Tol Japek II Selatan Dipercepat, JKT-BDG Hanya 1 Jam Lebih Nyata - WisataHits
Jawa Barat

Tol Japek II Selatan Dipercepat, JKT-BDG Hanya 1 Jam Lebih Nyata

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menginginkan pembangunan jalan tol Jakarta Selatan-Cikampek (Japek) II selesai seluruhnya pada 2024.

Ia juga mengarahkan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk mempercepat penyelesaian konstruksi, khususnya Mekar Sadang Park Seksi 3 sepanjang 27,85 km.

“Kita upayakan selesai pada 2024. Untuk Idul Fitri 2023 kita upayakan untuk mencapai Gerbang Sukabungah, sedangkan pada tahun 2024 akan selesai hingga Gerbang Jatiasih,” kata Basuki dalam keterangan yang dirilis, Kamis (22/9/2022).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN





Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi Japek II Selatan pada Selasa (20/9/2022).Foto: Dok Kementerian PUPR
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi Japek II Selatan pada Selasa (20/9/2022).

“Kami akan menyelesaikan seksi Sadang-Kutanagara sepanjang 9 km awalnya pada Desember 2022 untuk mendukung arus liburan Natal dan Tahun Baru. Kita akan melihat bahwa masalahnya adalah masalah keuangan. Saya sudah menghubungi Wakil Menteri BUMN untuk mendorong PT Jasa Marga mempercepat penyelesaian pekerjaan konstruksi yang sudah mencapai 67%,” tambah Basuki.

Dengan mekanisme tersebut, Menteri Basuki berharap PT Waskita Karya (Persero) sebagai operator konstruksi dapat fokus menyelesaikan pengerjaan Tol Japek II Selatan.

Tol Japek II Selatan merupakan Proyek Strategis Nasional yang dibangun melalui pendanaan dari APBN/APBD, BUMN dan swasta bekerjasama dengan BUJT PT Jasa Marga dan PT Wira Nusantara Bumi.





Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi Japek II Selatan pada Selasa (20/9/2022).Foto: Dok Kementerian PUPR
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi Japek II Selatan pada Selasa (20/9/2022).

Jalan Tol Jakarta Selatan-Cikampek II membentang sepanjang 64 km dengan biaya modal Rp 14,69 triliun selama masa konsesi 35 tahun.

Pembangunan jalan tol ini terbagi menjadi 3 (tiga) seksi yaitu Seksi 1 Jatiasih-Setu sepanjang 9,3 km, Seksi 2 Setu-Taman Mekar sepanjang 24,85 km dan Seksi 3 Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 km.

Secara konstruksi, jalan tol ini akan memiliki 7 pintu tol (GT), yaitu GT Jatiasih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara dan GT Sadang.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan menghubungkan jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, JORR 2 dan Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) di Jawa Barat.

Hal ini dimaksudkan untuk mendukung pengembangan kawasan industri, pemukiman dan pariwisata di sepanjang jalur tol. Selain itu juga menjadi jalur alternatif bagi masyarakat Jakarta-Bandung atau sebaliknya.

[Gambas:Video CNBC]

artikel berikutnya

Jakarta-Bandung kurang dari 1 jam lewat tol ini, ongkosnya murah?

(dce)

Source: www.cnbcindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button