10 Pantai Aceh Terbaik Yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
wisatahits

10 Pantai Aceh Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

10 Pantai Aceh Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

Ingin liburan di Aceh? Simak daftar wisata pantai terbaik di Aceh. Obyek wisata bahari terindah, terpopuler dan terpopuler yang wajib anda kunjungi untuk liburan yang lebih berkesan.

Aceh yang memiliki berbagai julukan seperti tanah Sultan Iskandar Muda di Tanah Rencong, karena Aceh dikenal dengan letaknya yang sangat religius dan juga sarat dengan wisata religi. Namun, jangan salah. Aceh juga memiliki gugusan pantai yang tak kalah memukau dan tentunya sayang jika dilewatkan begitu saja.

Jika anda berlibur ke Aceh untuk menikmati keindahan alam, berikut beberapa destinasi wisata pantai Aceh yang bisa membuat liburan anda semakin seru dan menyenangkan.

1. Pantai Lanaga

Pantai LangagaKredit gambar: Google Maps khairi SPdI

Apa yang terlintas di pikiranmu saat pergi ke pantai? Pemandangan indah dan air dengan udara segar? Jika iya, Anda akan terpuaskan dengan apa yang disajikan di Pantai Lanaga. Terletak di Kabupaten Aceh Barat, tepatnya di Jl. Bakti Pemuda, pantai ini begitu memukau dengan hamparan pasir putihnya yang luas berpadu dengan tanaman hijau di sekitarnya. Ini adalah daya tarik utama.

Pasalnya, deretan pohon kelapa yang tinggi tak jauh dari bibir pantai. Sehingga memberikan banyak spot teduh dan membuat lokasi pantai tidak terlalu panas. Jika dilihat secara langsung, kontras hijau pasir putih di pantai dan deburan ombak terlihat seperti lukisan. Selain menikmati keindahan alam, Anda juga bisa berenang atau menaiki jet ski dengan aman di air laut yang relatif tenang.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Dinas Pemuda No.04. Meulaboh, Kec. Johan Hero, Kab. Aceh Barat, Aceh.

2. Pantai Pasir Putih Lhok Mee

Pantai pasir putih Lhok MeeKredit Gambar: Google Maps khairul anwar

Tempat wisata pantai yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Pantai Lhok Mee di Desa Lamre, Kecamatan Mesjid Raya. Destinasi alam ini terkenal dengan pantai pasir putihnya yang luas. Selain itu, beberapa pohon unik bisa tumbuh di atas pasir pantai dan terendam air laut.Keunikan pohon ini menjadi daya tarik tersendiri, dimana banyak warga menggunakannya sebagai spot selfie dengan latar belakang laut biru jernih. .

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Lamreh, Kec. Masjid Agung, Kab. Aceh Besar, Aceh.

3. Pantai Iboih

Pantai IboyKredit gambar: Google Maps Aidil Putra

Jika anda ke pantai ini, jangan heran dengan banyaknya wisatawan yang mengunjunginya. Memang, Pantai Iboih merupakan objek wisata yang populer bagi warga lokal maupun mancanegara. Itu pasti bukan karena suatu alasan. Pantai ini sendiri terletak di tepi Pulau Weh yang merupakan salah satu pulau paling terpencil di Indonesia, karena itu letak dan juga suasana pantai ini terlihat sangat alami dan masih alami.

Betapa tidak, air di pantai ini sangat jernih sehingga Anda bisa melihat biota laut dengan sangat jelas. Tak hanya itu, hamparan pantai pasir putihnya pun masih bersih seolah belum tersentuh manusia. Bahkan, lanskap sekitarnya juga berupa deretan pepohonan hijau yang sangat lebat. Tempat ini sepertinya memberikan nuansa yang berbeda, jadi jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto dan bermain di laut yang tenang.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Pantai Iboih, Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

4. Pantai Lange

Pantai LangeKredit gambar: Google Maps Reza Maulana

Pantai Lange di Desa Lam Lhome, kec. Lhoknga, memiliki fenomena yang tidak mudah ditemukan di pantai lain. Di sini terdapat area datar besar yang terbentuk dari bebatuan. Formasi batuan yang banyak berlubang ini menimbulkan fenomena alam berupa pecahan air laut, pecahan tersebut muncul begitu lubang tersebut pecah oleh gelombang laut. Objek wisata alam ini sering dijadikan sebagai tujuan selfie yang menarik bagi para wisatawan.

Namun, bukan berarti pantai ini hanya dipenuhi bebatuan. Beberapa bagian pantai masih diselimuti pasir putih yang lembut. Sambil menikmati keindahan alam dan menunggu semburan air laut yang mencapai 5 meter, Anda bisa bersantai di pasir pantai yang lembut. Dimungkinkan juga untuk menghabiskan malam dengan berkemah di sini. Anda bisa menyiapkan api unggun dan menikmati keindahan alam.

Harga tiket: untuk membebaskan; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Lam Lhom, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar, Aceh.

5. Pantai Lampuuk

Pantai LampungKredit gambar: Google Maps Ririn Dorayaki

Panti Lampuuk merupakan salah satu tempat wisata alam favorit masyarakat Aceh. Meski rusak parah pascatsunami, semangat masyarakat tidak luntur begitu saja. Kondisinya yang masih bagus akan membuat Anda merenungi hamparan pasir putih dan air lautnya, tampil semakin sempurna dengan lekukan garis pantainya. Di sini Anda bisa bersantai dan menikmati pemandangan, berfoto atau bermain di atas pasir yang bersih.

Harga tiket: Rp3.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Raya Lampuuk, Meunasah Lambaro, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar, Aceh.

6. Pantai Hitam Anoi

Pantai Anoi HitamKredit gambar: Google Maps Aldi

Berbeda dengan pantai sebelumnya yang terlihat indah dengan pasir putihnya, tempat ini justru menarik pengunjung karena warna pasirnya yang coklat kehitaman. Keindahan warna ini terjadi secara alami karena adanya hutan bakau yang mengelilinginya. Kesan eksotis perpaduan antara pasir hitam, air laut jernih dan hutan bakau yang lebat menjadikannya objek fotografi yang menawan. Untuk menyaksikan keindahannya, pantai ini terletak di Black Anoe, Kota Sabang.

Meski berada di Pulau Weh yang cenderung memiliki deretan pantai berpasir putih, ternyata Anoi Hitam memang sangat unik. Bukan hanya warnanya, ternyata pasir hitam ini 3 kali lebih berat dari pasir hitam pada umumnya. Ini pasti akan memberikan kesan unik pada liburan santai Anda. Saat berkunjung ke pantai unik ini, tidak ada salahnya untuk berfoto dengan lautan pasir hitamnya yang pekat.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Anoe Itam, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

7. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur TigaKredit Gambar: Google Maps Muhammad Akbar

Usai mengunjungi Anoi Hitam yang eksotis, Anda bisa menuju ke tempat wisata Sumur Tiga yang masih berada di kota Sabang. Tepatnya berada di Lem Muelee, Kecamatan Muellee, Sukajaya, lokasi ini memberikan tampilan berbanding terbalik dengan tetangganya. Hal ini terlihat sangat jelas dari dataran pasir putih yang landai diikuti dengan rimbunnya tanaman hijau di tepi pantai.

Yang membedakannya dengan Anoi Hitam adalah letak Pantai Sumur Tiga. Pantai ini memang berada di kota Sabang, namun lokasi tepatnya berada di Pulau Weh. Berada di pantai ini, Anda akan larut dengan suasana alam yang asri. Sehingga Anda bisa bersantai jauh dari hiruk pikuk kota Aceh. Apalagi objek sumur air tawar di sekitar pantai ini kerap menjadi objek wisata.

Harga tiket: untuk membebaskan; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Iem Meulee, Ie Meulee, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

8. Pantai Tapak Gajah

pantai kaki gajahKredit gambar: Twitter Najmiya Ayu Putri

Selain itu di Pulau Weh terdapat sebuah pantai bernama Tapak Gajah yang ternyata memberikan aspek geografis yang berbeda. Jika pada umumnya garis pantai dan garis pantai di daerah lain cukup luas, maka di sini justru sebaliknya. Tidak ada hamparan pasir putih kering yang bisa Anda gunakan untuk bersantai, hanya tebing-tebing landai yang mengarah langsung ke tepi laut yang sangat jernih dan tenang.

Jadi apa yang menarik? Jangan remehkan pantai ini. Bahkan jika Anda tidak bisa bersantai duduk di pantai, Anda akan disuguhi dengan berbagai biota laut. Keindahan biota bawah laut menjadi daya tarik utama Pantai Tapak Gajah. Tak sedikit dari pengunjung yang rela jauh-jauh hanya untuk snorkeling dan mengagumi panorama laut yang masih belum terjamah manusia.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Yaitu Meulee, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

9. Pantai Alue Naga

Pantai Alue NagaKredit Gambar: Google Maps pudjie gusti

Pindah ke kawasan Laut Andaman, Alue naga. Di pantai yang juga menyandang nama Alue Naga ini, Anda akan disuguhi hamparan laut luas yang seolah tak berbatas. Apalagi sedikitnya pepohonan di sekitar pantai semakin menambah kesan keseluruhan objek wisata ini. Letaknya yang berada di kawasan Kajhu Aceh Besar membuatnya sangat mudah diakses oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Lokasi ini juga cukup dekat dengan pusat kota, jadi jangan heran jika banyak pengunjung yang datang dan pergi ke Pantai Alue Naga. Pantai ini juga memiliki garis pantai dengan pasir putih. Anda bisa menikmati keindahan alam, bersantai atau selfie di sini. Namun, jangan buru-buru pulang. Saat matahari mulai condong ke barat, pantai ini akan menawarkan pesona sunset yang tidak pernah ditemukan di tempat lain.

Harga tiket: untuk membebaskan; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Alue Naga, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh.

10. Pulau Rubiah

Pulau RubyKredit gambar: Google Maps Aldi

Kota Sabang kembali menawarkan keindahan pantai yang sayang untuk dilewatkan. Di kota ini ternyata ada Palau bernama Rubiah. Namanya sendiri sebenarnya diambil dari Taman Laut Pulau Rubiah yang merupakan dataran dengan luas mencapai 2.600 hektar. Daya tarik utama tempat ini adalah kerajaan bawah lautnya yang masih sangat kaya, dilindungi dan juga dilestarikan.

Berbagai jenis biota laut mulai dari jenis ikan dan terumbu karang disebut masih hidup bebas dan tenang di perairan Pulau Rubiah. Tak heran jika tempat ini juga disebut sebagai surga bagi pengunjung yang gemar menyelam. Anda bisa menyelam hingga kedalaman 15 meter untuk berenang bersama berbagai jenis ikan, seperti kerapu, kepe-kepe, botana biru, dll. Selain itu, Anda juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling pulau.

Harga tiket: Rp30.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Iboih, Kec. Sukaraya, Kota Sabang, Aceh.

Berada di wilayah paling barat Indonesia, wisata pantai di Aceh tidak boleh dianggap remeh. Apalagi mengingat lokasinya yang berbatasan dengan Samudera Hindia dan Selat Malaka, tak heran jika deretan pantainya seakan tak ada habisnya. Seperti banyak pantai yang telah disebutkan, setiap daerah memiliki pesona tersendiri yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke provinsi Serambi Mekkah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button