Tempat bersejarah di Bogor yang wajib Anda ketahui: Inilah asal mula berdirinya Istana Bogor - WisataHits
Jawa Barat

Tempat bersejarah di Bogor yang wajib Anda ketahui: Inilah asal mula berdirinya Istana Bogor

URBANBOGOR.COM – Istana Bogor merupakan salah satu istana kepresidenan di Indonesia. Gedung ini dibangun pada tahun 1745.

Salah satu istana peninggalan Belanda, Istana Bogor dibangun di atas lahan seluas 28,86 hektar.

Letak Istana Bogor tepat berada di jantung kota Bogor. Saat ini, Istana Bogor menjadi kediaman Presiden Joko Widodo.

Sejarah Istana Bogor, dipilih karena udaranya yang sejuk

Selama era kolonial Belanda, banyak orang Belanda yang tinggal di Batavia merasa kota ini terlalu padat dan penuh sesak.

Mereka memutuskan mencari tempat di luar Batavia. Tempatnya tidak terlalu ramai dan udaranya sejuk.

Saat itulah Gubernur Jenderal Belanda, GW Baron Van Imhoff, menemukan lokasi impiannya. Sebuah tempat bernama Kampung Baru yang udaranya sangat sejuk.

Baca Juga: Harga dan Fasilitas Tempat Wisata D’Farm Pancawati Bogor, Warga Bogor Kumpul!

Istana Bogor berasal dari kata Buitenzorg

Pada abad ke-18, GW Baron Van Imhoff membuat draf kasar sesuai gaya yang diinginkannya. Dia meniru gaya arsitektur Istana Blenheim. Kediaman Duke of Malborough di Inggris.

Alasannya karena kawasan tersebut memiliki cuaca yang sejuk dan suasana yang tenang.

Kemudian bangunan itu diberi nama Buitenzorg yang berarti riang. Inilah pendahulu dari nama yang kita kenal sekarang sebagai Bogor.

Baca juga: Selamat! Pemerintah Kabupaten Bogor memberikan penghargaan kepada pemenang Mojang Jajaka Kabupaten Bogor 2022

Istana Bogor runtuh

Bentuk Istana Bogor dari kepemimpinan satu jenderal ke jenderal lainnya selalu berubah.

Hal ini didasarkan pada faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi bangunan, seperti: B. Pemberontakan karena kekecewaan masyarakat yang mengakibatkan beberapa kerusakan bangunan.

Disusul pula pada tanggal 10 Oktober 1834 terjadi gempa bumi yang melanda Istana Bogor. Gempa tersebut disebabkan oleh letusan Gunung Salak, sehingga Istana Bogor rusak parah dan runtuh.

Akhirnya Istana Bogor dibangun kembali pada tahun 1850, namun tidak lagi bertingkat. Alasan tidak bertingkat karena sesuai dengan situasi di daerah seismik.

Istana Bogor adalah kediaman Presiden Indonesia saat ini. Selain itu, tempat ini juga menyimpan banyak karya seni. Mantan Presiden pertama Indonesia Soekarno sangat menyukai karya seni.

Dia memiliki banyak koleksi karya seni dan Istana Bogor adalah galeri seninya. Ia juga melestarikan dan memamerkan koleksi karyanya. Ada lebih dari 1000 karya termasuk patung, lukisan, suvenir, dan kerajinan tangan dari berbagai negara.

Istana Bogor: situs ekosistem flora dan fauna

Kebun Raya Bogor (KRB) merupakan kebun raya dengan banyak koleksi tumbuhan seperti bunga bangkai, bambu raksasa, anggrek raksasa, Raflesia arnoldi dan teratai raksasa.

Hewan berkeliaran di sekitar Istana Bogor, antara lain rusa, kambing, angsa, dan kuda.*** (Afina Tsaniya Putri)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button