Wabup mengapresiasi program P2WKSS, semua bekerja untuk kebaikan bersama - dimensi - WisataHits
Jawa Barat

Wabup mengapresiasi program P2WKSS, semua bekerja untuk kebaikan bersama – dimensi

SUKABUMI – Tim Verifikasi Provinsi Jawa Barat mengunjungi Desa Sukamekar, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi pada Rabu, 30 November 2022. Mereka datang untuk menilai berakhirnya Peningkatan Peran Perempuan Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) pada 2022.

Kedatangan tim disambut oleh Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri, Sekda Ade Suryaman, para kepala perangkat daerah, Forkopimda, Forkopimcam dan stakeholder terkait lainnya.

Sebelum melakukan peninjauan, mereka dihadapkan pada berbagai penampilan publik.

H. Iyos Somantri mengatakan P2WKSS merupakan program yang sangat bagus. Terutama dalam meningkatkan sinergi dan kerjasama semua pihak yang terlibat. Bahkan, dapat membawa perubahan tatanan dalam masyarakat.

“Kehadiran program P2WKSS di desa ini memberikan perbedaan yang sangat signifikan. Semuanya bergotong royong dan bersinergi untuk kebaikan masyarakat. Ini konsep yang luar biasa dan semua terlibat,” ungkapnya.

Berbagai pemberdayaan tercipta melalui program di sini. Seperti pemberdayaan ekonomi, pendidikan, kesehatan, yang pada akhirnya melayani kebaikan masyarakat.

“Kekuatan ekonomi, ada pengrajin yang menanam tanaman hias, kerajinan kayu, plus potensi wisata yang sangat bagus. Semua ini berfungsi untuk memperkuat peran perempuan dalam keluarga kaya, ”katanya.

Untuk itu ia mengucapkan selamat kepada tim verifikasi P2WKSS. Ia berharap lokasi P2WKSS di Desa Sukamekar dapat memberikan kesan terbaik.

“Mudah-mudahan kedatangan tim verifikasi bersama kami bisa berkesan untuk menciptakan semangat segar dan tenang,” ujarnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Hj Yani Jatnika Marwan menambahkan, banyak masyarakat yang akan diberdayakan dalam program P2WKSS ini. Ini meliputi pembangunan PJU, rambu-rambu jalan, peningkatan kapasitas pencegahan dan penanggulangan bencana, literasi dan berbagai pelatihan lainnya.

“Kami juga mengembangkan forum anak daerah, pemeliharaan jalan termasuk pelatihan minyak kelapa, pemanfaatan bambu, renovasi RTLH, pembuatan taman ramah anak dan penyelenggaraan wisata Situ Cijeruk,” jelasnya.

Selain itu, Desa Sukamekar memiliki sumber daya manusia dan alam yang luar biasa. Khususnya potensi pariwisata, peternakan dan pertanian.

“Program ini bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia melalui sumber daya alam dan lingkungan untuk mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera,” jelasnya.

Ari Antari Ratna Dewi Ketua Tim Verifikasi P2WKSS Jabar mengatakan, kegiatan ini merupakan program terpadu untuk memberdayakan perempuan dalam pembangunan. Terutama dalam mewujudkan dan mengembangkan keluarga yang sehat, sejahtera dan bahagia. Dengan demikian, perempuan berperan sebagai subyek dalam pembangunan.

“Ada lima hal yang dilakukan, mulai dari pemberdayaan perempuan dalam berwirausaha, peran ibu dan keluarga dalam membesarkan anak, mengurangi kekerasan terhadap perempuan dan anak, mengurangi pekerja anak dan mencegah perkawinan anak,” jelasnya.

Menurutnya, penguatan P2WKSS merupakan inovasi Pemprov Jabar. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan indeks pembangunan dan pemberdayaan gender.

“Program ini sejalan dengan visi dan misi Pemprov Jabar,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia memberikan apresiasi atas program perahu kertas yang digagas Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Oleh karena itu, ia berharap prinsip inovasi dan kolaborasi dalam P2WKSS terus dijunjung tinggi dan semakin diperluas.

“Semoga kegiatan ini tidak berhenti setelah penilaian. Namun, bisa berkelanjutan dan infrastrukturnya bisa digunakan dan dipelihara oleh masyarakat,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut dilakukan sesi wawancara oleh tim verifikasi. Sesi observasi juga dilakukan di lokasi P2WKSS.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button