KA Batara-Kresna Tawarkan Nuansa Wisata Solo Wonogiri - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

KA Batara-Kresna Tawarkan Nuansa Wisata Solo Wonogiri – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Kereta Api Batara Kresna Perintis bersiap berangkat dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Sukoharjo pada Selasa (29/11/2022). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Kereta Api Perintis (KA) Batara Kresna telah menjadi transportasi massal di kota Solo, tidak hanya menghubungkan Solo-Wonogiri. Kereta Api Batara Kresna Perintis juga menawarkan sensasi lain untuk menikmati perjalanan.

Pasalnya, KA Perintis Batara Kresna memiliki rute yang unik. Terutama pada lintasan di kota Solo. Diketahui, kereta api dalam perjalanan dari Solo menuju Wonogiri ini akan melewati jalur pusat kota setelah keluar dari stasiun Purwosari, dimana jalur kereta api tersebut berada tepat di sebelah salah satu jalan utama di pusat Kota Solo yaitu Jl. Selamat Riyadi.

Promosi Angkringan Omah Semar Solo: Tempat nongkrong unik punya menu Wedang Jokowi

Pada Selasa (29/11/2022), Balai Teknik Perkeretaapian Daerah (BTP Jabagteng) Jawa Tengah bersama PT KAI Daops 6 melaksanakan sosialisasi KA Perintis Batara Kresna. Sosialisasi tersebut juga melibatkan komunitas pecinta kereta api dan berbagai media.

Dalam kegiatan tersebut, PT KAI dan BTP Jabagteng juga memberikan kesempatan kepada para pecinta kereta api dan awak media untuk mencoba perjalanan dengan KA Batara Kresna Perintis dari stasiun Purwosari ke stasiun Sukoharjo dan sebaliknya.

Setelah keluar dari stasiun pemberangkatan menuju Sukoharjo yaitu Stasiun Purwosari, penumpang KA Batara Kresna Perintis langsung disambut dengan pemandangan pusat Kota Solo melalui Jl. Selamat Riyadi. Penumpang bisa melihat kepadatan Jl. Slamet Riyadi menikmati berkendara di jalur pusat kota tanpa terhalang oleh kemacetan atau lampu lalu lintas di setiap persimpangan. Penumpang juga bisa melihat gedung perkantoran, kantor Wali Kota Solo Loji Gandrung, dan pusat perbelanjaan dari dalam kereta yang tidak melaju terlalu kencang.

Baca juga: Wah! Solo-Sukoharjo via KA Batara Kresna hanya 55 menit, nyaman dan juga murah

Manajer Humas PT KAI Daops 6 Franoto Wibowo mengatakan KA Batara Kresna Perintis membutuhkan waktu tempuh 1 jam 45 menit dari Stasiun Purwosari ke Stasiun Wonogiri dengan kecepatan 10 km/jam hingga 30 km/jam Has.

Pada jalur reguler, dari Solo ke Wonogiri atau sebaliknya, KA Perintis Batara Kresna melewati beberapa stasiun seperti Stasiun Solokota, Stasiun Sukoharjo dan Stasiun Pasarnguter sebelum akhirnya tiba di Stasiun Wonogiri. Dengan demikian, masyarakat yang tinggal di sekitar stasiun kereta api dapat dengan mudah mengakses layanan transportasi yang murah dan bebas macet ini.

“Bagi masyarakat yang ingin menghindari macet atau penat dalam perjalanan dari Solo ke Wonogiri atau sebaliknya, bisa menggunakan KA Batara Kresna. Tiket KA Batara Kresna juga sangat terjangkau bahkan bisa dibilang relatif murah, yakni hanya Rp 4.000,” jelasnya dalam acara sosialisasi tersebut.

Baca juga: Ayo! Naik Kereta Api Batara Kresna Murah dan Cepat di Solo Wonogiri, Hanya Rp 4.000

Selain kota Solo, wahana Kereta Api Perintis Batara Kresna juga menyuguhkan pemandangan sawah hijau, Bengawan Solo dan lain sebagainya. Bahkan rel kereta api di kawasan Wonogiri berada di kaki Gunung Gandul yang merupakan dataran tinggi. Hal ini juga memungkinkan penumpang untuk melihat sebagian wilayah Wonogiri.

Franoto menjelaskan, membeli tiket KA Perintis Batara Kresna juga mudah. Masyarakat dapat membeli tiketnya pada hari keberangkatan melalui KAI Access atau langsung di loket stasiun sesuai jam buka loket.

“Siapapun yang tidak ingin repot untuk datang ke stasiun, apalagi antri dan masih harus menunggu loket buka, bisa memesan tiket secara online menggunakan aplikasi KAI Access. Cukup dari rumah, bisa dipesan di hari pemberangkatan,” ujarnya.

Baca Juga: PT KAI Dan KCI Akan Membuat Film Yang Mengungkap Sisi Lain Dunia Perkeretaapian

Nyaman dan menyenangkan

Saat ini ada empat perjalanan di Kereta Api Perintis Batara Kresna dalam satu hari. Dari empat perjalanan tersebut, dua berangkat dari Stasiun Purwosari dan dua dari Stasiun Wonogiri. Keberangkatan dari stasiun Purwosari adalah pukul 06:00 WIB dan 10:00 WIB. Berangkat dari Stasiun Wonogiri pada pukul 08:00 WIB dan 12:00 WIB.

Salah satu penumpang KA Perintis Batara Kresna, warga Solo Joko Wahono mengaku terkesan dengan pengalaman pertamanya mengakses KA Perintis Batara Kresna hari itu. Menurutnya, dengan harga tiket yang terjangkau dan kenyamanan kereta api yang membuat perjalanan menjadi menyenangkan. Dia sengaja mencoba naik kereta untuk rekreasi. “Rencana ke Wonogiri atau Nguter. Tidak pernah sebelumnya. Ini adalah pengalaman pertama. Ternyata sangat nyaman dan tiketnya juga murah,” ujarnya.

Kedepannya ia berharap jangkauan kereta terus bertambah, sehingga jumlah gerbong juga bertambah. Jika kereta api juga ditujukan untuk tujuan wisata, dia berharap nantinya juga ada fasilitas penunjang atau atraksi di dalam kereta api bagi wisatawan.

Baca Juga: KA Blambangan Ekspres Detasemen Semarang-Banyuwangi Diluncurkan, Ada Promo!

Sementara itu, PPK KA Perintis BTP Jawa Tengah, Abdurrohman, menginformasikan bahwa sejak tahun 2015, KA Perintis Batara Kresna menjadi salah satu bidang prioritas kerja Kementerian Perhubungan melalui BTP Jawa Tengah dalam penyelenggaraan angkutan KA Perintis. Keberadaan KA Batara Kresna menjamin keberlangsungan pelayanan angkutan kereta api dan menjadi salah satu alternatif pelayanan angkutan umum massal bagi masyarakat, khususnya pada jalur Solo-Wonogiri.

Pada tahun 2022, tingkat okupansi KA Perintis Batara Kresna sebesar 44,33% dengan jumlah penumpang sebanyak 63.070 orang. Saat ini KA Solo-Wonogiri tiga tahap berjalan dengan jarak 37 km.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan, BTP Jateng berencana pada tahun 2023 melakukan perluasan jalur kereta api berupa penggantian rel penyangga besi R.42 (sebagian R.33) dengan rel penyangga beton R.54. Perbaikan jalur bertujuan agar kecepatan operasional KA Batara Kresna menjadi lebih optimal.

“Jika kecepatan operasional KA Batara Kresna mencapai 40-60 km/jam setelah dilakukan modernisasi infrastruktur, waktu tempuh dapat dikurangi hingga 30 menit, dari 1 jam 45 menit menjadi 1 jam 15 menit,” ujarnya.

Pada September hingga Oktober 2022 KA Batara Kresna juga baru menjalani perawatan P48 atau 4 tahunan untuk menjaga kehandalan fasilitasnya. Pekerjaan perawatan yang dilakukan meliputi suku cadang mesin, motor traksi, bogie, alternator, kotak roda gigi, kompresor, papan tombol, sistem pengereman, dan pengecatan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button