Ampelgading menjadi sentra alpukat unggulan - WisataHits
Jawa Tengah

Ampelgading menjadi sentra alpukat unggulan

KABUPATEN SEMARANG – Dusun Ampelgading, Desa Kenteng, Bandungan, Kabupaten Semarang akan menjadi sentra produksi alpukat berkualitas.

Hal itu disampaikan Bupati Semarang, Ngesti Nugraha usai menanam bibit alpukat dari PT PLN (Persero) Unit Pengembangan Jawa Tengah (PLN UIPJBT) di Dusun Ampelgading, Kamis (24/11/2022) pagi. Menurutnya, di Ampelgading, selain ketersediaan lahan yang luas, kawasan tersebut dinilai cocok untuk budidaya alpukat.

“Hari ini, dengan dukungan PT PLN, kami menanam 3.000 pohon alpukat jenis Pluwang yang berkualitas. Bulan depan akan ada bantuan sekitar 15.000 bibit alpukat dari pemerintah pusat (pemerintah). Kawasan Bandungan Atas menjadi sentra alpukat berkualitas tinggi,” jelasnya.

Alpukat dipilih untuk pengiriman karena buah ini memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Waktu panennya juga relatif singkat, sekitar tiga sampai empat tahun. Selain itu juga bisa menjadi tanaman tegakan pencegah longsor di dataran tinggi Bandungan.

“Alpukat Pluwang ini merupakan benih lokal premium yang telah tersertifikasi. Kami berharap hasilnya dapat dirasakan oleh warga desa tetangga Kenteng dan Candi,” ujarnya.

PT PLN UIP JBT, melalui Senior Manager Operasi Konstruksi II Achmadi Abas mengatakan, bantuan 3.000 bibit alpukat diberikan kepada kelompok tani, kelompok sadar wisata dan warga desa Kenteng dan Candi. Total ada 250 warga yang akan menanamnya di lahan seluas 29 hektar.

“Bantuan bibit tanaman ini merupakan bentuk kepedulian PT PLN terhadap pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan, khususnya bina lingkungan,” jelasnya.

Lurah Kenteng Nurtatik mengucapkan terima kasih atas kepedulian PT PLN terhadap kesejahteraan warga. Ia berharap dukungan dan kerjasama ini dapat terus berlanjut di masa mendatang.

Penulis : Junaedi, Diskominfo Kabupaten Semarang
Penerbit : Di Diskominfo Jawa Tengah

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button