Tingkatkan Keterampilan Kampung Kue Rungkut, UHW Perbanas Gelar Pelatihan - WisataHits
Jawa Timur

Tingkatkan Keterampilan Kampung Kue Rungkut, UHW Perbanas Gelar Pelatihan

Pelatihan Pelaporan E-Comprehensive di Desa Kue Rungkut, Surabaya.  (Foto UHW Perbanas/jatimnow.com)

Pelatihan Pelaporan E-Comprehensive di Desa Kue Rungkut, Surabaya. (Foto UHW Perbanas/jatimnow.com)

Surabaya – Potensi luar biasa Kampung Kue Rungkut, Surabaya menjadi perhatian tim pengajar di Universitas Hayam Wuruk Perbanas. Sejak diresmikan sebagai Kampung Wisata Kuliner Rungkut Surabaya oleh Walikota Surabaya Februari lalu, para pelaku bisnis lokal semakin antusias untuk meningkatkan keterampilan agar semakin populer.

Ketua Tim Dosen Pelayanan UHW Perbanas Mochamad Nurhadi mengatakan Kampung Kue Rungkut merupakan tempat yang tepat untuk mewujudkan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk implementasi Tridharma Perguruan Tinggi. UHW Perbanas menerima hibah pengabdian masyarakat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) pada tahun 2022.

Dengan judul “Meningkatkan Kemampuan Penghasil Kampung Kue Melalui Pelaporan E-Comprehensive Dalam Mendukung Terwujudnya Desa Wisata Kuliner Rungkut Surabaya”, UHW Perbanas bersama Supriyati dan Yudha Herlambang mengembangkan sistem informasi yang terintegrasi dan mendukung dalam bentuk pelatihan di Desa Kue Rungkut, Surabaya.

“Tahun lalu kami sudah menyiapkan website untuk Kampung Kue Surabaya dan pelatihan pengelolaannya. Saat ini kami menawarkan dukungan dalam bentuk alat tulis untuk meningkatkan produksi. Selain itu, kami juga membantu penyusunan strategi pemasaran dan peningkatan kompetensi personel,” kata Nurhadi dalam siaran tertulis, Minggu (24 Juli 2022).

Pelatihan Pelaporan E-Comprehensive di Desa Kue Rungkut. Pelatihan Pelaporan E-Comprehensive di Desa Kue Rungkut.

Meski begitu, kata Nurhadi, perluasan jaringan juga terus dibangun untuk memperkuat kapasitas produksi dan sumber daya manusia. Dia mencontohkan kerjasama, bekerja sama dengan pemasok bahan baku, koperasi, perbankan dan pemerintah.

“Nantinya, sistem integrasi ini akan diwujudkan dalam pencatatan transaksi keuangan para pelaku ekonomi yang tergabung dalam paguyuban kue desa dengan pemasok bahan baku (misal koperasi) dan semuanya dikemas dalam E-Comprehensive Reporting. Jadi kami menambahkan aplikasi dari website yang ada www.kampungkuesby.com untuk mempermudah perekaman,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu pengusaha Pawon Kue, Khoirul Mahpuduah, mengaku senang masih bekerja sama dengan UHW Perbanas untuk mempopulerkan Kampung Kue Rungkut. Sebelum pelatihan, pihaknya diajak untuk mengevaluasi sistem yang sudah ada.

“Ketika kampung kue ini sudah berkembang, Pelatihan Pelaporan E-Comprehensive ini bisa melihat perkembangannya dan semuanya akan lebih baik terekam dalam sistem,” ujar Khoirul.

Source: m.jatimnow.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button