TMMD ke-115, Upaya Pengentasan Kemiskinan dengan Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Desa – Detik Acara - WisataHits
Jawa Barat

TMMD ke-115, Upaya Pengentasan Kemiskinan dengan Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Desa – Detik Acara

Bogor-TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) untuk TA ke-115. 2022, yang pada hari ini, Selasa (11/10/2022) di 4 Kabupaten Jawa Barat dan Banten yang merupakan wilayah teritorial Kodam III mengusung tema “Dedikasi Terbaik TMMD Membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia/ Seri SLW, resmi dibuka pada waktu yang bersamaan. Upacara peresmian pembukaan TMMD dilakukan langsung oleh bupati masing-masing kabupaten.

Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Slw Letkol Adhe Hansen membenarkan pembukaan TMMD ke-115 kepada tim media di media center Kodam III/SLW Jl. Aceh No. 69, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/11/2022).

“Kegiatan TMMD ke-115. Pada tahun 2022 tingkat Kodam III/Slw akan diselenggarakan di wilayah Kodim 0621/Kab. Korem Bogor 061/SK, Kodim 0612/Tasikmalaya Korem 062/TN, Kodim 0605/Subang Korem 063/SGJ dan Kodim 0602/Serang Korem 064/MY hari ini, Selasa (10/11/2022) serentak oleh Bupati atau Pejabat yang ditunjuk masing-masing kabupaten,” ujarnya.

TMMD berlangsung selama 30 hari dari 11 Oktober hingga 9 November 2022. Sebelumnya, TMMD melakukan pra-TMMD di setiap wilayah sasaran dengan harapan dapat tercapai tepat waktu dan tepat sasaran.

Sedangkan tujuan kegiatan TMMD antara lain sasaran fisik dan non fisik, konsultasi fisik berupa membangun sarana dan prasarana sesuai kebutuhan masyarakat di masing-masing wilayah, kegiatan non fisik lainnya dilakukan kegiatan konsultasi untuk wawasan kebangsaan dan bela negara, Nasehat bahaya anak stunting, protokol kesehatan, Posyandu, pengobatan massal dan KB sehat.

Pembukaan TMMD di Kodim 0621/Kab. Bogor, bertempat di Kp. Riding Ds. Kabupaten Banyu Asih. Cigudeg Cab.Bogor. Ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan protokol serah terima program TMMD oleh sekda. Bogor ke Dandim 0621/cab. Bogor dan Sekda serah terima secara simbolis peralatan TMMD kepada anggota TMMD.

Kapendam menambahkan, Kasdam III/Slw Brigjen Widjanarko, S.Sos., hadir pada pembukaan TMMD ke-115 di Kodim 0602/Serang yang bertempat di Ds. Telaga Luhur Kec. Waringin Kurung Kab.Serangan di Provinsi Banten. Kemudian Irdam III/Slw Brigjen Dadang Arif Abdurahman hadir di Kodim 0612/Tasikmalaya di SD/SMP Satap Kp. Daerah. Cilumpang Rt.02/04 Ds. Kecamatan Cikadongdong. Bojong Asih Kab Tasikmalaya dan Kapuk Sahli Brigjen Strong Budiman, SIP menghadiri pembukaan TMMD ke-115 di Kodim 0605/Subang yang bertempat di Sadar Ds. Kecamatan Jalupang. Kalijati Cab.Subang Prov. Jawa barat.

Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo yang juga membawahi TMMD Operations Control (PKO), melihat langsung progres pekerjaan peningkatan kualitas jalan yang merupakan salah satu sasaran fisik program TMMD Kodim, pada hari pembukaan. dari TMMD 0621/cab. Bogor.

Pekerjaan peningkatan kualitas jalan penghubung Desa Banyuasih, Kec. Cigudeg dengan Desa Rabak, Kec. Rumpin yang memiliki panjang 1.700 meter dan lebar 10 meter dan sedang dalam pengerjaan per 1 Oktober 2022, kini telah mencapai progres 53% dan dijadwalkan selesai pada 9 November 2022.

Pangdam menyampaikan kepada tim media bahwa jajaran Kodam III/Slw pasti akan mendukung proses percepatan program di pemerintahan. TMMD ke-115 Tahun 2022 juga merupakan bentuk respon atas instruksi Presiden Republik Indonesia untuk “membasmi pengentasan kemiskinan dengan mengembangkan infrastruktur yang ada di desa”.

“TMMD merupakan operasi pengabdian TNI yang dilakukan secara terpadu dan lintas sektoral dengan kementerian/LPNK, pemerintah daerah dan komponen kota untuk membantu percepatan pembangunan di daerah,” kata Pangdam.

Pangdam berharap masyarakat sekitar dapat menerima infrastruktur yang akan dibangun nantinya, mengoptimalkan pemanfaatannya dan bekerjasama dengan potensi daerah sebagai hal yang baru seperti tempat wisata, pertanian dan perkebunan.

Usai meninjau pembangunan jalan tersebut, Pangdam memberikan bantuan sosial berupa paket sembako yang secara simbolis diberikan kepada 10 warga sekitar, kemudian Pangdam beserta rombongan mengunjungi Situ Nyungcung di Desa Kampung Sawah, Kec. Rumpin Cab.Bogor.

(Mayor Amir/Pendam III/Siliwangi).

Source: www.detikperistiwa.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button