Taman Nasional Bali Barat - WisataHits
wisatahits

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat

Berbicara tentang keindahan alam di negara kita memang tidak akan ada habisnya. Memang setiap daerah memiliki tempat wisata alam yang menjadi ciri khas daerahnya.

Mulai dari laut Indonesia yang memiliki terumbu karang yang indah dan berbagai jenis ikan hingga daratan yang memiliki deretan pantai hingga hutan dan taman yang indah.

Namun kali ini kita akan mencoba membahas salah satu taman yang terdapat di Bali yaitu Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Taman nasional ini dikenal masyarakat sebagai kawasan konservasi alam terlengkap dan terluas di Pulau Bali.

Wisata di Taman Nasional Bali Barat

Ada beberapa atraksi alam yang berbeda di taman nasional ini. Misalnya, Anda juga bisa bermain ombak di pantai tuba.

Jangan lupa mengabadikan keindahan alam bawah laut ini menggunakan kamera kapal selam yang dapat Anda gunakan saat menyelam.

Selain pantai yang indah, Anda juga bisa melihat binatang di alam liar, mengunjungi candi bersejarah dan masih banyak lagi.

Tentunya TNBB ini menjadi tempat rekreasi yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga dan orang tersayang. Berikut ini kami sajikan informasi tentang Taman Nasional Bali Barat.

Lokasi Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat terletak di bagian paling barat Pulau Bali, khusus lokasi taman ini meliputi seluruh wilayah Semenanjung Prapat Agung.

Karena taman ini sangat luas, sebagian besar wilayahnya berada di dalam kota Gilimanuk dan beberapa kota yang berdekatan.

Luas total Taman Nasional Bali Barat bahkan sekitar 19.000 hektar, termasuk sekitar 15.000 hektar daratan dan 3.000 hektar perairan.

Habitat taman ini juga sangat bervariasi, seperti hutan tropis, hutan dataran rendah dan pegunungan, serta garis pantai yang membentang luas.

Taman ini dapat Anda akses dari ibu kota Bali yaitu Denpasar melalui jalur darat sejauh 130 km dengan waktu tempuh sekitar 3 hingga 4 jam.

Namun jika anda berangkat dari Pulau Jawa tepatnya dari Banyuwangi, anda hanya perlu menyeberang menggunakan speed boat selama 30 menit dan dilanjutkan dengan perjalanan darat singkat.

Pemandangan & Tengara di Taman Nasional Bali Barat

Simak beberapa tempat wisata di Taman Nasional Bali Barat berikut ini:

1. Pantai Karang Sewu

Pantai menarik tidak hanya terletak di bagian selatan Bali, seperti Pantai Kuta dan Pandawa. Namun di bagian barat juga terdapat pantai yang menawarkan pesona alam yang memukau, yaitu Pantai Karang Sewu.

Pantai ini terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang luar biasa. Tentunya Anda harus datang pada pagi hari untuk menyaksikan pertunjukan ini.

Pantai ini juga berbeda dengan pantai pada umumnya, disini anda tidak akan menemukan hamparan pasir pantai melainkan padang rumput yang luas.

Tidak hanya padang rumput yang luas, di pantai ini juga terdapat banyak pepohonan yang membuat lingkungan menjadi rindang dan sejuk.

Untuk itu, banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini, seperti piknik, acara keluarga, dan permainan bersama anak.

2. Pulau Menjangan

Obyek wisata Pulau Menjangan Merupakan pulau yang memiliki keindahan alam bawah laut yang memanjakan mata.

Maka dari itu, surga tersembunyi ini juga menjadi destinasi favorit para pecinta tuba. Apalagi daya tarik lainnya adalah pantainya yang memiliki pasir putih kekuningan dan air laut yang biru.

Untuk mencapai Pulau Menjangan, Anda harus terlebih dahulu menyebrang dari penyeberangan TNBB selama kurang lebih 35 menit menggunakan perahu. Selama perjalanan, mata Anda juga akan dimanjakan dengan lautan luas yang mengelilingi pulau Bali.

3. Pemandian air panas

Kawasan Taman Nasional Bali Barat penuh dengan wisata alam. Selain hutan dan pantai, sumber air panas TNBB juga bisa Anda jadikan tujuan wisata.

Pemandian air panas sangat cocok untuk dikunjungi setelah mengunjungi taman nasional ini. Ini karena air panas dapat merelaksasikan tubuh dan menenangkan pikiran.

4. Teluk Brumbun

Teluk Brumbun yang berada di kawasan taman nasional Bali Barat semakin menambah pesona Pulau Dewata. Anda akan dengan mudah menemukan Jalak Bali yang statusnya semakin langka.

Jalak Bali memang terancam punah karena harga jualnya yang tinggi. Untuk itu, salah satu cara untuk memelihara jenis burung ini adalah dengan mendirikan penangkaran di Teluk Brumbun, TNBB.

Bukankah layak untuk melakukan perjalanan ke Taman Nasional Bali Barat? Tidak hanya 4 tempat wisata alam di atas saja yang ada di TNBB, tapi Anda juga bisa mempelajari lebih lanjut tentang tempat wisata ini. Selamat berlibur!

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button