Tiket dan Aktivitas CURUG LEUWI HEJO Sentul - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas CURUG LEUWI HEJO Sentul

Tiket dan Aktivitas CURUG LEUWI HEJO Sentul

Harga tiket masuk Curug Leuwi Hejo: Rp 25.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16830.

Air Terjun Leuwi Hejo merupakan air terjun yang terletak di kawasan Sentul Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Konon nama Leuwi Hejo ini karena jika terkena sinar matahari, airnya akan berwarna hijau. Keunikan dari wisata ini adalah suasananya yang alami, medan yang menantang dan keindahan airnya yang hijau jernih.

Wisata ini semakin populer di kalangan wisatawan sejak awal tahun 2015. Air terjun ini berada di kawasan hutan RPH Babakan Madang BKPH Bogor. Dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan Wana Sejahtera, Desa Karang Tengah.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Leuwi Hejo

Wisatawan yang datang ke air terjun ini harus membayar tiket masuk yang cukup murah. Harga tiket masuk air terjun ini berlaku sama pada hari kerja dan akhir pekan. Beberapa catatan dari pengunjung yang pernah mengunjungi air terjun ini, wisatawan harus berhati-hati karena banyak penyadapan ilegal di sekitar air terjun.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Leuwi Hejo
Tiket Masuk Gerbang Pertama Rp 25.000
Tiket masuk Curug Rp 25.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Curug Bidadari Sentul

Jam Buka Curug Leuwi Hejo

Air terjun ini buka setiap hari. Buka dari pagi hingga sore hari. Waktu terbaik untuk datang adalah pagi atau sore hari karena suasananya sudah mulai tenang.

Jam operasional
Senin minggu 24 jam

Kegiatan dan tempat wisata

Kejernihan dan keindahan Air Terjun Leuwi Hejo BogorNikmati keindahan dan kejernihan Air Terjun Leuwi Hejo yang menyegarkan. Foto: Google Maps/Satria Ally

Wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas untuk menikmati liburan di Curug Leuwi Hejo. Keindahannya terpancar dari perjalanan menuju tempat wisata tersebut. Dengan panorama perbukitan hijau dan air terjun, menjadi sajian unik tersendiri.

Daya tarik utama Curug Leuwi Hejo adalah warna airnya. Danau di bawah air terjun memberikan pantulan cahaya pirus. Airnya segar dan alami air pegunungan yang dingin. Saat Anda di sini, berikut adalah beberapa kegiatan menarik:

Pendakian ringan ke Curug Leuwi Hejo

hiking dan trekking ke air terjun leuwi hejoSelain menikmati kesejukan air terjun, berkunjung ke sini juga menyehatkan karena pengunjung akan melakukan trekking menuju lokasi air terjun. Foto: Google Maps/Z Nasution

Mulai dari tempat parkir, wisatawan akan menempuh rute tersebut lintas alam minimal 20-30 menit ke Leuwi Hejo. Sedangkan medan menuju air terjun berupa jalan tanah dan undakan batu. Jejaknya cukup landai dengan tanjakan landai yang relatif aman. Bahkan untuk anak-anak sekalipun.

Selama lintas alam, wisatawan dapat menikmati keindahan pegunungan hijau dan gemuruh air di sepanjang sungai. Jika beruntung, wisatawan bisa melihat gerombolan kera yang berlompatan di pepohonan sekitar perbukitan.

Baca: Tiket Masuk dan Spot Foto Eco Art Park Sentul

Setelah mendekati air terjun, wisatawan akan melintasi jembatan bambu sederhana buatan penduduk setempat. Ingatlah untuk memperhatikan faktor cuaca saat berkunjung dan membawa barang secukupnya untuk kenyamanan Anda.

Berenang dan bermain air

berenang di Air Terjun Leuwi HejoBerenang adalah kegiatan yang wajib dilakukan ketika mengunjungi Air Terjun Leuwi Hejo. Foto: Google Maps/Deny Saputra

Setelah lintas alam, lelah akan terbayar dengan keindahan air terjun Leuwi Hejo yang airnya berwarna hijau jernih. Di bagian yang sangat dangkal, warna air akan tampak sangat terang. Airnya dingin khas air pegunungan alami.

Keindahan pantulan air membuat wisatawan berenang dan basah kuyup. Wisatawan bisa berenang atau snorkeling di kedalaman ‘leuwi’. Mereka yang tidak bisa berenang bisa bermain air di sepanjang sungai.

Baca: Pasar Ah Pong Sentul 4 Aktivitas Terpopuler

Ada mitos bahwa air Leuwi Hejo memiliki khasiat penyembuhan alami bagi wisatawan. Menurut tokoh masyarakat setempat, air tersebut ampuh menyembuhkan gatal-gatal dan kelumpuhan anggota badan.

melompat dari tebing

Melompat dari bebatuan di tebing Curug Leuwi Hejo BogorJika ingin aktivitas yang sedikit lebih menantang, Anda bisa mencoba melompati tebing di sekitar air terjun sambil berhati-hati. Foto: Google Maps/Fadil Ahmed

Leuwi Hejo memiliki aliran air berwarna biru kehijauan yang diapit oleh beberapa tebing berbatu. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan menyebut air terjun ini sebagai Green Canyon versi mini.

Selain berenang, wisatawan biasanya bermain air dengan melompat dari tebing bebatuan. Untuk memanjat tebing, tersedia tali sebagai pegangan. Melakukan lompatan ini cukup aman karena kedalaman kolam di bawah air terjun sekitar 3 meter.

Baca: Tiket Masuk dan Spot Foto Puncak Mustika Manik

Tantangan adrenalin melompat dari ketinggian akan memberikan perasaan sejuk. Apalagi saat mencapai permukaan kolam dan tenggelam ke kedalamannya.

Nikmati lingkungan

lanskap hijau di sekitarSelain air terjun, pemandangan alam di sekitar Air Terjun Leuwi Hejo juga akan menyegarkan mata Anda. Foto: Google Maps/Deny Saputra

Curug Leuwi Hejo memiliki keistimewaan berupa kolam bertingkat yang terbentuk dari susunan batu. Karena airnya sangat jernih, dasar kolam bisa terlihat dengan jelas. Apalagi jika wisatawan naik ke atas, pemandangan air terjun semakin jelas.

Bagi wisatawan yang tidak ingin bermain air, bisa duduk-duduk di bebatuan sepanjang aliran sungai Leuwi Hejo. Di tepian anak sungai terdapat pepohonan rimbun yang membuat suasana rindang air terjun. Pemandangan alamnya bisa menenangkan pikiran, belum lagi suara gemericik air terjun.

Pemandangan ini tidak hanya disuguhkan di sekitar air terjun, melainkan dari perjalanan menuju lokasi. Di pagi hari, wisatawan bisa menikmati keindahannya Matahari terbit di belakang perbukitan.

Foto-foto indah dengan latar belakang air terjun

berfoto dengan latar air terjunJika sudah sampai di air terjun, jangan lupa untuk mengabadikan momen melawan curahan air terjun. Foto: Google Maps/Paisal Siregar

Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah berfoto bersama orang-orang terdekat. Air terjun yang berarus deras ini sering menjadi bahan foto dan selfie para wisatawan.

Tak hanya di sekitar air terjun, pemandangan indah pun tersaji dalam perjalanan menuju destinasi wisata. Dengan latar belakang sawah dan perbukitan yang sangat hijau Instagrammable. Beberapa titik sudah memiliki spot foto cantik yang diambil warga setempat.

Reda

Untuk keamanan, terdapat pos jaga di dekat lokasi air terjun. Ada juga layanan penyewaan pelampung untuk wisatawan. Selain itu, di lokasi air terjun juga terdapat tali sebagai pegangan di sungai.

Fasilitas seperti toilet, loker dan ruang ganti sudah cukup. Bagi wisatawan yang ingin bersantap tak perlu jauh-jauh mencari. Di sekitar sungai terdapat warung yang menjual makanan dan minuman.

Bagaimana menuju ke Curug Leuwi Hejo

Akses menuju lokasi air terjun tidaklah mudah. Infrastruktur jalan yang masih kurang baik dan kurangnya angkutan umum menuju ke sana. Ditambah dengan lokasi air terjun yang mengharuskan pengunjung melewati jalan desa.

Kendaraan pribadi

Jika pengunjung menggunakan mobil pribadi dari Jakarta, bisa melalui tol Jagorawi dan keluar di tol Citeureup (Cibinong). Kemudian ambil arah Sukamakmur dan tempuh sekitar 1 jam. Rute ini melewati jalan yang cukup lebar dan dapat ditempuh dengan mobil.

Jika menggunakan sepeda motor, Anda bisa menuju Jungleland Sentul. Kemudian dari Jungleland ambil arah Jl Raya Babakan menuju Curug Leuwi Hejo. Jaraknya sekitar 9 km dari kawasan Sentul.

Naik kereta ke Bogor

KA pinggiran kota dari stasiun CilebutBagi yang berencana ke Air Terjun Leuwi Hejo menggunakan kereta api bisa turun di Stasiun Cilebut dan dilanjutkan dengan menggunakan APTB. Foto: Google Maps/Sharon Excelli

Jika Anda menggunakan Moda kereta KRL commuter line dan berhenti di stasiun bogor, tidak ada angkutan umum yang langsung menuju air terjun. Sebaiknya wisatawan turun di stasiun Cilebut (satu stasiun sebelum stasiun Bogor). Dari stasiun ini Anda bisa menggunakan angkutan umum nomor 7 menuju Jalan Soleh Iskandar (atau sering disebut Jalan Baru).

Di Jalan Baru, Anda bisa menunggu bus APTB tujuan Jakarta dan turun di Belanova Sentul dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Kemudian dari sini bisa menggunakan transportasi seperti Grab atau Gojek. Lokasi tunggu lebih baik di depan mall Bellanova karena walaupun tepat di depan mall Bellanova, putar balik terdekat cukup jauh.

Baca: Tiket Masuk Jungleland Sentul dan 12 Wahana

Naik bus APTB

Jika Anda naik bus dari Jakarta, Anda bisa menggunakan APTB jurusan Jakarta Blok M – Jungleland. Turun di Jungleland Sentul dilanjutkan menggunakan Grab atau Gojek dengan jarak tempuh sekitar 9 km. Sedangkan angkutan umum menuju Air Terjun Leuwi Hejo masih minim.

Akomodasi di Curug Leuwi Hejo

Untuk penginapan yang dekat dengan air terjun dan cukup nyaman belum ada. Jika ingin menginap, Anda bisa memesan hotel, villa, resort atau homestay di kawasan Sentul. Dari kawasan Sentul ini (tergantung letak penginapan) menuju kawasan air terjun membutuhkan waktu sekitar setengah jam.

Harga akomodasi juga bervariasi tergantung jenis akomodasi. Namun pada umumnya penginapan bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 200.000 per malam hingga Rp 1.500.000 per malam.

Lokasi Air Terjun Leuwi Hejo

Air terjun ini terletak di Cibadak, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16830.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button