Tiket dan Atraksi BUKIT MONGKRANG Lawu - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi BUKIT MONGKRANG Lawu

Tiket dan Atraksi BUKIT MONGKRANG Lawu

Harga tiket masuk ke Bukit Mongkrang: Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Jam buka: 07:00-14:00 WIB. Nomor telepon: -. Alamat: Kawasan Hutan, Tlogo, Dringo, Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57792.

Tidak semua orang suka mendaki gunung. Selain membutuhkan fisik yang kokoh, tantangannya juga banyak dan tidak bisa diprediksi. Tapi, mendaki Bukit Monkrang Karanganyar mungkin akan menarik bagi banyak orang.

Salah satu destinasi wisata populer di Karanganyar adalah di kawasan Pegunungan Lawu. Bukit Mongkrang kerap menjadi tempat yang cocok bagi para pemula untuk mengasah kemampuan mendakinya. Dataran tinggi ini juga memiliki pemandangan indah yang bisa dijadikan latar belakang spot foto yang menarik.

Tiket masuk ke bukit Mongkrang

Untuk memasuki kawasan Bukit Mongkrang, pengunjung perlu membayar tiket masuk dengan harga yang sangat terjangkau. Ada biaya tambahan bagi pengunjung yang ingin berkemah.

Biaya masuk
Tiket Masuk Tek Tok Rp 10.000
Tiket perkemahan Rp 15.000

Baca: Harga Tiket Masuk Sakura Hills Karanganyar dan Wahana Gaya Jepang

Jam buka

Bukit ini terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Saat liburan, kunjungan akan meningkat dan membuat tempat ini ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pendakian di pagi atau sore hari sangat dianjurkan untuk menghindari terik matahari di siang hari.

Jam operasional
Penghitung Tek-Tok 07.00 – 14.00
Panjat tebing 07.00 – 22.00

Pesona Bukit Mongkrang

Bukit MonkrangBukit Mongkrang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Karanganyar – Foto: Google Maps/Rahmat Fauzan Dwi Hargo Putro

Bukit Mongkrang merupakan bukit savana yang berada di ketinggian 2.197 meter di atas permukaan laut, juga berada di kawasan yang sama dengan Gunung Lawu, bukit ini dekat dengan perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kondisi geografisnya yang didominasi hamparan rerumputan diselingi ilalang, menawarkan panorama yang indah dan menyegarkan mata.

Baca: Tiket Masuk CATHO CANDI dan 5 Atraksi Menakjubkan

Kawasan yang merupakan kawasan wisata ini sebenarnya terdiri dari dua puncak yaitu candi Mongkrang 1 dan candi 2. Wisatawan biasanya hanya mendaki ke puncak candi Mongkrang 1.

Namun, jika kondisi fisik Anda prima, tidak ada salahnya melanjutkan perjalanan ke Bukit Mongkrang. Konturnya yang landai dan dilengkapi dengan jalur pejalan kaki menjadikan tempat wisata ini alternatif yang menyenangkan untuk kegiatan rekreasi alam.

Baca: 12 Tempat Wisata Terbaik di Karanganyar

pendakian ringan

Parkir TlogodringoLapangan Tlogodringo yang menjadi tempat parkir wisatawan Bukit Mongkrang – Foto: Google Maps/Koh Halim

Bukit Mongkrang adalah alternatif yang sempurna untuk pendaki pemula. Sebelum bergegas ke Gunung Lawu dan gunung lainnya, bagi yang belum punya pengalaman, lebih baik beradaptasi dengan arena yang paling mudah. Bukit Mongkrang adalah salah satunya.

JalurJalurnya landai dan bisa digunakan oleh siapa saja tanpa perlu keahlian khusus mendaki – Foto: Google Maps/Imam Sujatmiko

Untuk menuju puncak, wisatawan harus berjalan kaki dari tempat parkir. Jangan bayangkan jalan sulit yang melewati tepi jurang atau menembus hutan. Di sini, kontur bukitnya cenderung landai, minim rintangan. Jalur yang tersedia cukup luas dan nyaman.

Baca: Candi Sukuh Karanganyar Keunikan Candi Terakhir Zaman Hindu

Dengan fisik yang prima, perjalanan menuju puncak bisa ditempuh dalam waktu kurang dari satu jam. Perjalanan panjang tidak akan terlalu terasa dengan pemandangan indah yang menghiasi sekitar. Ditemani teman dan kerabat, “mendaki” bukit Mongkrang pasti akan lebih seru.

Padang rumput

Hamparan ilalang diselimuti kabutHamparan rerumputan dan ilalang berselimut kabut di kawasan Bukit Mongkrang – Foto: Google Maps/RideR SFU

Bukit ini dipenuhi rerumputan dan ilalang di beberapa tempat. Tempat ini biasanya menarik perhatian, terutama di kalangan muda pemburu selfie.

Selama musim hujan, pemandangannya hijau dan rerumputan yang bergoyang tertiup angin sangat indah dan spektakuler. Siapapun pasti senang jika belum berfoto di antara deretan tumbuhan liar tersebut.

Baca: Tiket Masuk Cemoro Kandang Karanganyar dan Pesona Alam

Meski tak diwarnai panorama hijau, bukit Mongkrang di musim kemarau tak kalah menarik. Warna coklat dari rerumputan kering menciptakan pemandangan yang menakjubkan. Di hari yang cerah, pemandangan Gunung Lawu di kejauhan semakin memanjakan mata.

Panorama Gunung Lawu dilihat dari Bukit MongkrangSekilas Gunung Lawu dilihat dari atas bukit pada hari yang cerah – Foto: Google Maps/muhtasib aziz

Rumput bukan berarti membuat perjalanan aman dan nyaman. Gunakan celana panjang agar kaki tidak sakit saat terkena rerumputan kering. Meski tidak terlalu lama, tetap pilih sepatu yang nyaman seperti sendal gunung untuk mengurangi risiko pegal linu.

Berkemah? Ya!

Perkemahan kelas atasPemasangan tenda dan camping dikelilingi rerumputan – FOTO: Google Maps/choklat 88

Dengan medannya yang landai, tak heran Bukit Mongkrang menjadi salah satu tempat favorit untuk berkemah. Banyak wisatawan yang tidak ingin melewatkan pemandangan matahari terbit di puncak bukit, sehingga sengaja mendirikan tenda di sana.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas LAWU PARK Tawangmangu

Hanya saja, ada hal yang perlu diperhatikan sebelum mengadakan acara berkemah di sini. Pertama-tama siapkan pakaian hangat yang cukup, apalagi jika ingin berkemah di musim kemarau. Angin dingin masih akan bertiup di area ini, jadi tetaplah hangat.

Pemandangan matahari terbit dari Bukit MongkrangPanorama matahari terbit terlihat dari atas bukit – FOTO: Google Maps/Vinda Hermawati

Kedua, tidak memiliki api unggun. Kondisi bukit yang tertutup rerumputan memudahkan terjadinya kebakaran, terutama saat musim kemarau. Ingat juga untuk selalu menjaga kebersihan dan membawa pulang sampah.

Meredakan

Sebagai tempat wisata alam yang benar-benar alami, fasilitas MCK tidak bisa ditemukan di daerah perbukitan. Tempat parkir mobil menempati Alun-alun Tlogodringo. Sepanjang jalan menuju puncak banyak penjual makanan dan minuman untuk memuaskan rasa lapar Anda.

Lokasi Gunung Mongkrang

Kawasan wisata perbukitan ini berada di kawasan Pegunungan Lawu, dekat perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur tepatnya di kawasan Tlogodringo, desa Gondosuli, kecamatan Tawangmangu, kabupaten asal Karanganyar. Dari arah barat dan timur, Bukit Mongkrang hanya bisa diakses melalui Jalan Raya Matesih-Tawangmangu. Dari lapangan, dibutuhkan waktu sekitar 60 menit berjalan kaki menuju puncak Mongkrang 1.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button