Tari Gandrung Banyuwangi tampil dalam pertunjukan budaya dan musik Indonesia di Rusia - WisataHits
Jawa Timur

Tari Gandrung Banyuwangi tampil dalam pertunjukan budaya dan musik Indonesia di Rusia

TRIBUNJATIMTRAVEL.COM, BANYUWANGI- Tari Gandrung kembali menarik perhatian. Tarian Banyuwangi ini dipentaskan pada perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 di Moskow, Rusia.

Dalam unggahan akun Instagram @kndmoscow, Minggu (21/8/2022), empat penari bule menampilkan tarian Gandrung dengan anggun lengkap dengan musik pengiring berbahasa Osing. Para penari tampil dengan kostum Gandrung lengkap, seperti omprok, selendang, jarik, dengan warna dominan merah.

Mereka terlihat kompak, secara berirama menampilkan goyangan khas tari Gandrung. Dalam unggahan tersebut, banyak pengunjung yang merekam aksinya. “Tari Jejer Jaran Dawuk dari Banyuwangi,” tulis laporan itu.

Pertunjukan Tari Gandrung merupakan bagian dari rangkaian pertunjukan budaya dan musik Indonesia yang diselenggarakan oleh KBRI Moskow dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, 17 Maret.

Baca juga: Kuliner di Pasar Rakyat di Alun-Alun Trenggalek, Hiburan Rakyat Menggerakkan Ekonomi Daerah

Para penari bule ini didukung oleh sanggar tari Kirana Nusantara Dance (KND) Moskow yang berada di bawah naungan KBRI Moskow.

KBRI Moskow menyediakan sanggar tari bagi masyarakat di kota Moskow dan sekitarnya yang tertarik untuk belajar dan mengenal tari Indonesia. Studio ini secara rutin membuka kelas tari Indonesia dua kali seminggu. KDN Moskow juga kerap menggelar festival dengan berbagai seni budaya Indonesia di negeri beruang kutub.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengaku bangga seni dan tradisi Banyuwangi digandrungi dunia internasional. “Kami bangga seni dan budaya Banyuwangi bisa tampil di Rusia dan dinikmati masyarakat di sana. Terima kasih KBRI untuk terus mendukung konservasi dan menampilkan seni dan budaya Indonesia,” kata Ipuk.

Tari Gandrung sendiri merupakan tarian khas Banyuwangi yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tari Gandrung sudah berkali-kali dipentaskan di pentas internasional. Sebelumnya, tari Gandrung mendapat kehormatan tampil di Remarkable Indonesia Fair (RIF) 2018 di Chicago, Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: ARTOTEL TS Suites Surabaya Gelar Screen Step dan Angkringan Jadoel Rayakan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77

Tarian khas ini telah diundang untuk tampil di berbagai acara nasional dan internasional termasuk acara kenegaraan di Istana Negara dan acara budaya di Jerman, Malaysia, Prancis, Hong Kong, Brunei Darussalam dan Jepang.

Sebelum pandemi Covid-19, Banyuwangi rutin menggelar Festival Gandrung Sewu yang masuk dalam jajaran salah satu top event pariwisata nasional menurut Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif dan dipusatkan di Banyuwangi dengan melibatkan lebih dari seribu Gandrung. penari.

Tahun lalu, Banyuwangi Gandrung Sewu Festival kembali digelar namun disajikan secara hybrid. Tahun ini Gandrung Sewu akan digelar kembali secara kolosal di Pantai Boom Banyuwangi pada akhir Oktober 2022. (Haorrahman – Tribun Jatim Tour Group)

Source: tribunjatimtravel.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button