Lokasi, harga tiket dan tips - WisataHits
Yogyakarta

Lokasi, harga tiket dan tips

Kabupaten Gunungkidul masih memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, salah satunya adalah Pantai Sarangan. Pantai ini masih tergolong sepi dan belum sepopuler pantai lainnya seperti Pantai Krakal. Namun, justru inilah yang menjadi daya tarik pantai ini karena akan terasa seperti pantai pribadi.

Pantai Sarangan hanya beberapa langkah di sebelah barat Pantai Krakal. Oleh karena itu, pantai ini terkadang dianggap sebagai bagian dari Pantai Krakal.

Pantai Sarangan berbentuk seperti garis pantai yang cenderung sedikit melengkung, dengan tebing yang mengapit kedua sisinya. Agar tidak semakin penasaran, berikut beberapa informasi mengenai Pantai Sarangan yang bisa kamu jadikan sebagai rekomendasi tempat liburan selanjutnya!

1. Lokasi, jam buka, dan harga tiket

Pantai Sarangan Gunungkidul: informasi lokasi, harga tiket dan tipsPantai Sarangan Gunungkidul (Instagram.com/cavitasanti)

lokasi: Kelurahan Ngestirejo, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul

jam operasi: Buka 24 jam sehari

harga tiket: Rp 10.000

  • parkir motor Rp 3.000
  • Parkir Rp 10.000
  • Parkir Bus Rp 20.000

2. Rute menuju lokasi

Untuk menuju Pantai Sarangan, Anda bisa melalui dua jalur. Pertama mengambil rute dari kota Yogyakarta ke Piyungan kemudian mengarahkan kendaraan ke Bukit Bintang. Kemudian jalan kembali ke Patuk-Sambipitu-Gading-Wonosari. Setelah itu, Anda bisa mengarahkan kendaraan ke Jalan Baron. Kemudian berkendara menuju Mulo, lalu belok kiri menuju Bintaos ke Tepus. Belok kanan menuju Pantai Indrayanti, Sundak, Krakal hingga akhirnya tiba di Pantai Sarangan yang letaknya bersebelahan dengan Pantai Krakal.

Rute lain yang juga bisa Anda tempuh adalah melalui Jalan Wonosari-Sampaan-Piyungan-Bukit Bintang. Selanjutnya Anda bisa menuju ke Hutan Pathuk-Sambipitu-Bunder-Gading-Wonosari kemudian mengarahkan kendaraan ke Jalan Baron-Mulo-Kemadang. Terakhir, Anda bisa masuk melalui Jalan Pantai Krakal, Kukup, Sepanjang, lalu sampai di Pantai Sarangan.

Baca Juga: Pantai Peyuyon Gunungkidul: Informasi Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

3. Fasilitas Tempat Wisata

Pantai Sarangan Gunungkidul: informasi lokasi, harga tiket dan tipsPantai Sarangan Gunungkidul (Instagram.com/dailygunkid)

Pantai Sarangan sudah memiliki berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap, antara lain:

  • Parkir Kendaraan
  • kamar mandi
  • ruang sholat
  • Gazebo dan Paviliun untuk dikoleksi
  • warung makan
  • Pekerjaan foto yang menarik
  • keluarga tamu

4. Pesona Pantai Sarangan

Pantai Sarangan Gunungkidul: informasi lokasi, harga tiket dan tipsPantai Sarangan Gunungkidul (Instagram.com/annisacapung)

Pantai Sarangan memiliki ciri khas garis pantai yang agak pendek, panjang kurang dari 200 meter dan memiliki bentuk yang berliku-liku. Selain garis pantainya yang melengkung, daya tarik utama Pantai Sarangan adalah tebing-tebing yang mengapit sisi kanan dan kiri pantai. Pantai Sarangan juga merupakan pantai yang relatif masih sepi sehingga membuat kunjungan ke pantai ini menarik karena akan serasa berada di private beach.

Pantai Sarangan memiliki ombak yang tidak terlalu tinggi, sehingga pengunjung bisa bermain air di pantai. Saat air surut, pantai ini juga memiliki struktur batu besar di pantai barat. Anda dapat melihat biota laut yang berbeda seperti ikan kecil, babi, kepiting dan masih banyak lagi. Namun, Anda harus berhati-hati karena terkadang terdapat potongan karang yang tajam yang dapat melukai kaki Anda.

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, Anda bisa menemukan banyak sekali Pekerjaan Mancing di pinggir pantai atau di tebing-tebing di kanan kiri pantai. Selain itu di sebelah timur pantai terdapat tebing dengan undakan bambu yang bisa Anda lewati. Disi anda bisa menikmati pemandangan alam pantai dari atas tebing yang indah.

5. Tips liburan seru

Pantai Sarangan Gunungkidul: informasi lokasi, harga tiket dan tipsPantai Sarangan Gunungkidul (Instagram.com/jogjacorner.id)

Bagi anda yang berminat berlibur ke Pantai Sarangan Gunungkidul. Berikut beberapa tips agar liburan Anda semakin seru dan menyenangkan!

  • Anda dapat mengunjungi Pantai Sarangan kapan saja tetapi jika Anda ingin merasakannya pantai pribadi Di sini disarankan untuk tiba tepat waktu hari dalam seminggu. Sedangkan jika ingin suasana pantai yang ramai bisa datang ke tempat kami akhir pekan.
  • Selalu gunakan krim matahari di luar ruangan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
  • Untuk pemandangan yang bagus, datanglah pada pagi atau sore hari. Hindari saat mendung dan musim hujan.
  • Jangan lupa membawa baju ganti jika ingin bermain pasir dan air.
  • Bawa kamera untuk mengabadikan momen berharga di Pantai Sarangan.
  • Agar liburanmu semakin seru, ajaklah teman dan keluargamu untuk menikmati keindahan Pantai Sarangan!

Di Pantai Sarangan Gunungkidul Anda bisa menikmati suasana tenang serasa berada di pantai pribadi. Pantai ini sangat cocok untuk itu obat dan menyegarkan pikiran Anda!

Baca juga: Pantai Srakung Gunungkidul: Informasi Rute, Harga Tiket, dan Tips

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button