Kementerian Kesehatan mendukung 14.641 institusi pelayanan kesehatan pada jalur mudik - WisataHits
Jawa Timur

Kementerian Kesehatan mendukung 14.641 institusi pelayanan kesehatan pada jalur mudik

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendukung hingga 14.641 fasilitas kesehatan pada jalur mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 melalui kerja sama dengan instansi pemerintah daerah terkait.

“Mengingat libur Natal dan Tahun Baru 2023, sejumlah fasilitas kesehatan telah kami siapkan di sepanjang jalur mudik. Total yang kami siapkan sekitar 14.641 faskes,” kata Yanti Herman, Direktur Pelayanan Primer Kementerian Kesehatan di Jakarta, seperti dikutip Kamis (22/12/2022). Di antara.

Sebanyak 901 pos kesehatan, 10.321 puskesmas, 3.117 rumah sakit, 51 dinas kesehatan pelabuhan (KKP) dan 251 pusat keselamatan masyarakat (PSC) 119 telah disiapkan.

Ia mengatakan, puskesmas, rumah sakit, dan PSC 119 yang menjadi jalur utama mudik perlu menyiapkan petugas dan bertugas 24 jam.

Pemerintah memproyeksikan peningkatan mobilisasi masyarakat sebanyak 44,17 juta orang atau 16,35 persen. Hingga 7,1 juta orang bergerak di Jabodetabek atau setara dengan 16,65 persen.

Jika lonjakannya cukup tinggi, dikhawatirkan bisa memicu peningkatan kasus Covid-19 dan lainnya seperti kecelakaan.

“Pandemi belum sepenuhnya berakhir, potensi penularan masih ada, bahkan penularan penyakit menular lainnya untuk mengurangi potensi penularan penyakit,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kementerian Kesehatan telah berkoordinasi dengan seluruh otoritas terkait untuk mencegah penularan Covid-19.

Posko kesehatan nantinya akan dipasang di pintu keluar tol, rest area tol, jalur non tol, persimpangan jalan, bandara, tempat ibadah yang ramai, dan tempat wisata.

Selain menyiapkan fasilitas kesehatan, Kemenkes juga memfasilitasi pelayanan vaksinasi, khususnya dosis booster, di beberapa posyandu dan puskesmas.

Selain itu, promosi kesehatan terkait pentingnya protokol kesehatan (Prokes) selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) juga dilakukan di setiap posko kesehatan.

Tim Direktorat Pelayanan Kesehatan Pratama akan memantau kesiapan posko kesehatan beserta sarana dan prasarananya di Jalur Pantai Utara (Pantura), Jalur Pantai Selatan (Pansela) dan Jalur Merak-Bakauheni mulai 21-23 Desember 2022.

“Kunjungan pertama jalur Pansela dimulai dari Gereja Katedral Jakarta untuk melihat kesiapan gereja untuk kebaktian Natal tahun ini,” kata Yanti Herman.

Albertus Hani Rudi Hartoko, pendeta senior Gereja Katedral Jakarta, mengatakan pihaknya telah menyiapkan protokol kesehatan yang ketat, yakni penggunaan masker selama kebaktian. pembersih tangan juga di setiap sudut gereja pemindai termal di pintu masuk.

Selain itu, Gereja telah memodifikasi air suci yang ditempatkan dalam wadah hand sanitizer sehingga umat beriman tidak dapat mengambil air suci bersama-sama dalam wadah yang sama.

Juga khutbah dan doa yang dikemas dalam bentuk-bentuk eBukuserta donasi dari umat dapat disalurkan ke gereja melalui transfer bank atau scan QR yang disiapkan di setiap kursi gereja.(ant/tik/rst)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button