10 tempat wisata paling terkenal dan instagramable di jogja - WisataHits
Yogyakarta

10 tempat wisata paling terkenal dan instagramable di jogja

Butonrayanews.co.id – Hampir seluruh warga negara Indonesia mengetahui lokasi atau posisi Malioboro, salah satu tempat wisata di Jogja. Namun tahukah Anda bahwa tempat wisata di Jogja tidak hanya itu saja? Masih banyak lagi yang harus diketahui dengan pesonanya masing-masing.

Saat liburan tiba, banyak orang berencana untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Di Jogja sendiri tidak sedikit tempat wisata yang bisa dikunjungi. Anda bisa memilih tempat yang sesuai dengan tujuan liburan Anda, misalnya ke pantai untuk menyegarkan diri dan menjernihkan pikiran.

Jika Anda ingin bersenang-senang bersama keluarga, kategori wisata yang patut dicoba adalah game drive. Pemuliaan ciptaan dan karunia Tuhan dapat mengunjungi wisata alam. Gunung, bukit dan air terjun adalah beberapa di antaranya.

Khusus untuk kesempatan kali ini kita akan membahas tempat wisata di jogja yang dijamin seru. Beberapa di antaranya baru dibuka, mungkin Anda belum pernah mengunjunginya sebelumnya. Satu hal yang pasti, silahkan sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Pasalnya, ada beberapa tempat yang membutuhkan dana besar. Tapi ada juga yang murah bahkan gratis yang tidak dipungut biaya sama sekali. Di bawah ini adalah daftar tempat wisata yang perlu diperhatikan dari segi daya tariknya.

Jalan Malioboro

Meskipun hampir semua orang mengetahui tempat wisata Malioboro, namun belum tentu mereka mengetahui bahwa sebenarnya itu adalah nama jalan. Tentu saja, bukan sembarang jalan untuk kendaraan dan pejalan kaki, tetapi ada banyak objek wisata yang menjadi properti.

Jalan Malioboro adalah salah satu jalan terpanjang di Jogja. Jalan ini menyimpan banyak sejarah perjuangan masyarakat Yogyakarta di masa lalu. Berkunjung ke tempat wisata di Jogja ini dijamin tidak akan membosankan, karena di sepanjang jalan banyak terdapat pedagang kaki lima, termasuk pedagang kuliner.

Museum Gunung Merapi

Tempat selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Museum Gunung Merapi. Berbeda dengan museum pada umumnya yang menyimpan banyak barang antik. Museum ini menyimpan sejarah tragedi erupsi Gunung Merapi sepanjang kejadiannya, tepatnya pada tahun 2009.

Anda bisa melihat dokumentasi foto letusan yang memakan banyak korban jiwa. Penampakan alam sebelum dan sesudah kejadian juga bisa dilihat melalui foto dan video. Selain itu, ada juga kekayaan karya seni yang menjelaskan asal usul Gunung Merapi.

Pantai Parangtritis

Hingga saat ini, pantai merupakan objek wisata yang populer bagi banyak orang. Bukan tanpa alasan, karena banyak hal indah yang bisa dilihat. Selain itu, aktivitas di pantai sangat bervariasi dan tidak pernah membosankan.

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai yang paling populer. Tempat wisata di Jogja ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Eksotisme ombak yang tinggi menjadi salah satu daya tariknya. Begitu juga dengan pantai berpasir hitam yang membentang di sepanjang pantai.

Keraton Yogyakarta

Mengunjungi objek wisata tentunya bukan hanya untuk kesenangan semata. Ada kalanya kita perlu mempelajari sejarah dan mengingat perjuangan bangsa. Anda bisa mendapatkan perasaan liburan yang menyenangkan dengan mengunjungi Keraton Yogyakarta.

Tempat ini menyerupai museum, banyak barang antik dan benda bersejarah yang dipamerkan. Selain itu, Anda bisa belajar bagaimana pemerintahan Yogyakarta di masa lalu. Meski terbuka untuk umum sebagai tempat wisata, namun masih dihuni oleh keturunan kerajaan.

Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut merupakan tempat wisata di Jogja yang menawarkan keindahan alam berupa air yang jatuh dari ketinggian. Ada banyak sekali tempat wisata serupa di Indonesia yang masing-masing memiliki ciri khas pesona alamnya yang indah.

Jalur menuju lokasi memang cukup sulit, namun semuanya akan terbayar dengan pesonanya. Bebatuan alam yang menghiasi air terjun memberikan kesan eksotis. Kolam renangnya juga luas dan cocok untuk berenang atau bermain air.

pantai depok jogja

Selain Pantai Parangtritis yang populer, Jogja juga memiliki Pantai Depok. Meski namanya tampak sebagai salah satu daerah di Jawa Tengah, bukan berarti tempat itu ada. Lokasi objek wisata ini tidak jauh dari Pantai Parangtritis karena masih berupa garis pantai.

Karena masih mengelompok, pasir pantainya sama-sama berwarna hitam. Wisatawan yang datang bisa melakukan segala aktivitas kecuali berenang tentunya. Setelah puas dengan permainannya, silahkan dilanjutkan ke wisata kuliner olahan ikan segar hasil tangkapan nelayan.

Taman Sari Jogja

Jika ingin mengunjungi tempat wisata murah di Jogja, Taman Sari sepertinya cocok sebagai destinasi utama. Bisa dikatakan tempat wisata ini merupakan salah satu icon Jogja, begitu pula Tugu Jogja yang letaknya di tengah jalan.

Daya tarik objek wisata ini terletak pada informasi nilai sejarahnya, khususnya pada masa Kesultanan Mataram. Selain itu, bangunan khas yang memadukan desain Portugis dan Jawa juga unik. Tak jarang wisatawan yang menyempatkan diri mengabadikan momen tersebut.

Seribu batu surga songgo

Tidak ada yang cocok dari daftar tempat wisata di Jogja di atas? Seribu Batu Songgo Langit bisa jadi alternatif. Lokasi ini menawarkan keunikan menggabungkan wisata alam dengan permainan drive.

Hutan pinus adalah tempat dibangunnya objek wisata ini dan juga menyimpan suasana yang asri dan sejuk. Selain keindahan alam hutan pinus, Anda juga bisa menikmati wahana yang ditawarkan seperti Flying Fox dan jembatan gantung.

Pantai Indrayanti

Jogja memiliki banyak pantai yang indah dan eksotis. Selain yang telah disebutkan sebelumnya, Pantai Indrayanti tidak kalah indah dengan pesona alamnya yang memukau. Pantai ini memiliki pasir putih yang membentang jauh, teksturnya sedikit lembut.

Daya tarik lainnya adalah air laut yang biru dan jernih. Di sebelah pantai ada bukit indah yang seolah membatasi satu pantai dengan pantai lainnya. Karena keindahannya, tempat wisata alam di Jogja ini tidak pernah sepi pengunjung.

Bukit Mojo

Kami telah membahas pantai, air terjun, dan bangunan bersejarah. Berikutnya adalah tempat wisata yang sedang trending di Jogja yaitu Bukit Mojo. Seperti namanya, tempat ini terletak di atas ketinggian dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Tempat ini tidak hanya memiliki daya tarik keindahan alamnya, tetapi juga menawarkan berbagai kesempatan berfoto yang indah dan unik. Sebuah sudut pandang juga tersedia bagi pengunjung yang ingin menikmati pesona alam sepuasnya. Bahkan jika Anda beruntung, ada kalanya tempat ini diselimuti kabut tipis nan eksotis.

Candi Borobudur

Pernah tercatat sebagai salah satu Keajaiban Dunia dan Situs Warisan Dunia, sayang sekali jika belum mengunjungi Candi Borobudur saat berkunjung ke Jogja. Secara administratif, objek wisata ini terletak di Magelang.

Namun, jarak dari Jogja tidak terlalu jauh. Tidak hanya wisatawan lokal yang memadati tempat ini, tetapi juga banyak wisatawan asing. Apalagi jika alasannya bukan daya tarik bangunan megah berupa stupa dan relief.

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan tentang tempat wisata di jogja dari berbagai kategori. Tentu masih banyak tempat wisata lain yang bisa ditemukan. Daftar di atas hanya sebagian saja, namun cukup representatif dan bisa dijadikan alternatif liburan.

Source: butonrayanews.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button