Traveler ke Semarang jangan sampai melewatkan 7 pengalaman bersantap khas ini - WisataHits
Jawa Tengah

Traveler ke Semarang jangan sampai melewatkan 7 pengalaman bersantap khas ini

TEMPO.CO, jakarta – Semarang merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Tengah yang sering menjadi tujuan wisata. Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di sana, termasuk mencicipi berbagai kuliner khas.

Jika ke Semarang, jangan lupa untuk menikmati berbagai makanan khasnya. Berikut daftarnya:

  1. Wingko Babat

Wingko babat merupakan jajanan khas dari ibu kota Jawa Tengah yang memiliki rasa kelapa parut yang manis dan gurih. Hidangan tradisional ini terbuat dari tepung ketan, gula, telur dan margarin. Wingko kini hadir dengan modernisasi yang mencakup berbagai rasa.

  1. Tahu rambut gimbal

Tahu gimbal adalah makanan khas Semarang yang terbuat dari tahu goreng, sayuran, dan bakwan udang. Hidangan ini juga dilengkapi dengan saus kacang yang terbuat dari kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar. Olahan tahu gimbal juga memiliki potongan lontong dengan campuran beberapa sayuran membuat sajian ini semakin mengenyangkan.

  1. Lagu babat gong

Makanan khas Semarang ini adalah babat gongso. Masakan beraroma manis karena penambahan unsur kecap. Kata gongso berarti gorengan, yaitu hasil masakan ini disajikan tanpa kuah. Babat yang digunakan adalah babat segar yang dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan bumbu gongso.

  1. Mie Kopyok

Mie kopyok adalah makanan khas Semarang yang bisa disajikan saat cuaca dingin. Ditambah dengan topping daging sapi dan beberapa potongan tetelan yang membuat mie kopyok ini semakin istimewa.

  1. Tahu petis

Semarang juga punya masakan Tahu Petis. Tekstur petis tahu di semarang cukup padat, sehingga cukup mengenyangkan. Secara umum pengolahan tahu petis ini seperti tahu pada umumnya, namun yang membuat tahu petis ini menonjol adalah disajikan dengan kuah yang kental dan berwarna hitam pekat sebagai isian tahu. Atau bisa juga diketahui bahwa petis ini dinikmati dengan tambahan cabai rawit bagi pecinta pedas.

  1. Soto Bangkok

Soto Bangkok adalah soto ayam khas Semarang. Nama Bangkok berasal dari nama jalan tempat restoran Soto ala Semarang ini berada. Wisatawan yang ingin mencoba sajian kuliner ini bisa mampir di Jalan Brigjen Katamso Nomor 1, Semarang.

  1. Roti Ganjel Rel

Roti ganjel kereta api khas Semarang ini memiliki bentuk yang mengingatkan pada rel kereta api yang panjang dan tebal. Roti ganjel rail ini berukuran padat dan teksturnya kenyal. Namun dari segi kuliner, roti ini tetap nikmat disantap bersama teman-teman untuk ngopi atau teh di sore hari.

JENIATI ARTAULI TAMPUBOLONE

Baca juga: Wisata kuliner di Shanghai kuno, makanan lezat dengan suasana pedesaan Cina

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button