Jelang libur Natal 2022 dan libur Tahun Baru 2023, rental mobil di kota Yogyakarta mulai kebanjiran pesanan - WisataHits
Yogyakarta

Jelang libur Natal 2022 dan libur Tahun Baru 2023, rental mobil di kota Yogyakarta mulai kebanjiran pesanan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Perusahaan rental mobil di kota Yogyakarta mengalami banjir pesanan saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 tiba.

Pasalnya, sewa kendaraan bisa memudahkan wisatawan luar kota yang ingin mengunjungi berbagai tempat selama berlibur di Yogyakarta.

Pelaku usaha Dagen Trans, Aryono mengatakan, sejak 20 Desember 2022 hingga awal 2023, beberapa turis asing asal DI Yogyakarta memesan mobil rental kepada mereka.

Baca Juga: Dispar Bantul Usulkan Penambahan Jalur Transjogja Baru ke Tempat Wisata

“Tidak buruk saat ini. Dibandingkan hari biasa, kenaikan rental mobil saya 50 persen,” kata Aryono kepada wartawan di tempat usahanya, Rabu (14/12/2022).

Lanjutnya, beberapa wisatawan domestik dari Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali sudah mulai memesan kendaraan roda empat.

Meski demikian, ia biasanya mendapat pesanan dari turis asing.

“Biasanya bule pesan sewa mobil ke hotel dulu, nanti diantar kesini dari hotel baru (tempat Dagen Trans berada). Jadi untuk Agustus 2022, semua sewa mobil berasal dari wisatawan mancanegara,” kata Aryono.

Adanya peningkatan peminat mobil rental juga membuatnya ingin menyewa mobil pengganti.

“Ada 10 mobil yang standby di sini, dan untuk cadangan saya akan mengambil alih hubungan dengan perusahaan rental mobil lain. Total kami bisa menyediakan sekitar 20 mobil,” ujarnya.

Kenaikan peminat rental mobil ini diikuti dengan kenaikan harga rental mobil yang mencapai 20-30 persen.

“Biasanya harga sewa mobil Avanza di kisaran Rp 600.000. Itu semua sudah termasuk kan? Ada supir dan bbm selama 1 x 12 jam. Jadi untuk Nataru besok bisa di kisaran Rp 750.000 keatas. menjadi Rp 800.000,” jelasnya.

“Cuma Rp 750.000 untuk rental mobil Innova di weekdays. Tapi untuk Nataru bisa Rp 850.000 sampai Rp 900.000. Kalau yang lain harga sewa Toyota Hiace Rp 1,2 juta kalau weekday, Nataru mungkin Rp 1,5 juta,” tambah Aryono.

Mereka juga menawarkan penyewaan sepeda motor. Namun sejauh ini, kendaraan tersebut belum mengalami peningkatan jumlah peminat rental.

Baca Juga: BBPPKS Yogyakarta Salurkan Puluhan Kursi Roda untuk Penyandang Disabilitas

“Ya semoga peminat rental mobil tahun ini bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, banyak pengunjung atau turis yang datang ke Yogyakarta. Selain itu, banyaknya turis berarti ekonomi kita berkembang lebih baik,” jelasnya.

Ditemui terpisah, owner Mr Rental Transport, Gyanti (44), mengatakan minat rental motor dan paket wisata Nataru 2023 belum meningkat.

“Karena toko kami hanya menyewakan motor dan paket wisata. Jadi kurang banyak peminatnya,” jelas Gyanti. (Tidak)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button