Museum Kereta Api Ambarawa, museum unik dengan koleksi kereta api terlengkap - WisataHits
wisatahits

Museum Kereta Api Ambarawa, museum unik dengan koleksi kereta api terlengkap

Museum Kereta Api Ambarawa salah satu tempat wisata sejarah di semarang yang wajib dikunjungi pendidikan yang direkomendasikan. Museum unik yang memiliki koleksi kereta api dari Hindia Belanda hingga Republik Indonesia pra-kemerdekaan.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Long Kidul No.1, Panjang, Kec. Ambarawa, Kota Semarang, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Museum Ambarawa pernah menjadi stasiun kereta api yang berfungsi. Namun seiring berjalannya waktu, stasiun tersebut mulai berubah menjadi museum. Berbagai kereta di sana selalu bergaya klasik dan unik. Tempat ini terletak di Kabupaten Semarang tepatnya.

Perlu Anda ketahui bahwa stasiun yang saat ini menjadi tempat wisata menyandang nama asli stasiun Willem I. Stasiun Willem I didirikan pada tahun 1873. Pada awal pembangunannya, stasiun ini terbuat dari kayu, namun seiring berjalannya waktu materialnya diganti berupa batu bata. Selain itu, Stasiun Willem I menjadi Museum Kereta Api Ambarawa pertama di Indonesia.

Sehingga pengunjung dapat melihat dan menyaksikan teknologi kuno di museum ini. Biasanya lokasi museum juga digunakan sebagai tempat pemotretan, pameran, workshop, dll. Jadi pengunjung tidak hanya berwisata, tetapi juga mendapatkan pengalaman baru. Berbagai keunikan yang dihadirkan di sana membuat siapapun ingin segera mengunjungi Museum Ambarawa.

Atraksi Museum Kereta Api Ambarawa

Atraksi di Museum Kereta Api AmbarawaKredit gambar: Hanya Google Maps Kurik

Terkenal dengan sejarah pendirian dan transisinya, Museum Ambarawa saat ini menjadi objek wisata sekaligus lembaga pendidikan. Bagaimana tidak, berbagai atraksi yang dihadirkan di sana seolah membius para wisatawan yang mengunjunginya.

1. Memiliki cerita yang menarik

Keunikan pertama yang menjadikan Museum Kereta Api Ambarawa sebagai objek wisata adalah sejarahnya. Pasalnya, tempat stasiun ini semula sudah tidak beroperasi sejak lokomotif uap tua dibongkar. Hal ini menyebabkan berbagai lokomotif yang tersisa menjadi sampah yang tidak berguna.

Hingga tahun berikutnya, jalur kereta api yang mengangkut penumpang dari Yogyakarta ke Magelang ditutup. Hal ini disebabkan oleh bencana alam berupa banjir lahar Gunung Merapi. Sehingga penutupan jalur tersebut berdampak pada sistem operasi stasiun Willem I. Tak lama setelah bencana alam, stasiun Willem ditutup.

Stasiun Willem kini telah berubah nama menjadi Museum Kereta Api Ambarawa. Berubah menjadi museum tentunya dengan mempertimbangkan berbagai hal. Alih-alih sebuah bangunan yang masih dalam kondisi baik, tidak terawat, itulah sebabnya pada tahun 1976 menjadi objek wisata. Tentu saja ada penambahan pembangunan fasilitas pengunjung.

2. Tempat Foto Klasik

Karena merupakan salah satu museum Indonesia, museum Ambarawa memiliki gerbong kereta yang nyata. Selain itu juga dilengkapi dengan kokpit. Sehingga anak-anak bisa sekaligus belajar menjadi masinis.

Tempat yang dulunya stasiun kereta api ini masih memiliki perhentian kereta api. Yang tentunya kini telah mengalami banyak perubahan dari tahun ke tahun. Ada juga rel kereta api yang akan menghidupkan jejaring sosial Anda.

3. Saya belajar banyak tentang pengembangan kereta api

Selain jalan-jalan, Anda juga bisa belajar tentang sejarah perkembangan kereta api dari waktu ke waktu. Seperti yang kita ketahui teknologi berkembang dengan pesat. Hal ini terlihat pada kereta api yang sebelumnya hanya menggunakan energi uap, yang dapat diubah menjadi energi listrik.

Saat Anda memasuki area museum, Anda akan melihat wawasan menarik tentang perkembangan kereta api dari tahun 1840. Yang kemudian berlanjut hingga hari ini. Selain itu, sejarah yang diekspos juga memuat informasi seperti ciri-ciri masing-masing zaman.

4. Saksikan lokomotif uap secara langsung

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki adalah pengunjung bisa melihat langsung mesin uap tersebut. Dimana saat ini sangat sulit untuk menemukan benda-benda unik tersebut. Anda juga harus tahu bahwa negara kita memiliki mesin uap sendiri. Anda sekarang dapat melihat mesin uap di Museum Ambarawa.

Mesin-mesin yang terletak berjajar di rel kereta api juga memiliki informasinya masing-masing. Ada juga saat kereta uap diproduksi. Karena ini adalah barang antik yang telah ada selama bertahun-tahun, perhatian khusus harus diberikan. Sedangkan pengunjung dilarang menaiki lokomotif yang ada disana.

5. Memiliki Peralatan Operasional Lama

Bagi Anda yang menyukai barang antik dan memiliki nilai sejarah, Museum Kereta Api Ambarawa memiliki apa yang Anda inginkan. Bahkan museum ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan mesin kereta tua saja. Tetapi juga berbagai peralatan masa lalu lainnya. Beberapa di antaranya adalah topi masinis, mesin tik, telepon dan masih banyak lagi.

Di antara berbagai barang antik yang ada, ada beberapa yang tidak boleh dijamah. Jadi ada elemen yang hanya bisa dilihat, seperti peralatan pengoperasian kereta api. Alat itu sengaja ditempatkan di jendela yang terkunci.

Alamat dan Rute Menuju Tempat Wisata Museum Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa alamatKredit Gambar: Google Maps priyo panji utomo

Museum Kereta Api Ambarawa terletak di Kabupaten Semarang, tepatnya di Kecamatan Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Ada beberapa jalur yang bisa ditempuh untuk menuju tempat wisata ini. Jika Anda mulai berkendara di jalan pusat kota Semarang, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Jl. Tembalang. Setelah itu anda bisa mengikuti jalan tersebut hingga sampai di Ungaran – Bawen.

Selain jalur ini, ada juga jalur menuju Museum Kereta Api yang berangkat dari beberapa titik. Misalnya dari Jogja, rute yang harus Anda tempuh pun lebih mudah. Karena Anda hanya perlu berkendara menuju Kota Semarang, tepatnya ke Tugu Palagan Ambarawa. Dari lokasi ini, Anda dapat menemukan Museum Ambarawa dengan berkendara beberapa menit.

Selain dari Jogja, pengunjung juga bisa mengambil rute yang berangkat dari kawasan Solo. Bagi yang ingin mengunjungi museum ini melalui jalan Kabupaten Solo bisa langsung melalui jalan Salatiga. Saat berada di Jembatan Tuntang, Anda bisa langsung belok kiri hingga sampai di Monumen Keraton Ambarawa.

Harga Tiket Masuk Museum Kereta Api Ambarawa

Tiket Museum Kereta Api AmbarawaKredit gambar: Google Maps Museum Kereta Api Ambarawa

Menjadi museum kereta api pertama di Indonesia, tempat ini tidak perlu diragukan lagi. Terutama untuk masalah destinasi wisata klasik. Jadi jangan heran apa yang ada di museum, pengunjung harus memiliki tiket masuk terlebih dahulu. Untuk mendapatkannya bisa langsung ke loket.

Harga tiket masuk untuk dewasa berkisar Rp 10.000 sedangkan untuk anak-anak porsinya cukup membayar hanya Rp 5.000. Tentunya harga tersebut pasti sepadan dengan apa yang akan Anda dapatkan di museum.

Bagi Anda yang ingin bepergian dengan kereta api dengan gerbong kayu, tentunya ada biaya tambahan. Jumlahnya sekitar Rp 50.000. Meski begitu, kereta klasik ini tidak bisa berjalan setiap hari. Sabtu saja dan Minggu saja.

Jam operasional tempat wisata Museum Kereta Api Ambarawa adalah pukul 08:00 – 17:00 WIB. Jadi cobalah untuk menyesuaikan diri di antara waktu-waktu ini. Museum Ambarawa memang menjadi tempat yang tepat untuk sarana edukasi anak-anak traveling.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Museum Ambarawa

Aktivitas Museum Kereta Api AmbarawaKredit Gambar: Google Maps Andhen Lau

1. Naik kereta untuk berkeliling

Aktivitas yang menyenangkan di Museum Kereta Api Ambarawa adalah berkeliling ke pekarangan menggunakan kereta tua. Di museum, Anda bisa merasakan sensasi menaiki kereta tua yang masih unik dengan gerbong kayu. Apalagi untuk jalan raya sendiri masih menggunakan teknologi diesel.

Meski begitu, gerbong kereta yang tersedia hanya tiga. Jadi jumlahnya sebenarnya sangat terbatas untuk pengunjung yang terkadang membludak.

2. Perburuan Foto Instagram

Tidak diragukan lagi salah satu daya tarik museum ini adalah spot foto yang instagenic. Jadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan disini adalah hunting foto. Bangunan ini begitu estetis menarik bagi siapa saja untuk berpose di depannya. Selain itu, tidak jauh dari bangunan utama Anda akan menemukan sebuah bangunan kecil yang merupakan stasiun mini.

Sehingga pengunjung memiliki perasaan berwisata di masa lalu. Bagaimana tidak, background klasik akan membuat foto Anda lebih estetis.

3. Belanja oleh-oleh

Museum Kabupaten Semarang juga dekat dengan toko suvenir. Pasalnya, berlibur dan pulang kampung tanpa membawa kenangan, terkesan kurang berkesan. Untuk itu, Anda bisa berbelanja sepuasnya dengan membeli oleh-oleh yang ada.

Membeli berbagai replika kereta dari tahun ke tahun pasti sangat menyenangkan. Terutama bagi Anda yang menyukai miniatur barang antik.

Fasilitas yang tersedia di Museum Kereta Api Ambarawa

Fasilitas Museum Kereta Api AmbarawaKredit gambar: Google Maps BD Saraswati

Sebagai salah satu tempat wisata terkenal di Semarang, Museum Kereta Api telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang operasional. Sehingga pengunjung bisa betah berlama-lama disana. Beberapa fasilitas tersebut adalah:

1. Masjid

Tidak puas jalan-jalan, tapi azan sudah terdengar. Dari mana datangnya waktu sholat? Untuk situasi ini, tentu Anda membutuhkan tempat ibadah. Jangan khawatir, Museum Kereta Api Ambarawa memiliki mushola yang tersedia untuk pengunjung.

2. Kantin

Fasilitas Museum Ambarawa selanjutnya adalah warung makan atau kantin. Setelah lelah berjalan, perut menjadi keroncongan. Jadi tidak ada salahnya jika Anda berwisata kuliner di sekitar lokasi museum.

3. Pusat Informasi

Museum kereta api ini memiliki lokasi yang luas. Oleh karena itu, agar pengunjung tidak bingung, dibuatlah pusat informasi. Di sana Anda akan menemukan banyak hal yang berkaitan dengan museum serta isinya.

4. Area parkir

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan lahan parkir yang tersedia cukup luas. Sehingga kendaraan diperiksa dengan aman.

5. Toilet umum

Fasilitas penting yang tidak boleh dilewatkan adalah keberadaan toilet. Di objek wisata museum ini terdapat toilet khusus untuk pengunjung. Jadi Anda tidak akan bingung mencari tempat untuk kandung kemih atau usus Anda.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi lokasi epik dan klasik ini? Jika iya, Anda bisa langsung menuju Kota Semarang dan mengikuti rute di atas. Museum Kereta Api Ambarawa akan membuat Anda serasa kembali ke masa kolonial Belanda. Pemandangan unik dari kereta uap, mesin tik, rel kereta api, dan banyak lagi. Karena dikelola dengan baik, museum ini masih terawat dengan baik hingga saat ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button