Temui Kopi Sepakung Mbah Bedjo dari lereng Gunung Telomoyo - WisataHits
Jawa Tengah

Temui Kopi Sepakung Mbah Bedjo dari lereng Gunung Telomoyo

Mba BedjoSuharno akrab disapa Mbah Bedjo, seorang petani kopi/penggagas Kedai Kopi Sepakung Ambarawa, Kabupaten Semarang. (Foto dok Mbah Bedjo)

Semarang, Idola 92.6 FM – Saat ini ada destinasi wisata baru di lereng Gunung Telomoyo, Kabupaten Semarang. Yaitu Kopi Sepakung Mbah Bedjo. UMKM yang didukung oleh Dinas Kehutanan Daerah III Provinsi Jawa Tengah ini diketuai Suharno, 52, atau lebih dikenal dengan Mbah Bedjo. Mbah Bedjo juga melibatkan generasi muda, mulai dari pengelolaan kopi di hilir, menanam kopi di lahan Perhutani, hingga pengolahan kopi siap saji di hulu.

“Yang membedakan kopi kami dengan kopi lainnya adalah kami menggunakan pupuk kandang dan kopi organik,” kata Mbah Bedjo kepada Radio Idola pagi ini (31/8).

Mba BedjoMbah Bedjo bersama Tim Dinas Kehutanan Cabang Wilayah 3 Provinsi Jawa Tengah. (Foto dok Mbah Bedjo)

Kopi lokal Sepakung yaitu Robusta dan Arabica merupakan produk unggulan Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Menurut Mbah Bedjo, ia menanam kopi karena diturunkan dari orang tuanya. Meski lahan Mbah Bedjo kurang dari 1 hektar, Mbah Bedjo dan timnya tak kalah semangat untuk terus berkembang. Mereka mengumpulkan hasil panen dari warga.

Mbah Bedjo menambahkan, dari 866 hektare Desa Sepakung, sekitar 40 hektare merupakan ampas kopi. Bubuk kopi berserakan. “Ada areal perkebunan di masyarakat dan juga di tanah milik Perhutani,” kata Mbah Bedjo.

Kafe Mbah BedjoKedai Kopi Sepakung Mbah Bedjo terletak di jalan raya menuju puncak Gunung Telomoyo, Kabupaten Semarang. Dibutuhkan hanya 10 menit dengan sepeda motor dari puncak Gunung Telomoyo ke kafe. (Foto dok Mbah Bedjo)

Pada Minggu, 2 Februari 2020, Mbah Bedjo dan tim membuka Kedai Kopi Sepakung Mbah Bedjo di Tambakboyo Ambarawa. Menurut Mbah Bedjo, “Di balik pahitnya kopi ada doa petani. Kopi Sepakung Ngageni”.

Untuk lebih mengenal Kopi Sepakung Mbah Bedjo dari lereng Gunung Telomoyo, Kabupaten Semarang, berikut wawancara dengan Radio Semarang Idol Mbah Bedjo, seorang petani kopi/Inisiator Warung Kopi Sepakung, Mbah Bedjo. (Iya kamu)

Simak wawancara podcastnya:

Source: www.radioidola.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button