Segarkan Pandatara, SMPN 9 Kota Magelang Hadirkan Tari Sahasrasta, Cek Makna Tarian Ini - WisataHits
Jawa Tengah

Segarkan Pandatara, SMPN 9 Kota Magelang Hadirkan Tari Sahasrasta, Cek Makna Tarian Ini –

MENARI.  SMP N 9 Kota Magelang berpartisipasi dalam Pandatara 2022 dengan menampilkan tarian Sahasrasta.  (Foto: Istimewa)

siedoo.com – MENARI. SMP N 9 Kota Magelang berpartisipasi dalam Pandatara 2022 dengan menampilkan tarian Sahasrasta. (Foto: Istimewa)

MAGELANG, siedoo.com – SMPN 9 Kota Magelang, Jawa Tengah, mengikuti Pameran Seni Budaya Nusantara 2022 (Pandatara) pada 3-5 November 2022 dan Kirab Budaya Nusantara pada 6 November 2022 di alun-alun setempat. Acara budaya tersebut dipandu oleh SMA Taruna Nusantara.

“Sekolah kami diundang untuk berpartisipasi dalam acara tersebut dengan menampilkan tarian kreasi baru bernama Tari Sahasrasta. Tarian ini dibawakan oleh 27 siswa yang mengikuti tari sepulang sekolah di sekolah,” kata guru budaya SMPN 9 Kota Magelang Lisa Kusdyawati, S.Pd pada Kamis (17/11/2022).

Dijelaskannya, Sahasrasta artinya tangan seribu, yang merupakan simbol melihat, mendengar dan membantu penderitaan sesama manusia. Tarian ini menunjukkan bahwa SMPN memiliki 9 siswa dengan latar belakang budaya dan kemampuan yang berbeda.

“Dengan pelatihan di SMPN 9 Kota Magelang, mereka akan disatukan menjadi generasi yang sehat, cerdas dan berkarakter kuat. Harapannya ke depan mereka bisa melihat dan mendengar. Sehingga bisa menyemangati orang lain dan bermanfaat bagi masyarakat. masyarakat sekitar khususnya Kota Magelang,” jelasnya.

Pandatara merupakan pameran dan pertunjukan kekayaan seni budaya nusantara yang dikemas dalam bentuk pameran budaya dan lingkungan, pentas seni, lomba keterampilan budaya dan wisata kuliner nusantara. Tahun ini, untuk pertama kalinya kegiatan tersebut diselenggarakan secara terbuka dan dinikmati oleh masyarakat luas.

“Mudah-mudahan penampilan tari dari siswi sekolah ini dapat menginspirasi siswa lainnya untuk mengikuti ekstrakurikuler tari di sekolah,” ujarnya. (Fanny/Siedoo)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button