Jelajah Sungai Bengawan Solo Naik Perahu Naga di Sunan Jogo Park, Kali Surakarta, Gimana? - WisataHits
Yogyakarta

Jelajah Sungai Bengawan Solo Naik Perahu Naga di Sunan Jogo Park, Kali Surakarta, Gimana?

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Kapal Naga Merah menjadi objek wisata baru di Taman Sunan Jogo Kali, Pucangsawit, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Soal harga jangan khawatir, pengunjung Taman Sunan Jogo Kali yang ingin naik perahu naga merah hanya perlu merogoh kocek Rp 30.000 per orang.

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (14/9/2022), kendaraan baru yang digagas mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo ini mampu mengangkut 18 penumpang per perjalanan. Selama tour, penumpang diajak berlayar hingga 7 kilometer (km) dari Dermaga Sunan Jogo Kali ke Beton pada aliran sungai normal atau pada musim kemarau, dengan durasi 30 menit. Di sisi lain, pada musim hujan atau saat arus deras, perahu naga merah dapat menempuh perjalanan sekitar 20 menit, lebih cepat daripada di musim kemarau, karena tidak ada risiko menabrak batu besar di sungai.

Sepanjang perjalanan, penumpang kapal disuguhi pemandangan Sungai Bengawan Solo. Sebagai semacam protokol keselamatan, penumpang kapal naga merah wajib mengenakan jaket pelampung saat berlayar. Selain itu, kapal tersebut juga diawaki oleh anggota Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) untuk menjamin keselamatan penumpang selama berada di sungai.

Perahu naga merah di Taman Sunan Jogo, kota Kali Solo. (Dok. Maria Arimbi Haryas Prabawanti)

Meski tidak ada batasan usia atau tinggi badan, penumpang tetap wajib mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) keselamatan.

Jadwal Kapal Naga di Taman Sunan Jogo Kali

Kapten kapal naga Hananto, 37, mengatakan, armada wisata itu berlayar antara pukul 09.00 hingga 16.00 WIB setiap hari. “Yang paling ramai biasanya Sabtu sampai Minggu atau hari libur, bisa 8 kali pulang pergi (PP),” ujarnya.

Dikatakannya, para penumpang tidak hanya datang dari Solo tetapi juga dari berbagai daerah sekitarnya seperti Yogyakarta, Sragen dan Karanganyar. “Suatu ketika ada penumpang dari Yogyakarta, rumahnya di daerah pegunungan, jadi dia ingin mencoba wahana air di sungai,” katanya.

Selain itu, kata Hananto, kapal naga merah ini memang didesain untuk berlayar dengan tenaga mesin sejak pertama kali dioperasikan pada Selasa (6/9/2022), namun saat berlayar masih membutuhkan navigasi untuk mengendalikan kecepatan pelayaran.

Perahu naga di Taman Sunan Jogo Kali, Kota Surakarta sambil bersandar. (Dok. Maria Arimbi Haryas Prabawanti)

Sementara itu, seorang penumpang yang menjajal kapal naga, Femi, 27, mengaku senang dengan kapal baru ini. “Jadi alternatif wisata baru yang tidak monoton, kita juga bisa tahu seperti apa Bengawan Solo dari dekat,” ujarnya.

Pengunjung yang berasal dari Klaten ini mengaku awalnya tidak tahu ada perahu baru di Taman Sunan Joko Kali yang bisa ia tumpangi. “Niatnya pergi ke taman ini hanya untuk jajan dan makan karena kalian semua bertemu dengan Tan tua yang rumahnya tidak jauh dari sini,” katanya.

Kemudian ketika dia melihat ke tepi sungai dia melihat ada dermaga kecil dan perahunya sehingga dia tertarik untuk mencobanya. “Kesannya seru, nggak terasa 30 menit karena banyak yang nonton,” jelasnya. Ia berharap fasilitas rekreasi serupa bisa dibuka kembali di Solo agar tidak bingung mau ke mana saat berkunjung.

Seperti ini:

Seperti Memuat…

Source: kabnews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button