Unit IBI luncurkan gelar Magister Akuntansi | RADAR BOGOR - WisataHits
Jawa Barat

Unit IBI luncurkan gelar Magister Akuntansi | RADAR BOGOR

BOGOR RADAR BOGORInstitut Kesatuan Bisnis dan Informatika (IBI) meluncurkan program studi (Prodi) baru pada Sabtu (23/7/2022) di aula gedung baru Kampus IBI Unity yaitu Magister Akuntansi.

Baca Juga: IBI Bogor Unity Dukung Kemenparekraf Tingkatkan Desa Wisata yang Berkualitas dan Berkelanjutan

Program Studi Magister Akuntansi IBI Unity (Maksi-IBI) merupakan program studi Magister Akuntansi pertama dengan dua pilihan konsentrasi di kota Bogor.

Bidang spesialisasinya meliputi Akuntansi Sektor Publik dan Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal.

Direktur Program Pascasarjana IBI Unity, David HM Hasibuan mengatakan, pembukaan program gelar Magister Akuntansi ini merupakan bentuk komitmen IBI Unity untuk memberikan kontribusi nyata dalam memenuhi kebutuhan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan berbenah di bidang akuntansi.

Kebutuhan akan staf yang mahir di bidang akuntansi dan keuangan di sektor publik berjalan seiring dengan pesatnya perkembangan organisasi sektor publik.

“Kebutuhan mencakup semua lini manajemen di organisasi sektor publik, tidak hanya staf eksekutif tetapi juga tingkat manajemen menengah ke atas,” katanya.

Magister Akuntansi IBI akan menerapkan kurikulum yang komprehensif dari segi teori dan praktek. Selain itu, para dosen yang bertugas juga memiliki pengalaman praktis dalam mata kuliah yang ditawarkan.

Ia berharap Magister Akuntansi IBI dapat menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang akuntansi publik, sehingga penyelenggaraan pengelolaan keuangan publik dapat transparan dan akuntabel.

Dijelaskan David, dengan konsentrasi pada Akuntansi Sektor Publik, mahasiswa diselaraskan untuk mengelola keuangan publik.

“Oleh karena itu, kami berharap kinerja pemerintah daerah dapat ditingkatkan dengan hadirnya lulusan magister ini,” imbuhnya.

Sedangkan pada konsentrasi Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal, mahasiswa lebih diarahkan untuk mengelola reksa dana agar menguntungkan dan mendorong perusahaan untuk go public.

“Selanjutnya diharapkan mahir di bidang keuangan dan pasar modal serta membantu percepatan pembangunan ekonomi Indonesia,” kata David.

Setelah menyelesaikan pelatihan Magister Akuntansi di IBI Unity, mahasiswa diharapkan menjadi akuntan pemerintah, manajemen akuntansi, audit sektor publik, pendidik dan peneliti.

Dikatakannya, program gelar Magister Akuntansi IBI Kesatua saat ini memiliki 28 mahasiswa.

“Ada 41 pendaftar tapi karena kami baru akan kami tutup. Kami menghargai membangun kualitas dan juga efektif dalam proses pembelajaran,” kata David.

Kedepannya, IBI Unity akan membuka pendaftaran mata kuliah ini setiap semester atau dua kali dalam setahun.

Selain Acara Grand Launching Magister Akuntansi, diadakan juga Seminar Akuntansi bertema “Peranan Akuntansi Sektor Publik dalam Pelaporan yang Komprehensif dan Berkelanjutan”. (cr1)

Penerbit: Joseph

Source: www.radarbogor.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button