Malam bebas mobil Malioboro dihapuskan sama sekali di sisi tahun baru - WisataHits
Yogyakarta

Malam bebas mobil Malioboro dihapuskan sama sekali di sisi tahun baru

YOGYAKARTA, KOMPAS.comMalam bebas mobil yang biasa digelar pada malam tahun baru pukul 18.00-21.00 WIB di kawasan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dibatalkan.

“Saat ini perayaan malam pergantian tahun, Jalan Malioboro hingga Titik Nol Kota Yogyakarta dan Keraton Yogyakarta tidak ada penutupan,” kata Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY Kombes Pol Alfian Nur Rizal saat jumpa pers, Sabtu (31/12). .2022) ).

Baca juga:

Ia menambahkan, tujuan dibukanya kawasan Tugu, Malioboro, dan Keraton (Gumaton) adalah agar masyarakat dapat menikmati pergantian tahun 2023.

Untuk menghindari kemacetan di kawasan Malioboro, Polda Dirlantas melakukan rekayasa lalu lintas DIY.

Bagi wisatawan atau do-it-yourselfers yang akan menikmati malam tahun baru di Malioboro, bisa melalui Jalan Mataram.

“Kalau dari Tugu bisa melanjutkan perjalanan ke Kleringan Upper sampai Kridosono, lalu masuk perempatan Cafe Legend dan bisa masuk ke Jalan Malioboro,” terangnya.

Baca juga:

Sedangkan bagi masyarakat atau wisatawan dari kawasan Gunungkidul yang hendak ke Malioboro bisa melalui Jalan Janti, kemudian masuk ke Jalan Sultan Agung, masuk ke Jalan Suryo Utomo dan masuk ke Jalan Mataram.

Wisatawan yang menuju Malioboro dari arah Bantul juga bisa melewati Jalan Mataram.

“Wisatawan yang akan ke Malioboro melewati Jalan Mataram,” ujarnya.

Kendaraan diminta untuk diparkir di tempat parkir yang telah ditentukan

Lahan bus mulai penuh dan jalan di luar Malioboro padat pada Rabu (21/12/2022).KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO Tempat parkir bus mulai penuh dan terjadi kemacetan di depan pintu masuk Malioboro pada Rabu (21/12/2022)

Wisatawan atau yang menghabiskan malam tahun baru di kawasan Malioboro diminta untuk memarkirkan kendaraan bermotornya di beberapa kantong parkir yang telah disiapkan.

“Biasanya, menjelang malam tahun baru pukul 23.30 WIB, sepeda motor sudah penuh. Sehingga sepeda motor dan kendaraan roda empat dapat diparkir di beberapa tempat yang telah ditentukan,” ujarnya.

Baca Juga: 12 Tempat Merayakan Malam Tahun Baru di Yogyakarta, Ada Kembang Api

Ia menyebutkan beberapa lahan parkir yang disiapkan antara lain Parkir Ngabean, Senopati, Mal Malioboro, dan Parkir Gila Angkringan Jaman.

Lahan bus mulai penuh dan jalan di luar Malioboro padat pada Rabu (21/12/2022).KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO Tempat parkir bus mulai penuh dan terjadi kemacetan di depan pintu masuk Malioboro pada Rabu (21/12/2022)

“Titik Senopati dan Ngabean hanya untuk kendaraan roda empat dan roda dua. (Bus) tidak boleh masuk, hanya untuk jatuh (menurunkan penumpang) tetapi tidak diperbolehkan parkir di area Senopati, Ngabean dan Aba. Ini informasi dari dinas perhubungan (Departemen Perhubungan). Hasil pemungutan suara bersama,” jelasnya.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Malam di Yogyakarta untuk Malam Tahun Baru

Ia menambahkan, tempat parkir bus sudah disiapkan di perbatasan antara Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul.

“Mereka (bus) sudah menyiapkan lahan di Bantul. Hanya untuk jatuhyang bisa lewat setelah pergantian tahun,” jelasnya.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button