Sumbar Gandeng Jabar Promosikan Visit Beautiful West Sumatra 2023 - WisataHits
Jawa Tengah

Sumbar Gandeng Jabar Promosikan Visit Beautiful West Sumatra 2023

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berencana bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mempromosikan pariwisata

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG – Tingginya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik di Jawa Barat yang mencapai 47 juta wisatawan pada tahun 2019, menjadi peluang promosi yang ampuh bagi Pemprov Sumbar untuk menggalakkan Visit Beautiful Sumbar, jika memungkinkan adalah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pemprov Sumbar berharap dapat melakukan promosi melalui baliho dan media reklame milik Pemprov Jabar dan sebaliknya.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemprov Sumbar dan Otonomi Daerah Doni Rahmat Samulo saat rapat membahas kemungkinan kerja sama daerah antara Pemprov Sumbar dan Pemprov Jabar di Kantor Gubernur Jabar, Rabu (7/07). 27/2022). Doni menjelaskan, dengan kerja sama ini, kedua provinsi dapat saling berbagi event dan promosi terkait kegiatan di bidang pariwisata, seperti sumber daya (seniman dan budayawan) dalam kreasi seni dan budaya.

Sekretaris Biro Pariwisata Sumbar Taufik Ramadhan mengatakan, potensi kunjungan wisatawan dari Jabar ke Jabar cukup tinggi. Apalagi saat mempromosikan potensi wisata Sumbar bisa hadir ditengah-tengah masyarakat Jabar.

Hal ini dapat bersinergi dengan pemanfaatan ruang publik, baliho dan media iklan digital Provinsi Jawa Barat untuk mempromosikan objek wisata dan event-event daerah di Provinsi Sumatera Barat dan tentunya sebaliknya.

Pemprov Jabar yang diwakili Kepala Dinas Kerjasama Palupi Indah Gardina mengatakan, pihaknya menyambut baik usulan kerjasama yang disampaikan Pemprov Sumbar. Ia berharap hal ini dapat dilakukan secepatnya sehingga bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat kedua provinsi tersebut.

“Sumatera Barat dan Jawa Barat memiliki banyak kesamaan, mulai dari kondisi geografis yang dapat digali, potensi wisata, potensi pertanian dan perdagangan, serta kondisi masyarakat yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai tradisional dan budaya. Harus bisa terus bersinergi untuk pembangunan dan kemajuan daerah,” ujar Indah.

Dalam rapat penjajakan kerjasama yang juga dihadiri oleh anggota Tim Koordinasi Kerjasama Daerah (TKKSD) dan sejumlah OPD terkait di lingkungan Pemprov Sumbar dan Jabar itu juga membahas beberapa usulan ruang lingkup kerjasama. Antara lain seperti UKM, perikanan laut, merit system dalam birokrasi, penelitian dan pengembangan dan beberapa kegiatan lainnya.

Source: www.republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button