Untuk mendukung Muktamar, Komunitas Becak Stroom mendukung pengangkutan Joyers - WisataHits
Yogyakarta

Untuk mendukung Muktamar, Komunitas Becak Stroom mendukung pengangkutan Joyers

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SOLO – Tiga hari menjelang perhelatan akbar Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48 di Kota Solo, Jogja Better Community (Becak Stroom) didesak untuk terlibat mendukung Muktamar.

Becak Stroom akan mendampingi tamu konvensi yang berkunjung ke Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dengan meminjamkan becak listrik.

Saat rombongan Becak Stroom datang ke Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS, Senin (14/11), mereka juga hadir untuk mensosialisasikan kepedulian lingkungan.

Perwakilan Becak Stroom Jogja Slamet Riyanto mengatakan, pihaknya meminjam tiga becak listrik untuk pemandu sorak dari pusat pendidikan menuju objek wisata De Tjolomadoe yang berjarak sekitar 3 kilometer dari UMS.

Becak listrik ini menggunakan becak kayuh yang dilengkapi dengan dinamo listrik bertenaga baterai lithium, kata Slamet Riyanto dalam siaran pers Pengurus Muktamar Muhammadiyah, Selasa (15/11). Dengan sekali charge, Anda bisa menempuh jarak sekitar 30 kilometer dengan dua penumpang.

“Jadi (listrik) bukan baterai. Jika baterai tidak up to date. Kami menggunakan yang modern yaitu baterai lithium. Nantinya bisa digunakan hingga 4-5 kali dari dan ke UMS-De Tjolomadoe Edutorium dengan sekali pengisian daya,” ujarnya.

Selain itu, kata Slamet, keberadaan becak listrik sendiri diharapkan bisa membantu meringankan beban para tukang becak di Yogyakarta. Dengan menggunakan becak listrik ini, mereka akan lebih ringan dan hemat energi.

“Ini proyek pertama kami, kami belum mencobanya di Yogyakarta. Sekaligus, di sini (Kota Solo) kita turut andil dalam jalannya kongres,” ujarnya.

Sementara itu, panitia penerima muktamar Muhammadiyah, Taufiq Nugroho, mengapresiasi Becak Stroom yang meminjamkan becak listrik kepada para penggembira muktamar.

“Transportasi sangat berguna untuk Kongres karena banyak orang akan berjalan kaki dari Edutorium ke De Tjolomadoe dan kemudian angkutan umum ditutup. Jadi becak listrik ini akan sangat membantu. Sebenarnya, kami membutuhkan lebih banyak becak bertenaga untuk melayani pemandu sorak. Kalau bisa 4-6 becak lagi,” kata Taufiq. Dikatakannya, penggembira bisa mengakses becak listrik Becak Stroom selama tiga hari, 18-20 November 2022.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button