Wakil Bupati Blitar Hadiri Rakornas 2023 Siap Laksanakan Arahan "Total Football" Jokowi - WisataHits
Jawa Barat

Wakil Bupati Blitar Hadiri Rakornas 2023 Siap Laksanakan Arahan “Total Football” Jokowi

Wakil Bupati Blitar Hadiri Rakornas 2023 Siap Laksanakan Arahan “Total Football” Jokowi

Bogor, Sentralnews.com – Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pimpinan Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Jawa Barat, Selasa (17/01/2023)/ 2023).

Wakil Bupati Rahmat Santoso mengatakan ada beberapa perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang perlu dipatuhi. Salah satunya adalah peran daerah dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional di tengah ancaman resesi global.

“Pesan Pak Jokowi: Setiap orang perlu berhati-hati dan bekerja keras untuk menghadapi tantangan resesi ekonomi global. Kebijakan apapun yang diambil kepala daerah harus berdasarkan data dan fakta setempat. Jangan salah paham,” kata Wabup Rahmat.

Terkait instruksi Presiden Jokowi terkait arah pembangunan ekonomi, Wakil Bupati Rahmat siap melaksanakan instruksi tersebut dan akan segera berkoordinasi dengan Bupati Blitar Rini Syarifah.

“Dalam menghadapi resesi global ini, Presiden menyamakannya dengan sepak bola. Permainan harus sepak bola total, bekerja bersama, berlari bersama, menggila bersama. Sepulangnya dari Rakornas, saya akan berkoordinasi dengan Bupati,” kata Wakil Bupati yang akrab disapa Makdhe Rahmat itu.

Wakil Bupati Rahmat mengatakan, beberapa program terobosan sedang disiapkan dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian. Pertama, memaksimalkan potensi sektor pariwisata yang ada untuk menjadi alternatif sumber kegiatan ekonomi.

“Kabupaten Blitar memiliki banyak potensi wisata, akan kami dorong semaksimal mungkin sebagai ekonomi alternatif. Dengan bergesernya pariwisata, otomatis UMKM akan merasakan dampak ekonominya,” ujarnya.

Selain itu, Pemkab Blitar juga akan mengembangkan pertanian berbasis pangan. Antara pertanian, perkebunan dan peternakan dilakukan integrasi hulu-hilir untuk menjamin ketahanan pangan.

“Program-program ini harus dilakukan bersama-sama, kata Pak Jokowi, total football. Harus menyatu sesuai posisi dan peran masing-masing. Jangan memprogramkan road tourism, tapi UMKM stagnan atau sebaliknya. Semuanya juga harus berdasarkan data di lapangan,” ujarnya.

Sedangkan Rakornas yang diikuti oleh 4.545 peserta dibagi menjadi empat panel yang berlangsung hingga malam hari. Panel I membahas pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi dengan pembicara Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Margo Yuwono, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, Menteri Keuangan (Menkeu) Keuangan) Sri Mulyani, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dan Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Budi.

Panel II dengan pembahasan Penguatan Investasi, Hilirisasi dan Fasilitasi Perizinan Berusaha menghadirkan narasumber Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri Administrasi dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono dan Menteri Pertanian dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional ( BPN) Hadi Tjahjanto.

Panel III membahas penanganan COVID-19, stunting, kemiskinan dan jaring pengaman sosial dengan pembicara Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziah, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir serta fisikawan dan matematikawan Yohanes Surya.

Panel IV dengan pembahasan Stabilitas Politik, Hukum, Keamanan dan Pengawasan menghadirkan narasumber Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung ST. Burhanuddin, Kepala Badan Pengatur Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh dan fisikawan dan matematikawan Yohanes Surya.

Panel IV dengan pembahasan Stabilitas Politik, Hukum, Keamanan dan Pengawasan menghadirkan narasumber Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung ST. Burhanuddin, Kepala Badan Pengatur Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh dan Panglima TNI Yudo Margono (*/San)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button