Kawasan Hutan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman

Waktu aktif: Tutup pada hari Senin. Selasa-Minggu buka 09.00-15.00 WIB

Harga: Tiket masuk Rp 8.000

Baca juga: Taman Alam Tankaman: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips Berkunjung

10. Taman Alam Tankaman

11 Destinasi Wisata Hits di Kaliurang, Puas View Gunung Merapi Tankaman Kaliurang (instagram.com/tankaman.kaliurang)

Taman Wisata Alam Tankaman merupakan objek wisata baru di Kaliurang. Tempat ini menyuguhkan pemandangan Gunung Merapi yang bisa dilihat dengan sangat jelas. Tempat ini mudah dijangkau, hanya berjarak sekitar 800 meter dari ikon Kaliurang, Tugu Udang.

Masuk ke Taman Alam Tankaman, biaya yang dikenakan adalah sebuah konsep bayar sesuai keinginan. Jika ingin mencoba wahana seperti camping atau trekking, Anda perlu membayar mulai Rp 25.000 per orang, trekking mulai Rp 160.000 per orang, sewa gazebo mulai Rp 450.000,

jam beroperasi: Tutup setiap hari Selasa, buka dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Alamat: Kaliurang, Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman

11. Tempe karya Jadah dan Mbah Carik

11 Destinasi Wisata Hits di Kaliurang, Puas View Gunung Merapi Jadah Tempe Mbah Carik (instagram.com/jadahtempe.mbahcarik)

Tak hanya wisata alam, di Kaliurang Anda wajib mencoba wisata kuliner salah satu pelopor kuliner tradisional yaitu Jadah dan Tempeh Mbah Carik.

Jadah merupakan makanan dari beras ketan dan paling enak dimakan dicampur dengan tempe bacem untuk perpaduan rasa manis dan gurih.

Ada juga ketupat yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan gula kelapa. Camilan favorit Sri Sultan HB IX ini wajib kamu coba.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Kaliurang yang bisa kamu jadikan referensi tempat liburan murah dan asyik yang menawarkan panorama Gunung Merapi yang mempesona. Selamat berlibur!

Baca juga: Jadah Tempe Mbah Carik, burger khas Yogyakarta untuk pecinta teh

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button