UNJ memberikan dukungan untuk meningkatkan kualitas hidup di desa-desa nelayan - WisataHits
Jawa Barat

UNJ memberikan dukungan untuk meningkatkan kualitas hidup di desa-desa nelayan

JAKARTA (ANTARA) — Tim fakultas dari Program Pendidikan Sosiologi dan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan peningkatan kualitas hidup di kampung-kampung nelayan di Jakarta.

“Kampung nelayan dan kampung reformasi di Jakarta Utara masih menghadapi masalah sanitasi lingkungan, kesehatan dan pendidikan,” kata Abdul Rahman Hamid, koordinator Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Sosiologi UNJ, di Jakarta, Sabtu.

Sejumlah persoalan yang dihadapi masyarakat antara lain kurangnya pengetahuan tentang kualitas hidup dan pembinaan pendidikan anak, yang berdampak pada rentannya anak putus sekolah.

“Dengan pengabdian kepada masyarakat ini, diharapkan bentuk sosialisasi dan edukasi ini dapat bermanfaat bagi warga untuk lebih peka dan memahami kondisi yang sedang terjadi,” jelasnya.

Baca Juga: UNJ Dukung Desa Wisata di Bogor

Abdul Rahman menambahkan, selain mengedukasi warga tentang kesehatan dan kualitas hidup, layanan tersebut memberikan pemahaman kepada warga tentang pentingnya pendidikan dan penunjang pendidikan bagi warga seperti buku, alat tulis, dan alat bantu belajar lainnya.

Koordinator Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial UNJ Suyuti mengatakan, kelurahan yang menghadapi berbagai permasalahan perlu diberdayakan melalui peran pendampingan.

“Ini merupakan tanggung jawab kita bersama, khususnya sebagai masyarakat kampus dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Suyuti menambahkan, perguruan tinggi berperan penting dalam membantu masyarakat menjadi urgensi yang dibutuhkan sesuai dengan permasalahan dan pengetahuan yang ada.

Melalui kolaborasi antara masyarakat dan perguruan tinggi, dimungkinkan untuk memberdayakan dan memperkuat masyarakat dalam menjawab tantangan dan masalah sehari-hari.

“Alhamdulillah, kami merasa sangat terbantu untuk memahami permasalahan lingkungan tempat kami tinggal. Semoga kegiatan ini dapat terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan isu-isu penting terkait kesehatan, pendidikan dan lingkungan tempat kita tinggal,” ujar Perwakilan Masyarakat Desa Nelayan dan Desa Reformasi Hambali.*** 3* **

Baca Juga: Menurut UNJ, Pembelajaran di Kampus Tergantung Kondisi Daerah

Reporter: Indriani
Penerbit: Triono Subagyo
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button