Meninggalkan 26 jemaah haji Aceh Barat di Bogor - WisataHits
Jawa Barat

Meninggalkan 26 jemaah haji Aceh Barat di Bogor

Meninggalkan 26 jemaah haji Aceh Barat di Bogor

Jemaah umroh di Tanur Muthmainnah Travel Haji dan Umroh di Jalan Nasional Mureubo-Tapak Tuan di Kecamatan Mureubo Kabupaten Aceh Barat. IS / RAKYAT ACEH

ORANG | MEULABOH – Sebanyak 26 jemaah umrah asal Aceh barat masih terdampar di sebuah hotel di Bogor. Jamaah umrah akan berangkat mulai 15 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023 namun belum berangkat ke Tanah Suci.

Salah satu keluarga jamaah umrah, Muhammad Afzar, mengatakan pada Rabu (01/04) bahwa jamaah umrah dijadwalkan pulang pada 27 Desember 2022 dengan pengambilan paket 12 hari setelah pemberangkatan. Tapi hari ini beberapa peziarah tidak berangkat.

“Keterlambatan keberangkatan ini terjadi tiga kali. Menurut informasi yang kami terima pada 4 Januari 2023, ada 11 jemaah yang berangkat, tapi kami belum tahu pasti apakah jemaah ini berangkat atau tidak,” ujarnya.

Hal itu menjadi tanda tanya bagi Afzar mengapa jamaah umrah dari Aceh Barat perlu diberangkatkan ke Bogor dengan Travel Haji dan Umrah Tanur Muthmainnah Tour, jalur Medan harus langsung menuju Jeddah, Arab Saudi.

“Ini patut dicurigai karena ada semacam kecurangan dalam pemberangkatan sejumlah jamaah umrah,” ujarnya.

Afzar mengatakan, kasus penolakan keberatan umrah dari Aceh Barat harus dipersoalkan lebih lanjut agar instansi terkait bisa segera merespon.

“Kasihan melihat jemaah umrah yang sudah lanjut usia dan harus tinggal di sana dalam suasana resah, ditambah mereka harus membayar sendiri makanannya,” ujarnya.

Afzar mengaku terus menjalin komunikasi dengan para jamaah haji pengungsi di Bogor, terutama saat persediaan makanan mulai menipis. Bahkan, setiap jemaah ditawari uang tambahan untuk pemberangkatan oleh biro perjalanan terpercaya

Seperti diketahui, pemberangkatan jemaah umrah menjadi tanggung jawab Tanur Muthmainnah Tour Haji dan Umrah Cabang Wilayah Aceh yang digelar di Jalan Meulaboh-Tapaktuan Kabupaten Aceh Barat.

Secara terpisah, salah seorang anggota keluarga Ali Umroh warga Desa Cangge, Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat, kepada media mengatakan, keluarganya masih menginap di kawasan Bogor, Seruwa, tempat penginapan wisata paling populer yang jauh dari perkotaan. .

Anehnya, Ali mengatakan hingga 26 jamaah umrah ditempatkan di sana dan diyakini para jamaah tidak dapat berkomunikasi dengan keluarga di desa, disandera di sana, dengan ketersediaan sembako yang terbatas dan jaringan yang tidak dapat diakses.

“Kemarin tanggal 2 Januari beberapa Tanur Muthmainnah Tour Cabang Bogor datang ke tempat melihat kondisi jemaah umrah disana, ketika sejumlah jemaah umrah datang mereka mengeluhkan dibawa ke tempat yang lebih layak harus berjejaring,” Ali dikatakan
Ali mengatakan, kendala penundaan jemaah umrah adalah pemilik Cabang Wisata Meulaboh Tanur Muthmainnah tidak menyetorkan seluruh dana keberangkatan jemaah ke PT, dan ini semacam permainan pemilik.

“Lihat Pak, informasinya salah satu pemilik cabang Meulaboh hanya menyetor Rp 80 juta sedangkan sisanya Rp 700 juta atau lebih tidak tahu dibawa kemana. Karena itu, industri perjalanan panik dan memerintahkan jamaah untuk menghubungi keluarga atau anak-anak mereka di desa untuk mendapatkan tambahan dana Rp 300 juta agar mereka dapat berangkat, ”kata Ali.
Bahkan Ali mengaku juga diminta meminjam uang yang dijamin dengan sertifikat perkebunan sawit.

Pemilik cabang Tanur Muthmainnah Tour Meulaboh, Zaini menanggapi wartawan dan mengatakan keterlambatan pemberangkatan jemaah disebabkan belum selesainya shift, sehingga sejumlah jemaah umrah masih berada di Bogor dan menunggu shift berikutnya. .

“Hari ini 11 jemaah berangkat umrah, untuk jemaah selanjutnya mereka akan berangkat secepatnya berdasarkan hasil rapat partai kita sementara jadwal pemberangkatan sedang diputuskan oleh Tanur Muthmainnah, namun jemaah tetap menjadi tanggung jawab saya,” kata Zaini seperti pemegang cabang Tanur Muthmainnah, Meulaboh. (rongga/menit)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button