Wandik membantu Disdik melalui SATU TAS - WisataHits
Jawa Barat

Wandik membantu Disdik melalui SATU TAS

METROPOLITAN – Dewan Pendidikan (Wandik) Kabupaten Bogor meluncurkan sistem informasi data sekolah berbasis digital bernama SATU TAS (One Button For School Data). Database ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi publik dan pemangku kepentingan dalam membentuk kebijakan pendidikan.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Bogor Takiyudin Basari mengakui ide tersebut bekerja sama dengan Dinas Pendidikan (Diskdik) dalam menyajikan data sekolah. Karena terkadang data terlihat berbeda.

Tujuan dibuatnya sistem informasi SATU TAS ini agar informasi data status sekolah dapat dengan mudah diambil dan ditampilkan secara realtime di big data dinas pendidikan. Ini meliputi gedung, tenaga pendidik dan kependidikan, peserta didik, sarana dan prasarana, prestasi akademik dan non akademik.

Dengan demikian, pemangku kepentingan pendidikan memiliki sumber data yang valid dan dapat diandalkan untuk mengembangkan rencana dan kebijakan pendidikan berdasarkan basis data yang akurat.

“Seperti Kabupaten Parungpanjang, perkembangannya sangat pesat karena banyak pengembang yang masuk. Artinya akan ada ribuan warga baru yang tentunya perlu menambah sekolah agar data ini bisa diambil dan terakomodasi,” jelas Basari.

Tak terkecuali Sukamakmur yang memiliki Rata-rata Tahun Sekolah (RLS) terendah. Data tersebut harus menentukan kebijakan pendidikan ke depan. Pada kesempatan yang sama, ia memaparkan strategi percepatan kenaikan RLS di daerah dengan tarif RLS rendah, seperti Sukamakmur.

Selain itu, mereka juga bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Pemerintah Daerah dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Dinas Pariwisata Sukamakmur.

“Program paket A, B, dan C ini utamanya ditujukan untuk tenaga kerja wisata dan akan terus bekerjasama dengan pesantren serta dinas tenaga kerja di kecamatan lain,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin mengatakan, Pemkab Bogor sangat mengharapkan peran aktif dan kontribusi Dewan Pendidikan beserta seluruh stakeholder untuk memajukan RLS di Kabupaten Bogor. Karena RLS merupakan salah satu indikator kemajuan pembangunan di bidang pendidikan. (rb/els/py)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button