Temukan keindahan alam Kebun Teh Dataran Tinggi Malino - WisataHits
wisatahits

Temukan keindahan alam Kebun Teh Dataran Tinggi Malino

Dataran Tinggi Malino di Gowa menyimpan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Asyiknya liburan bisa kamu nikmati saat berkunjung perkebunan teh Dataran Tinggi Malino.

Harga tiket: Rp50.000, Jam operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Pattapang, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan; Kasus: Cek lokasi

Kebun teh ini terletak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan yang populer sebagai tujuan wisata tidak hanya bagi wisatawan asli Sulawesi tetapi juga dari luar Sulawesi. Lokasinya yang berada di dataran tinggi dengan ketinggian hingga 1200 meter di atas permukaan laut ini terdiri dari taman dengan luas hingga 200 hektar. Bisa dibayangkan luasnya kawasan wisata tersebut.

Kebun teh yang membentang ke berbagai arah memberikan nuansa hijau dan segar bagi masyarakat. Orang terkadang mengira bahwa kebun teh yang indah dan asri hanya bisa ditemukan di pulau Jawa. Anggapan ini tentu salah. Karena di pulau sulawesi terdapat kekayaan alam berupa kebun teh yang luas dan menawan, tidak kalah dengan pulau jawa.

Selain luas, Malino Highland juga memiliki beragam aset untuk memuaskan hasrat berwisata para pengunjungnya. Tidak main-main, berbagai fasilitas, harga yang sangat terjangkau dan pelayanan terbaik disuguhkan untuk menghadirkan rasa nyaman dan bahagia bagi pengunjung. Selain itu, mari kita lihat keindahan alam dan manfaat Kebun Teh Dataran Tinggi Malino.

Sekilas tentang Kebun Teh Dataran Tinggi Malino

Tentang Kebun Teh Dataran Tinggi MalinoKredit Gambar: Google Maps Dataran Tinggi Malino

Dataran Tinggi Malino adalah nama sebuah kebun teh di provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Goa. Kebun teh ini dibangun di atas lahan yang sangat luas, yakni mencapai 200 hektar. Dahulu, asal usulnya berupa perkebunan dengan luas hingga 900 hektar yang ditumbuhi teh. Hal ini dimaksudkan untuk menjamin pasokan teh di wilayah Sulawesi.

Setelah ditelaah lebih lanjut, ternyata perkebunan teh ini cukup potensial untuk dijadikan tujuan wisata. Akibatnya, sekali menangkap dayung, maka dua atau tiga orang dalam perjalanan pulang akan kewalahan. Selain dapat menghasilkan teh untuk produksi, juga dapat dijadikan sebagai alternatif wisata bagi wisatawan. Letaknya juga di tempat yang relatif tinggi, sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, sehingga udaranya sangat sejuk.

Udara segar dan kandungan oksigen yang melimpah di Malino Highland berpadu dengan hamparan hijau seluas mata memandang. Keduanya merupakan hal penting yang dicari wisatawan saat berlibur. Pasalnya, udara yang segar dan bersih baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk bagian pernapasan, sedangkan warna hijau tumbuhan menyehatkan organ mata.

Karena popularitasnya, Dataran Tinggi Malino kini menjadi salah satu landmark Sulawesi Selatan. Setiap akhir pekan, banyak pengunjung yang menjadikannya tujuan utama untuk dikunjungi. Penggemar fotografi juga dimanjakan dengan tempat-tempat yang indah untuk dijelajahi. Banyak fasilitas dan keunggulan yang dihadirkan, selain karena tempatnya yang mudah dijangkau.

Rute Menuju Kawasan Wisata Dataran Tinggi Malino

Jalan Dataran Tinggi MalinoKredit gambar: Google Maps Irha Benazir

Akses ke Malino Highland sangat mudah. Berbagai jenis kendaraan bisa melewati tempat ini, mulai dari sepeda, sepeda motor, mobil, bahkan helikopter. Tepatnya berada di kecamatan Tinggi Moncong atau tepatnya di wilayah Patappang provinsi Sulawesi Selatan. Dataran Tinggi Malino adalah kebun teh terbesar dan termegah di Sulawesi, sehingga banyak orang sudah mengetahuinya.

Lokasinya strategis dan sangat mudah diakses dari berbagai penjuru Sulawesi. Misalnya dari kota Makassar, pengunjung bisa menggunakan mobil dengan waktu tempuh 2 jam 30 menit. Waktu ini tidak terlalu lama, jika kita bandingkan dengan penawaran wisata yang akan dirasakan nantinya ketika sudah sampai di tempat tujuan. Jaraknya sekitar 80 km dari Makassar.

Jalan menuju Malino Highland cukup bagus dan mulus. Tidak perlu khawatir dengan medan terjal atau kesulitan lainnya. Sepanjang perjalanan, ada suguhan hijau di kanan kiri kendaraan. Suguhannya tak henti-hentinya memberikan kekaguman dan membuat mata terlihat lebih sejuk. Rasa kantuk di jalan sudah pasti hilang karena pemandangan yang ditampilkan.

Selain itu, wisatawan yang berkunjung dapat dengan santai mengobrol dengan keluarga atau rekan kerja yang menemani perjalanan ke kebun teh. Suasana di sekitar kendaraan sangat kondusif untuk membuat obrolan semakin seru dan menarik. Ingatlah untuk membawa bekal yang cukup seperti minuman dan makanan agar perjalanan semakin lengkap.

Biaya masuk ke Malino Highland Tea Garden

Harga Tiket Malino HighlandKredit gambar: Google Maps Feby Olivia

Jika Anda khawatir akan mahalnya biaya pergi ke Kebun Teh Dataran Tinggi Malino, maka hal itu harus dihilangkan mulai dari sekarang. Pasalnya, tiket masuk ke kebun teh ini hanya seharga Rp50.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp25.000 untuk anak-anak. Tarif ini cukup terjangkau karena ada banyak hal yang dihadirkan untuk memuaskan para pengunjung wisata.

Biaya yang dikeluarkan sangat sebanding dengan keindahan yang diberikan. Penataan pohon teh yang tertata rapi dan terawat di kawasan perbukitan yang berkontur dari atas ke bawah seperti gundukan itu sungguh sangat indah untuk dipandang. Dimungkinkan bagi pengunjung untuk berfoto di tengah kebun teh dengan latar belakang hijau agar terlihat indah.

Aroma teh dan suasana yang tenang memberikan relaksasi bagi wisatawan. Berapapun harga pasti akan terbayar dengan keuntungan sebesar ini. Kesibukan kantor dan rutinitas seminggu yang membosankan akan terobati di Malino Highland. Jiwa lebih tenang dan pikiran lebih jernih, tubuh menjadi lebih sehat berkat vitamin alami yang didapat.

Saat berkunjung, sangat disarankan agar Anda membawa keluarga. Hal ini memungkinkan setiap anggota keluarga untuk menikmati manfaat yang diperoleh di Malino Highland. Anak-anak puas dengan waktu luang dan pendidikan di alam, ayah dan ibu puas dengan waktu luang hati dan tubuh setelah aktif melakukan banyak hal selama 6 hari penuh. Wisatawan bisa datang mulai pukul 09.00 WITA.

Fasilitas yang tersedia di Malino Highland

Fasilitas Dataran Tinggi MalinoKredit gambar: Google Maps Ikhwan Mahmud

Hal-hal penting yang menjadi prioritas wisatawan saat berwisata, salah satunya adalah fasilitas penunjang objek wisata populer ini. Jika fasilitasnya tidak lengkap dan tidak memuaskan, sudah pasti wisatawan akan malas untuk mengunjunginya. Memang tujuan utama pariwisata adalah memberikan hiburan dan kenyamanan, bukan sebaliknya.

Malino Highland menawarkan fasilitas berupa ruang makan dengan desain ala Jepang klasik. Arsitektur unik ini seperti membawa turis ke negeri Sakura. Suasananya seperti di Jepang, kental, ditambah lagi dengan suasana khas pegunungan yang menyejukkan hati. Menikmati setiap menit di tempat makan ini akan membuat hati Anda senang.

Wisatawan memang sengaja dibuat betah di lingkungan sekitar untuk bersantai setelah menempuh perjalanan jauh. Beragam menu disajikan dengan racikan khas tempat makan yang ada. Ada banyak variasi teh yang bisa dicoba, ada juga menu makanan seperti snack dan makanan berat yang bisa dikonsumsi. Jika Anda datang pada siang hari, ada baiknya memesan menu makan siang yang banyak.

Menu utama yang banyak dipesan wisatawan adalah menu Malino Green Tea. Teh hijau dengan rasa yang sangat khas disajikan dalam wadah yang cantik. Wisatawan bisa langsung menyeduh dalam kondisi panas untuk menambah panas tubuh. Aroma teh semakin menenangkan pikiran dan menghilangkan berbagai kepenatan yang dirasakan.

Fasilitas lain yang tak kalah seru adalah gamenya Di luar yang bisa Anda coba sekeluarga. Permainan termasuk paralayang, trampolinmengendarai kuda, ras negara dan lompat bungee. Beragamnya permainan dapat menguji adrenalin dan meningkatkan hormon bahagia dalam diri Anda. Anak-anak dan semua anggota keluarga bisa lebih dekat dengan kesenangan dari permainan.

Manfaat Lain Dataran Tinggi Malino

Manfaat Dataran Tinggi MalinoKredit gambar: Twitter Adri Putra Satrio

Malino Highland tidak hanya menawarkan wisata kebun teh, kafe teh hijau dan berbagai permainan Di luar hanya. Lebih dari itu, tempat ini merupakan paket lengkap untuk sebuah destinasi wisata. Tak heran jika tempat ini ramai dikunjungi wisatawan. Pesona alamnya sangat menakjubkan, salah satunya adalah air terjun Takapala. Hanya 600 meter dari kebun teh, Anda bisa mencapai tempat ini.

Air terjun dengan ketinggian 100 meter ini semakin menarik karena ketika mencapai ketinggian 20 meter ada kabut yang menutupinya. Melihat terbentuk akan lebih baik dan lebih indah. Di bagian bawah air terjun terdapat bebatuan vulkanik berwarna coklat, menambah eksotisme pemandangan. Di sisi lain, ada juga gua kecil yang menarik untuk dilihat.

Keunggulan lain dari Malino Highland adalah hutan pinus di sekitarnya. Pohon pinus yang menjulang tinggi membuat udara sejuk, tidak panas. Tumbuhan lain juga turut meramaikan penghijauan di sekitarnya. Momen ini dapat ditangkap di kamera dan menjadi subjek foto yang paling indah. Bisa juga digunakan untuk joging sekitar daerah.

Keindahan alamnya memang bisa menyihir semua orang yang datang. Lezatnya teh manis langsung dari kebun serta perpaduan tempat yang asri dan eye catching bisa dinikmati dari pagi hingga sore hari. Di malam hari, sajian yang tak kalah seru disiapkan pengelola untuk pengunjung, yaitu observasi benda-benda angkasa dengan teropong. Ini akan menjadi waktu yang menyenangkan tidak seperti yang lain.

Inilah yang bisa Anda lihat dari keindahan alam Kebun Teh Dataran Tinggi Malino dan berbagai manfaatnya. Terdapat berbagai fasilitas pendukung yang dapat memungkinkan jiwa dan raga untuk memenuhi hak-haknya ditambah dengan seluruh pelayanan yang diberikan. Semua keunggulan tersebut akan membuat kunjungan semakin seru dan menyenangkan. Lebih lengkap lagi jika dinikmati bersama keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button