ASN Kota Bandung Diminta Revitalisasi Teras Cihampelas - WisataHits
Jawa Barat

ASN Kota Bandung Diminta Revitalisasi Teras Cihampelas

Bandung: Sekda Kota Bandung Jawa Barat Ema Sumarna meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk merevitalisasi kawasan Tenang Teras Cihampelas yang kembali dilanda COVID-19 pandemi adalah.

Ema menyarankan agar ASN mengadakan pertemuan di lokasi untuk meningkatkan pendapatan pedagang kaki lima (PKL) karena kawasan wisata selama ini sepi.

“Saya sudah memberikan arahan untuk membantu UMKM, ada OPD yang melakukan kegiatan di sini. Makanan dan minuman tersebut berasal dari barang-barang UMKM. Ada pertemuan atau arisan, kami lakukan di sini. Tolong dikelola melalui bagian manajemen untuk berkontribusi dalam peningkatan usaha,” kata Ema usai ditemui pedagang kaki lima di Teras Cihampelas, Rabu, 12 Oktober 2022.

Apa pendapat Anda tentang artikel ini?

Teras Cihampelas yang terletak di Jalan Cihampelas Kota Bandung ini dibuat ketika Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjabat sebagai walikota. Destinasi wisata tersebut juga diresmikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tahun 2017.

Namun, keberadaan Teras Cihampelas belum menarik pengunjung khususnya wisatawan. Pasalnya, Teras Cihampelas saat ini sepi sehingga para PKL yang sudah direlokasi turun lagi dan menjajakan dagangannya di bahu Jalan Cihampelas.

“Misalnya kita siapkan paket pendamping, kita siapkan entertainment, stage entertainment. Misalnya, kita akan mengadakan semacam Bandung Fashion Week. Jika mereka menarik pengunjung, mereka akan datang,” katanya.

Sebelum dipoles ulang, Teras Cihampelas harus ditinggalkan oleh pedagang kaki lima karena tidak bisa menarik pengunjung untuk berbelanja. Ema juga berjanji, Pemkot Bandung akan memberikan dukungan dana kepada para PKL di Teras Cihampelas agar mereka bisa mulai berjualan lagi.

“Ada ruang untuk dukungan permodalan dari UMKM terkait dampak inflasi. Kami meminta mereka dibebaskan. Kita juga bisa mengajak mereka menjadi anak asuh BUMN/BUMD,” jelasnya.

Hingga saat ini, 87 dari 192 PKL berjanji akan mengisi kembali Teras Cihampelas. Tempat akan lebih ditingkatkan dan fasilitas pendukung seperti penerangan, internet dan instalasi listrik akan ditambah.

“Kami bertujuan untuk menyediakan fasilitas berdasarkan aspirasi dealer. Segala kekurangan akan kami perbaiki. Kami akan memperbaiki semua fasilitas. Kami juga melakukan perbaikan fasilitas seperti penerangan, instalasi listrik dan air serta toilet,” jelasnya.

(MEL)

Source: www.medcom.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button