Tempat wisata pantai di gunung kidul, cocok untuk camping - WisataHits
Jawa Tengah

Tempat wisata pantai di gunung kidul, cocok untuk camping

FOKUSJabar.id: Tempat wisata di provinsi Yogyakarta tepatnya di Gunung Kidul ini bukan tentang wisata sejarah, melainkan banyak wisata menarik lainnya seperti pantai.

Bahkan pantai di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta ini sangat nyaman untuk camping bersama keluarga dan rombongan.

Keunggulan pantai di selatan Yogyakarta ini menyuguhkan pantai yang sangat indah dengan air laut yang biru dan pasir putih yang bersih. Beberapa spot di pantai di Gunung Kidul sangat cocok dijadikan sebagai tempat camping, menurut berbagai media.

1. Pantai Nglambor

Objek wisata Pantai Nglambor menjadi destinasi wisata wajib yang wajib dikunjungi saat anda berwisata ke Yogyakarta, di tempat ini tidak hanya cocok untuk camping tapi juga untuk snorkeling.

Untuk ukuran pantai selatan, area pantainya lebih dangkal dari yang lain, sehingga sangat bagus untuk snorkeling. Masyarakat disini sangat protektif terhadap biota laut, ada tradisi Ngalangi yang melarang menangkap ikan kecuali setahun sekali. Oleh karena itu, kelestarian pantai selalu terjaga dari tahun ke tahun.

2. Pantai Wediombo

objek wisata Pantai Wediombo. (Foto: Web)

Pantai Wediombo merupakan salah satu pantai yang paling banyak dikunjungi di Gunung Kidul karena akses dari jalan raya menuju pantai sangat sempit dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Booth dan segala macam fasilitas juga mudah ditemukan di sini.

Garis pantainya cukup luas untuk dijelajahi dari ujung ke ujung. Ada banyak bebatuan yang bisa dijadikan pijakan dan angle foto yang menarik, disinilah kami berenang.

Pantai di sini sedikit lebih dangkal daripada pantai lain di sekitarnya, tetapi tetap tidak disarankan untuk berenang karena arusnya kuat dan dapat menarik pengunjung yang mencoba berenang terlalu jauh.

BACA JUGA: Dijamin Menantang, Ini Rekomendasi River Tubing Jabar

3. Pantai Sedahan

Suasananya tenang, ditambah garis pantai yang pendek, pantai ini sangat cocok bagi anda yang mencari ketenangan. Jarak dari jalan raya juga cukup jauh dan Anda harus mendaki beberapa bukit kecil untuk mencapainya.

Semua rasa penat akan terbayar saat Anda tiba, pemandangan pantai yang diapit bukit membuatnya sedikit terisolir dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat musim kemarau. Tidak disarankan mengunjungi pantai ini saat musim hujan karena air laut bisa tiba-tiba naik dan menenggelamkan pantai.

4. Pantai Sadeng

Pantai ini terletak jauh di ujung timur Kabupaten Gunung Kidul, sedikit dekat dengan perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pantai Sadeng cukup ramai karena merupakan pemukiman nelayan dan dermaga yang cukup berkembang di Gunung Kidul, lengkap dengan terminal tangki, koperasi dan tempat pelelangan ikan.

Pengunjung bisa berkemah di tepi pantai sambil menikmati ikan segar, kumpulan perahu nelayan yang bersandar di sana dan pemandangan malam Samudera Hindia. Jika Anda membutuhkan bantuan, orang-orang di sini juga sangat terbuka untuk membantu.

BACA JUGA: Ingin Menambah Pengetahuan, Kunjungi 4 Wisata Prasejarah di Jawa Barat

5. Pantai Jungwok

Mendengar namanya, Jungwok terdengar seperti salah satu tempat wisata di Korea. Percayalah, meskipun tempat wisata ini ada di Indonesia, tepatnya di Gunung Kidul. Area pantainya cukup luas dan bisa menampung banyak pengunjung. Dengan area perbukitan yang mengelilinginya, area camping menjadi lebih beragam.

Di sini kita bisa memilih untuk berkemah di atas bukit atau di pantai. Keduanya memiliki perspektif yang berbeda tentang penggambaran Samudera Hindia. Karena pantai ini berdekatan dengan pantai lain seperti Wedi Ombo, Watu Lawang, Botorubuh, sehingga sebaran pengunjung lebih merata.

Source: fokusjabar.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button