Tiket & Aktivitas CURUG CIGAMEA - WisataHits
wisatahits

Tiket & Aktivitas CURUG CIGAMEA

Tiket & Aktivitas CURUG CIGAMEA

Harga tiket masuk Air Terjun Cigamea: Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Jam buka: 07h00-17h30. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Jl.Air Terjun Cigamea, Gn. Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810.

Air Terjun Cigamea memiliki dua air terjun yang berdampingan di tempat yang sama. Ketinggian kedua air terjun ini berbeda, masing-masing 30 meter dan 50 meter. Lokasinya paling dekat dengan pintu belakang kawasan wisata Gunung Salak Endah (GSE).

Kawasan wisata GSE tempat air terjun ini berada memiliki udara yang sejuk dan segar. Dikelilingi oleh pegunungan hijau, pemandangan alam yang begitu indah dan megah. Selain itu, akses ke air terjun relatif mudah dan banyak turis.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Cigamea

Wisatawan yang datang ke air terjun ini akan dikenakan biaya masuk yang cukup murah. Selain biaya masuk air terjun, pengunjung juga akan dikenakan tiket masuk ke Kawasan Konservasi Gunung Salak Endah (GSE).

Harga Tiket Masuk Air Terjun Cigamea
Tiket masuk Gunung Salak Endah Rp 15.000
Tiket Masuk Curug Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Curug Ciherang Bogor

Jam Buka Air Terjun Cigamea

Air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari. Baik hari biasa maupun akhir pagi hingga sore hari. Sedangkan untuk kawasan wisata konservasi GSE, pintu masuknya dibuka 24 jam sehari.

Jam kerja
Senin minggu 07.00 – 17.30

Beragam aktivitas wisata di air terjun Cigamea

Curug Cigamea Bogor memiliki dua air terjun yang berdekatan, masing-masing setinggi 30 dan 50 meterCurug Cigamea Bogor memiliki dua air terjun yang berdampingan, masing-masing setinggi 30 dan 50 meter. Foto: Google Maps/Dent Ary

Air Terjun Cigamea terletak paling dekat dengan pintu masuk utama kawasan wisata Gunung Salak Endah. Air terjun ini memiliki dua air terjun dengan ketinggian berbeda di tempat yang sama. Wisatawan yang datang sangat suka berfoto dengan latar dua air terjun tersebut.

Akses dari pintu masuk menuju air terjun cukup baik dengan adanya pagar pembatas. Namun saat hujan, wisatawan tidak diperbolehkan memasuki kawasan air terjun. Karena debit air bisa bertambah volumenya dalam waktu singkat.

Baca: 29 TEMPAT WISATA PALING SPEKTAKULER DI BOGOR

lintas alam

jalan menuju air terjunPendakian ringan menuju air terjun. Foto: Google Maps/Annas Zukhra

Curug Cigamea hanya berjarak 400 meter dari pintu masuk, sekitar 15 menit. Jalan akses dari pintu masuk ke air terjun ditata dengan hati-hati dengan balok beton berundak. Jalur tersebut dilengkapi dengan pagar pembatas.

Menuju air terjun, wisatawan menempuh jalur menurun. Deretan bukit memenuhi pemandangan di sepanjang jalan. Beberapa kera putih sering terlihat di pepohonan sekitar jalur pendakian ini. Kicauan burung turut mewarnai indahnya suasana yang mengelilinginya.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Curug Leuwi Hejo

Dari tangga konblock ini wisatawan bisa melihat ketinggian air terjun yang sebenarnya. Karena terlihat cukup jelas jika Anda memperhatikan sisi kiri tebing di depan Anda.

Menikmati keindahan air terjun

Air terjun Curug Cigamea yang kedua ini memiliki dinding batu berwarna merah bata dengan air yang tak kalah jernihnyaAir terjun Curug Cigamea yang kedua ini memiliki dinding batu berwarna merah bata dengan air yang tak kalah jernihnya. Foto: Instagram/dede_ulut

Curug Cigamea dikenal dengan Curug Bidadari. Air terjun ini memiliki dua air terjun yang berdampingan dengan ketinggian 30 meter dan 50 meter. Ketinggian sebenarnya dari air terjun ini tidak terlihat dari bawah, karena terhalang oleh pepohonan yang lebat.

Air terjun pertama dengan semburan air yang memancar terhampar, memiliki dinding tebing berwarna hitam dan terlihat sekeras batu karang. Air terjun kedua memancar dari tepi tebing di antara tanaman. Dindingnya berupa tebing kemerahan seperti tanah, dengan aliran air yang tetap jernih.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Air Terjun Sentul Bidadari Bogor

Percikan air membentuk gerimis hingga menghasilkan pelangi mini yang unik di air terjun ini. Di bawah air terjun terdapat bongkahan besar batu hitam legam. Di sekelilingnya terdapat pepohonan yang rimbun dengan kicauan burung menambah segarnya udara alam yang asri dengan pemandangan yang memikat.

bermain di air

Pengunjung bermain di kolam di bawah air terjunKarena kolam air terjun Cigamea bagian tengah cukup dalam, wisatawan bisa mandi atau bermain air dan merasakan kesejukan alirannya. Foto: Instagram/nadamulya12

Banyak wisatawan yang menikmati kesejukan air terjun sambil berdiri di bawah curahan air yang terlihat seperti rintik hujan. Kedua air terjun ini aman digunakan untuk mandi di kolam berwarna kehijauan.

Beberapa wisatawan juga suka berenang dan duduk di air sambil bermain di kolam di bawah air terjun. Tentunya dengan tidak melewati garis keamanan.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Air Terjun Seribu Bogor

Wisatawan tidak diperbolehkan berenang di kolam yang ada di dasar Curug Cigamea. Selain dalam, debit air bisa bertambah seketika. Wisatawan dilarang berenang di tengah kolam di luar batas zona.

Terapi Ikan

wisatawan melakukan terapi ikan di berbagai kolam khusus yang tersediaKolam terapi ikan banyak diminati wisatawan, Curug Cigamea Bogor dengan berbagai manfaat kesehatan. Foto: Google Maps/Annas Zukhra

Selain mengunjungi air terjun, wisatawan bisa mencoba terapi ikan. Terapi ikan ini bisa membuat kulit bersih karena memakan sel kulit mati. Gigitannya merangsang sel saraf, menghilangkan stress, peredaran darah menjadi lancar, dan anggota badan terasa segar kembali.

Lokasi pasta ikan ini berada di sepanjang jalan dan anak tangga menuju air terjun. Pengunjung yang ingin mencoba juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Hanya Rp 5.000 sudah bisa merendam kaki di kolam yang tersedia.

Camping dan Akomodasi di Air Terjun Cigamea

camping area dekat pintu masuk air terjun cigameaArea camping tidak jauh dari pintu masuk air terjun. Foto: Google Maps/Kang Roni

Suhu di kawasan Curug Cigamea cukup dingin, sekitar 20°C. dari pintu masuk ke perkebunan, pinus tampak mengesankan.

Area camping Curug Cigamea terletak cukup dekat dengan pintu masuk. Pinus setinggi beberapa puluh meter saling berdekatan di wilayah tersebut tempat perkemahan. Namun, sinar matahari tetap menyinari celah-celah daun.

Baca: Tiket Masuk CURUG NANGKA Bogor, Kegiatan dan Itinerary

Wisatawan bisa memanfaatkan momen berkemah ini untuk lebih dekat dengan alam. Bermalam di kawasan air terjun memberikan lebih banyak waktu untuk menjelajahi kawasan wisata.

deretan villa micahel resortMichael Resort merupakan salah satu penginapan di kawasan wisata Gunung Salak Endah. Foto: Google Maps/Christophorus Nino

Selain bermalam di bumi perkemahan, di sekitar kawasan air terjun juga terdapat penginapan. Lokasinya berada di kanan dan kiri jalan setapak menuju air terjun. Tapi tidak disarankan untuk memilih penginapan disini.

Selain terlihat terbengkalai, letak hostel ini juga cukup jauh dari jalan raya. Sehingga akan kesulitan jika ingin membeli kebutuhan pokok dan makan.

Lebih disarankan untuk memilih akomodasi di sepanjang jalan utama Kawasan Konservasi Gunung Salak Endah. Ada banyak akomodasi seperti resor dan vila di sini.

rubah terbang

Wahana Flying Fox ditawarkan bagi wisatawan Air Terjun Cigamea yang menyukai tantangan yang memacu adrenalin. Wahana ini buka setiap akhir pekan, dimana jumlah wisatawan meningkat dibanding hari biasa.

Sambil meluncur di atas gendongan baja, wisatawan bisa menikmati panorama kawasan dari ketinggian. Rasakan sensasi terbang menuju air terjun putih yang megah.

Kemudahan

Pengelola Kawasan Wisata Curug Cigamea telah membangun fasilitas yang memadai bagi wisatawan. Seperti gazebo, aula, mushola, ruang ganti dan toilet. Jumlah toilet yang disediakan mencapai 30 pintu toilet.

Di sepanjang jalur menuju air terjun, beberapa fasilitas umum berjejer rapi. Ada lebih dari 20 kios makanan dan minuman di antaranya.

Penjual cinderamata menjual pernak-pernik seperti baju dengan gambar air terjun Cigamea. Bahkan ada penginapan yang tersedia di kawasan dekat air terjun.

Mengakses

Obyek wisata air terjun ini terletak di desa Gunung Sari, kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Rute menuju lokasi wisata Curug Cigamea sangat mudah.

Dari arah Parung, wisatawan tinggal langsung menuju exit Semplak Bogor dan berjalan kaki menuju kampus IPB. Kemudian arah jalan Cemplang (Cibungbulang) – Pamijahan – Salak Endah. Jarak yang dibutuhkan sekitar 2 jam dengan sepeda motor 60 km.

Bagi pengguna angkutan umum, Anda bisa naik angkot 03 menuju terminal Cibubulak dari stasiun. Dilanjutkan naik angkot 05 menuju Leuwiliang hingga pertigaan Cibatok, lalu naik angkot 59 hingga titik ujung pintu masuk kawasan Gunung Salak Endah.

Lokasi air terjun Cigamea

Wisata air terjun ini berada di kawasan wisata Gunung Salak Endah. Tepatnya di Kampung Loka Purna, Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button