10 Tempat Wisata Alam Terbaik di Madiun Yang Pernah Ada! - WisataHits
wisatahits

10 Tempat Wisata Alam Terbaik di Madiun Yang Pernah Ada!

10 Tempat Wisata Alam Terbaik di Madiun Yang Pernah Ada!

Wisata Alam Madiun – Madiun merupakan salah satu kota/kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata alam yang sangat menarik. Wisata alam terbaik Madiun bisa dinikmati jika selama liburan ini Anda memutuskan untuk mengunjungi kota berjuluk kota anak perempuan (perdagangan dan industri).

Destinasi Wisata Alam Terbaik Madiun

Mengikuti Tempatwisataseru.com merangkum daftar 10 tempat wisata alam Madiun yang wajib Anda kunjungi selama berlibur di kota sejuta pesona ini:

1. Gunung Wilis

Menaklukkan ketinggian Gunung Wilis via @yogi_pencengMenaklukkan ketinggian Gunung Wilis via @yogi_penceng

Wisata alam terbaik di Madiun yang pertama adalah pesona Gunung Wilis. Bagi pendaki pemula yang ingin menguji kemampuan menaklukan pegunungan di kawasan Madiun, Gunung Wilis sangat cocok untuk Anda.

Gunung Wilis memiliki ketinggian sekitar 2.169 mdpl. Meski cukup rendah, jalur pendakiannya cukup sulit, namun Anda tetap harus mempersiapkan daya tahan tubuh dengan baik sebelum mendaki.

Jika Anda benar-benar pemula, ajaklah beberapa teman atau rekan Anda yang memiliki pengalaman mendaki. Jadi Anda bisa mendaki dengan lebih tenang.

Selama perjalanan pendakian, Anda akan disuguhkan pemandangan hutan lebat dengan berbagai satwa liar yang terkadang terlihat melintas. Keindahan Gunung Wilis berada di puncaknya, Anda bisa menikmati pemandangan hamparan kawasan hijau dan beberapa pemandangan kota Madiun dari puncak Gunung Wilis.

2. Wisata Alam Anggur

Anggur Madiun Obyek wisata alam via damarojatAnggur Madiun Obyek wisata alam via damarojat

Selain itu, ada wisata alam anggur yang juga bisa Anda kunjungi selama liburan di Madiun. Lokasinya di desa Kresek, Kec. Wungu, Madiun.

Raisin Nature Tourisme merupakan kawasan wisata yang menawarkan panorama khas pedesaan yang segar dan asri. Di tempat ini terdapat beberapa kegiatan menarik yang bisa anda lakukan seperti hiking, menjelajah pedesaan dengan sepeda, berkemah dan panjat tebing bagi anda yang menyukai tantangan.

Wisata Alam Anggur biasanya ramai di akhir pekan bersama keluarga yang ingin menghabiskan waktu piknik bersama.

Kunjungi juga: 41 tempat wisata di pasuruan

3. Tangki bening widas

Waduk Bening Widas via @ratihmartaWaduk Bening Widas via @ratihmarta

Wisata alam Madiun selanjutnya adalah Waduk Bening Widas di Dusun Petung. Desa Pajajaran, Kec. Perhatian penuh, Madison.

Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota yaitu sekitar 40 km yang dapat ditempuh menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Waduk ini menjadi tempat wisata yang menarik karena berbagai fasilitas tersedia disini seperti tempat pemancingan, wisata kuliner, taman bermain anak dan penginapan yang bisa anda sewa jika ingin menikmati pemandangan malam waduk Bening Widas.

4. Waduk Kedungbrubus

Liburan di Waduk KedungbrubusLiburan di Waduk Kedungbrubus

Wisata alam Madiun selanjutnya adalah Waduk Kedungbrubus. Madiun diketahui memiliki beberapa waduk buatan yang dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari mengairi sawah, sumber air minum hingga pembangkit listrik.

Waduk Kedungbrubus terletak di Kec. Pilangkenceng yang terletak di sebelah Kabupaten Bojonegoro. Pada awalnya waduk ini dibangun hanya untuk keperluan pengairan, namun karena pemandangannya yang indah, tempat ini kemudian banyak dikunjungi orang hingga saat ini menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di Madiun.

Belum lama ini, Waduk Kedungbrubus menjadi trending di media sosial karena banyaknya foto yang diunggah pengunjung. Tempat ini sontak menjadi salah satu tujuan wisata paling dicari di Madiun.

5. Taman Wisata Gunung Kendil

Taman Wisata Gunung Kendil via @ahmadafifTaman Wisata Gunung Kendil via @ahmadafif

Alamat: Area persawahan, Pilangrejo, Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur
Harga tiket: Bebas

Destinasi wisata alam di Madiun yang direkomendasikan selanjutnya adalah Taman Wisata Gunung Kendil yang menawarkan pesona wisata yang menakjubkan karena Anda akan diajak berlibur seolah-olah sedang berada di luar negeri.

Pemandangan taman wisata Gunung Kendil ini bahkan disebut-sebut mirip dengan panorama Santa Monica, Los Angeles.

Awalnya tempat wisata ini merupakan tempat latihan militer. Dan setelah militer berhenti menggunakannya, kini dijadikan tempat wisata, dengan berbagai fasilitas pelengkapnya.

Taman wisata ini sudah memiliki toilet, mushola, gazebo, restoran, semuanya tersedia di lokasi ini.

Di sini Anda bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian. Selain itu, masih banyak objek wisata menarik yang patut kita coba, mulai dari tempat berkemah, kolam pemancingan, hingga arena balap motor dan mobil, semuanya ada di tempat ini.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi taman wisata di Gunung Kendil ini, langsung saja menuju Pilangrejo, Wungu. Tempat ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Masuk ke lokasi ini gratis, namun untuk menikmati wahana tersebut, pengunjung harus membayar retribusi yang jumlahnya bervariasi.

6. Air Terjun Banyulawe Dong

Mandi di Air Terjun Banyulawe Dong via mdayMandi di Air Terjun Banyulawe Dong via mday

Alamat: Desa Kepel, Kec. Kari, Madison

Tempat wisata alam terbaik kedua di Madiun adalah Air Terjun Banyulawe Dong yang terletak di kawasan Desa Kepel, Kec. Kari, Madison.

Letaknya yang cukup tersembunyi di dalam hutan menawarkan tantangan tersendiri untuk bisa mengunjungi air terjun ini. Anda harus berjalan melewati kawasan hutan yang berada di bawah kaki Gunung Wilis sebelum akhirnya bisa menikmati keindahan yang dihadirkan air terjun ini.

Keadaan alamnya masih cukup alami, dan suasananya juga sangat tenang, sehingga objek wisata air terjun Banyulawe Dong ini cocok bagi anda yang ingin menenangkan diri sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

7. Air Terjun Kucur

Basah-basah di Air Terjun Kucur via travellersblitarBasah-basah di Air Terjun Kucur via travellersblitar

Alamat: Dusun Pucang Sawit, Desa Padas, Kec. Perdagangan, Madison

Wisata alam terbaik di Madiun berikutnya adalah Air Terjun Kucur. Lokasinya berada di dusun kecil bernama Dusun Pucang Sawit, Desa Padas, Kec. Perdagangan, Madison.

Air terjun ini memiliki pemandangan yang cukup indah, dengan ketinggian mencapai 20 meter dan debit air yang cukup besar. Curug Kucur memiliki beberapa ketinggian air yang masing-masing berjarak 3 meter.

Di bawahnya ada semacam kolam alami yang bisa Anda gunakan untuk bermain air dan berenang. Daya tarik lainnya adalah pepohonan yang tumbuh subur di sekitar air terjun. Anda bisa merasakan suasana yang sangat sejuk saat berada di tempat Air Terjun Kucur ini.

8. Air Terjun Seweru

Obyek wisata alam air terjun SeweruObyek wisata alam air terjun Seweru

Alamat: Dusun Seweru, Desa Kare. Dari pusat Kodam Madiun berjarak sekitar 15 km

Wisata air terjun yang tak kalah indahnya dengan Banyuwale Dong adalah Air Terjun Seweru. Air terjun yang berada di ketinggian 400 mdpl ini merupakan salah satu objek wisata alam yang sedang naik daun di Madiun.

Air terjun ini berada di bawah kaki Gunung Wilis, letaknya cukup tersembunyi sehingga kondisi alam di sekitarnya masih sangat terjaga. Baru tahun lalu Air Terjun Seweru mulai ramai dikunjungi wisatawan dengan namanya yang semakin tenar.

Sesampainya di sana, Anda bisa mengagumi pemandangan air terjun yang dikelilingi hutan rimbun. Dibawah air terjun yang mengalir cukup deras anda akan menemukan kolam alami yang cukup dalam, disinilah anda bisa bermain air dan berenang sepuasnya.

Air di kolam ini cukup jernih, jika anda membawa kamera yang bisa digunakan di dalam air, anda mungkin bisa mendapatkan banyak foto yang sangat menarik di dasar kolam.

Lokasinya berada di desa Kare yang merupakan areal perkebunan kopi yang sangat luas. Curug Serondo memiliki pemandangan yang indah, airnya juga sangat segar karena berasal langsung dari sumber di kaki Gunung Wilis.

Di dekat lokasi air terjun ini juga terdapat perkebunan apel dan jeruk yang bisa anda kunjungi, disini anda bisa makan apel segar yang langsung dipetik dari buahnya.

9. Air Terjun Krecekan Denu

Objek wisata air terjun Krecekan DenuObjek wisata air terjun Krecekan Denu

Alamat: Desa Kepel, Kec. Kari, Madison

Madium memang terkenal memiliki banyak air terjun di bawah kaki Gunung Wilis. Selain air terjun Sendoro dan Seweru, ada air terjun lain di Madiun yang cukup menarik untuk dikunjungi, yaitu air terjun Krecekan Denu.

Air terjun cantik ini berada di kawasan desa Kepel, Kec. Kari. Lokasinya dekat dengan Wisata Alam Anggur, kedua tempat wisata ini bisa anda kunjungi dalam satu hari sekaligus.

Air terjun ini cukup rendah, tingginya hanya sekitar 20 meter. Namun debit airnya cukup besar dan pemandangannya tidak kalah indah.

Ada banyak sudut yang bisa Anda jelajahi untuk mendapatkan bidikan hebat. Anda juga bisa berenang dan bermain di sungai dan kolam yang berada di bawah air terjun.

10. Taman Rekreasi Wisata Umbul

Taman Hiburan Wisata UmbulTaman Hiburan Wisata Umbul

Alamat: Jalan Ngumbul, Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo

Tempat wisata alam terbaik di Madiun yang terakhir adalah Taman Wisata Umbul yang terletak di Desa Glonggong, Kec. Dolopo.

Taman wisata ini sudah cukup tua dan merupakan peninggalan pemerintahan Belanda. Meski begitu, taman ini masih terawat dengan baik, dan di beberapa bagian sudah banyak mengalami perbaikan tanpa merubah tema taman seperti semula.

Fasilitas dan wahananya juga sangat lengkap. Di taman ini, Anda bisa memainkan berbagai wahana menegangkan mulai dari roller coaster, kora-kora, kincir angin dan masih banyak lagi.

Menuju Taman Hiburan Wisata Umbul juga tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu berkendara sejauh 20 km dari pusat kota Madiun.

* * * * *

Nah itulah beberapa tempat wisata alam terbaik di Madiun yang bisa anda kunjungi saat berlibur. Persiapkan fisik dan perlengkapan para backpacker sebelum mengunjungi objek wisata di atas.

Selain tempat wisatanya, Madiun juga terkenal dengan makanan khasnya seperti nasi pecel Madiun, pentol corah, kue brem dan manco yang bisa Anda cicipi selama menginap. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Kunjungi juga: 41 tempat wisata di nganjuk

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button