Sunan Jogo Kali Park punya wahana baru: Wisata Perahu di Kali Solo - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Sunan Jogo Kali Park punya wahana baru: Wisata Perahu di Kali Solo – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Kapal wisata baru yang dikelola Taman Sunan Jogo Kali di Desa Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Solo. Foto itu diambil belum lama ini. (Khusus/Sengkut Pandega)

Solopos.com, SOLO — Pengelola Taman Sunan Jogo Kali di Desa Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Solo memiliki kendaraan baru berupa perahu wisata yang menyusuri Kali Solo. Wahana baru tersebut akan disosialisasikan mulai Minggu (9/4/2022).

Dinas Perhubungan Kota (Dishub) Solo telah memastikan kapal wisata memenuhi standar keselamatan transportasi air. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo Taufiq Muhammad menyatakan pengelola akan melakukan sosialisasi terkait pelayanan kapal wisata dalam 1-2 minggu ke depan.

Promo Dukung BUMN Binaan UMKM Go Online, Tokopedia Registrasi 2.000 NIB

Rute perahu wisata mengikuti Sungai Bengawan Solo dari Taman Sunan Jogo Kali, Desa Pucangsawit hingga Beton, Desa Sewu, Kecamatan Jebres.

“Sampai Beton mengalihkan perhatiannya kembali ke Taman Sunan Jogo Kali. Perjalanan memakan waktu 30-40 menit,” katanya, Minggu (9 April 2022).

Dia menjelaskan, dua perahu dioperasikan untuk mengangkut wisatawan. Setiap perahu naga yang dapat menampung lebih dari 10 orang, dan perahu biasa, seperti perahu yang digunakan oleh nelayan, dapat menampung delapan orang.

Baca Juga: Keseruan Ngaburit di Solo, dari Sunan Park Guard Kali hingga Rutan

Kedua perahu itu milik pengelola Taman Sunan Jogo Kali Solo. Dishub memandu manajer dalam mengelola persetujuan teknis terkait keamanan.

Persetujuan sekarang telah diberikan oleh Kementerian Perhubungan. Kapal yang digunakan sudah sesuai SOP full life jacket untuk penumpang dan life jacket,” ujarnya.

Master bersertifikat

Kepala Taufiq mengatakan nakhoda kapal memiliki sertifikat khusus. Kapten atau stafnya adalah anggota Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas).

Baca Juga: Rudy Menerbangkan 22 Lentera Merah Putih di Bengawan Solo, Itu Tujuannya

Menurut Taufiq, pengelola Sunan Jogo Park, Kali Solo, mematok tarif kapal wisata Rp 30.000 per orang. Informasi lebih lanjut menunggu layanan atau waktu operasi berikutnya.

Dia menjelaskan, tahun depan ada rencana penambahan jumlah kapal, serta pengembangan pariwisata dengan layanan armada listrik yang dikelola Dishub Solo. Rencananya dalam tahap studi dan investigasi lokasi di sejumlah desa sekitar, termasuk potensi produksi kerupuk.

Pengelola Sunan Jogo Kali Park, Solo, Sengkut Pandega menjelaskan, jadwal operasional kapal adalah Minggu pukul 09.00 WIB – 15.00 WIB. Sedangkan operasi hanya berlangsung pada sore hari kecuali pada hari Minggu.

Baca Juga: Ada Rencana Akhir Pekan di Solo? Jangan lewatkan agenda menarik ini

“Kalau hari biasa bisa sore. Tapi kalau besok pagi ada peminat, tetap kami layani,” jelasnya. Pengelola taman itu bekerja sama dengan Dishub Kota Solo untuk mengembangkan pariwisata.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button