Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Observasi Dataran Banjir Cibinong - Pojoksatu.id - WisataHits
Jawa Barat

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Observasi Dataran Banjir Cibinong – Pojoksatu.id

POJOKSSATU.id, BOGOR– Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor KH Agus Salim meninjau langsung titik banjir yang menggenangi tiga perumahan di Desa Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor pada Selasa, 16 Agustus 2022.

Salah satu solusi yang ditawarkan oleh situasi banjir adalah pembongkaran saluran irigasi di sekitar lokasi.

Politisi PKS itu mengungkapkan, banjir sudah berulang kali terjadi di kawasan ini.

Sehingga harus ada solusi nyata agar tidak membahayakan warga sekitar, apalagi di musim hujan seperti sekarang ini.

“Hujan tadi malam. Air kembali naik, menggenangi warga sekitar. Ternyata gelombang pasang ini sudah terjadi sejak Rabu lalu. Jadi harus ada solusi konkrit untuk mengatasi hal ini,” kata KH Agus Salim.

Menurut dia, solusi yang paling mungkin adalah membongkar irigasi di bawah Jalan Tegar Beriman agar air mengalir dari pemukiman warga di Situ Kabantenan yang berseberangan dengan lokasi pembangunan Hotel Sayaga Wisata.

Baca: Tiga Apartemen di Cibinong Diduga Banjir Akibat Pembangunan Hotel Sayaga Wisata

“Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membongkar saluran irigasi di bawah Jalan Tegar Iman di depan Hotel Sayaga. Apalagi yang berada di bawah taman jalanan,” ujarnya.

Sebelumnya, tiga kawasan perumahan di Desa Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor terancam banjir sejak Senin 15 Agustus 2022 malam hingga Selasa 16 Agustus 29.22 siang.

Pembangunan Hotel Sayaga Wisata diyakini menjadi salah satu penyebab banjir.

Baca: Banjir Bogor, 2 Warga Seret Banjir Bandang dan Longsor Jasanga

RT05/09 Wakil Ketua Umum Mutiara Hijau Residence Ali mengakui, sejak dibangunnya Hotel Sayaga Wisata milik BUMD Kabupaten Bogor, PT. Sayaga Wisata, banjir menjadi momok bagi warga setiap kali musim hujan datang.

“Ngomong-ngomong, sejak dibangunnya hotel yang berada di dekat pintu masuk perumahan itu, sudah enam kali terjadi insiden. Saya telah tinggal di sini selama 12 tahun. Belum pernah banjir sebelumnya. Bulan ini saja sudah tiga kali banjir,” kata Ali, Selasa (16 Agustus).

Ali berharap pemerintah Kabupaten Bogor (Pemkab) Bogor mengambil langkah konkrit untuk mengatasi masalah ini.

Baca: Banjir Bogor Belum Tiba, Banjir Menyapu Ribuan Warga Jakarta

“Kami meminta pejabat turun untuk melihat keadaan. Semoga tidak banjir lagi. Tidak murah untuk membeli rumah di sini,” katanya.

Sementara itu, Camat Cibinong Rusliandy mengatakan, banjir terjadi akibat tersumbatnya gorong-gorong tepat di sebelah pembangunan Hotel Sayaga Wisata.

Penutupan saat ini sedang ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Jadi ada saluran yang tersumbat. Terdapat sampah atau limbah dari bahan bangunan hotel. Ini akan dibersihkan. Dengan kondisi mendung kembali, dikhawatirkan banjir akan berkepanjangan,” kata Rusliandy.

Banjir setinggi lutut orang dewasa diketahui menggenangi kawasan Nirwana Golden Park, Mutiawa Hijau Residence, dan Grand Cibinong. Sejauh ini, air banjir masih tergenang, meski sudah mulai surut. (cek/pojokbogor)

Source: pojoksatu.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button