Gunungkidul konon kaya dari pariwisata - WisataHits
Yogyakarta

Gunungkidul konon kaya dari pariwisata

Gunungkidul

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimistis Gunungkidul bisa menjadi daerah yang sejahtera. Salah satunya melalui pariwisata.

Sandiaga mengunjungi Desa Wisata Kalurahan Tepus (Dewi Kampus), Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul yang masuk dalam 50 Besar Penghargaan Desa Wisata Indonesia (AWDI). Sandiaga mengatakan pariwisata bisa menjadi pendorong ekonomi untuk mengatasi masalah kemiskinan di Gunungkidul.

“Kami punya banyak pekerjaan rumah karena Gunungkidul memiliki tantangan, salah satunya adalah angka kemiskinan tertinggi. Tapi di pariwisata, multiplier effectnya enam kali lipat,” kata Sandiaga kepada wartawan di Pantai Indrayanti, Tepus, Gunungkidul, pertengahan pekan lalu.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Pengembangan pariwisata, kata Sandiaga, melalui pengembangan objek wisata khususnya desa wisata di Gunungkidul. Selain itu, dengan penguatan UMKM untuk meningkatkan industri kreatif.

“Jadi saya melihat 1,1 juta lapangan kerja (di Indonesia) berpotensi besar jika dibangun di kawasan wisata dan juga memberdayakan UMKM. Bupati Gunungkidul juga mengatakan ingin mengembangkan pertanian, peternakan dan UMKM,” ujarnya.

“Dan pagi ini kami sepakat bahwa UMKM akan didukung di atraksi wisata dan creative hub, ditingkatkan melalui kurasi dan pelatihan hingga pemasaran. Semua ini untuk meningkatkan pendapatan masyarakat,” tambahnya.

Sandiaga juga meminta Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk secara masif membuat event di tempat-tempat wisata sebagai tempat wisata. Salah satunya, kata Sandiaga, adalah event bertajuk sport tourism.

“Misalnya sport tourism minimal Gunungkidul 10K, Gunungkidul Half Marathon hingga Gunungkidul Cross Country, karena medan di Gunungkidul sangat menantang dan menarik,” ujarnya.

Selain itu, kondisi alam di Gunungkidul masih sangat asri. Selain itu, Gunungkidul dikenal dengan perpaduan pegunungan dan laut, dan ada juga Desa Wisata Nglanggeran yang tahun lalu dinobatkan sebagai salah satu desa wisata terbaik di dunia.

Tonton video “Aksi ditegur Sandiaga Uno, Apa Kata Aliansi Labuan Bajo?”
[Gambas:Video 20detik]
(perempuan/perempuan)

Source: travel.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button