Revitalisasi Taman Suroboyo selesai pada 20 Desember, siap menyambut hari raya Nataru - WisataHits
Jawa Timur

Revitalisasi Taman Suroboyo selesai pada 20 Desember, siap menyambut hari raya Nataru

SURABAYA – Pekerjaan revitalisasi Taman Suroboyo semakin dipercepat. Karena diharapkan pada 20 Desember pengerjaan Tahap I sudah selesai sehingga bisa digunakan oleh warga Surabaya dan luar Surabaya yang ingin menikmati wisata pantai, terutama menjelang Natal dan Tahun Baru.

Nantinya, taman seluas 11.900 meter persegi itu akan terhubung dengan Sentra Ikan Bulak (SIB) melalui koridor. Jalan penghubung dihiasi dengan ornamen batu alam.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengatakan pembangunan tahap pertama hampir rampung. Setelah itu, pihaknya akan membuka taman untuk digunakan masyarakat. Apalagi menjelang liburan Natal dan Tahun Baru. “20 Desember harus selesai untuk (pekerjaan) tahap pertama,” kata Hebi, Minggu (11/12).

Tahap pertama revitalisasi Taman Suroboyo melibatkan konstruksi Gym luar ruanganalun-alun patung Suro dan Boyo juga tempat bermain. Namun, prosesnya tidak berjalan mulus.

Hebi mengaku kesal karena kontraktornya tak bekerja selama tiga hari. Maka ia memutuskan untuk berkoordinasi dengan Kejaksaan Tanjung Perak untuk melakukan audit terhadap kontraktor tersebut.

“Ya, waktu keluar Kontraktor selama tiga hari. Terakhir, kami meminta Jaksa Agung untuk melakukan audit terhadap kontraktor tersebut. Sehingga kontraktor berpeluang menyelesaikan sebelum 20 Desember,” kata Hebi.

Selama bekerja, menurut Hebi, kemudian disepakati akan ada waktu seminggu lagi untuk menutup celah pekerjaan yang sudah tersisa selama tiga hari. “Setelah diperiksa, akhirnya kami melakukannya tambahan (perjanjian tambahan) sekitar seminggu,” jelas Hebi.

Anggaran untuk revitalisasi taman yang menjadi salah satu tumpuan Kota Surabaya ini sekitar Rp 2 miliar. Diharapkan kebangkitan ini dapat mendongkrak perekonomian warga sekitar kawasan Bulak.

Selain itu, patung Suro dan Boyo setinggi 25,6 meter juga dicat ulang. Juga akan diaspal di beberapa tempat di dalam dan di luar taman yang terlihat sudah ditata, termasuk penanaman rumput.

Myrna Augusta Aditya Dewi, Kepala Bidang Perlindungan Lingkungan dan Pengelolaan Keanekaragaman Hayati DLH Surabaya, menambahkan revitalisasi Taman Suroboyo Tahap 1 mencakup tiga item yang akan diselesaikan tahun ini. Yaitu arena gimnasium luar ruangan, alun-alun patung Suro dan Boyo juga tempat bermain.

“Membangun air mancur taman pasti akan terjadi pada tahun 2023,” kata Myrna. Dia juga mengatakan sebagian besar trotoar lama juga akan digunakan kembali karena kondisinya masih bagus.

Sejalan dengan pembangunan Taman Suroboyo, pihaknya juga sedang mempersiapkan beberapa taman aktif di Surabaya untuk dipoles agar lebih menarik bagi pengunjung. “Selain Taman Suroboyo, ada juga Taman Dharmahusada Indah, kemudian kawasan Tunjungan dan Taman Balai Kota. Dekorasinya sudah disiapkan sebelum Nataru dipasang,” kata Myrna. (rmt/jai)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button