Rekomendasi desa wisata digital di Indonesia, Gen Z dan Milenial pasti suka! - WisataHits
Jawa Tengah

Rekomendasi desa wisata digital di Indonesia, Gen Z dan Milenial pasti suka!

Rekomendasi desa wisata digital di Indonesia, Gen Z dan Milenial pasti suka!

INDOZONE.ID – Saat ini keberadaan desa wisata tidak bisa dipisahkan dari teknologi dan media digital. Desa wisata digital harus memiliki potensi dan daya tarik wisatawan, terutama anak muda seperti Gen Z dan Milenial yang memiliki hobi Bepergian.

Berdasarkan Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, desa wisata adalah suatu daerah tujuan wisata yang memadukan daya tarik wisata, fasilitas umum, fasilitas wisata, dan aksesibilitas.

Semua itu tersaji dalam struktur masyarakat yang terintegrasi dengan tata cara dan tradisi yang berlaku di desa.

desa wisata digital Indonesia

Ada 3.419 desa wisata di Indonesia yang bisa Anda kunjungi untuk bersantai. Di sini Anda tidak hanya akan menemukan keindahan alam, tetapi juga rekomendasi desa wisata digital yang juga menawarkan aktivitas sosial dan budaya:

Baca Juga: 6 Desa Wisata Terbaik di Indonesia, Indah dan Menakjubkan!

1. Desa Wisata Candirejo Jawa Tengah

desa wisata digital IndonesiaDesa Wisata Candirejo. (Instagram/@candirejo.mgl)

Desa Wisata Candirejo di Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Desa Candirejo terletak 3 km arah tenggara dari pusat peradaban dunia, Candi Borobudur, yang dapat dicapai dengan kereta kuda.

Nikmati wisata selain pemandangan alam sekitar yang hijau off-road di kawasan Menoreh dan berakhir di Watu Kendil, wisatawan yang berkunjung ke desa ini juga bisa menyaksikan aktivitas masyarakat setempat.

Dari kunjungan ini, wisatawan juga bisa membawa pulang kerajinan tangan khas dan makanan tradisional warga setempat.

Soal bahasa, jangan khawatir. Pemandu wisata rata-rata bisa berbicara apa saja mulai dari bahasa Inggris hingga Prancis, lho. sangat keren bukan?

2. Desa Panglipuran, Bali

desa wisata digital IndonesiaDesa Penglipuran. (Perjalanan Indonesia)

Bali memiliki pemandangan yang tak terhitung jumlahnya. Mulai dari pantai hingga kuliner hingga budaya, sulit untuk dilewatkan oleh traveler. Desa Panglipuran yang terletak di Kabupaten Bangli, Bali, merupakan salah satu daya tarik Bali.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Villa di Bali Private Pool untuk Liburan dan Bulan Madu

Desa Panglipuran merupakan desa adat yang menjadi keindahan pariwisata di Bali. Bagaimana tidak, desa ini dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia.

Di desa ini wisatawan bisa menemukan hutan bambu yang melindungi desa. Seperti desa adat lainnya, Desa Panglipuran juga memiliki ritual keagamaan yang masih dilakukan hingga saat ini, yaitu ritual Ngusaba.

Pesona lain yang ditawarkan Desa Panglipuran adalah festival budaya bernama Penglipuran Village Festival. Mulai dari parade baju adat Bali, Barong Ngelawang hingga parade seni budaya.

3. Desa Gubug Klakah

desa wisata digital Indonesiatabung aliran di kabin Klakah. (Disparbud.malangkab)

Desa Gubug Klakah terletak di Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Air Terjun Coban Pelangi menjadi daya tarik utama desa wisata ini. Perairan ini juga dikelilingi oleh Taman Nasional Bromo Tengger, Semeru.

Wisatawan tidak perlu khawatir, untuk masuk ke Coban Pelangi cukup membayar tiket sebesar Rp 10.000. Buka setiap hari, wisatawan disarankan untuk pergi ke air terjun ini pada siang hari agar bisa melihat pelangi yang muncul di sekitar air terjun.

Selain air terjun di desa Gubug Klakah, air juga disajikan untuk wisatawan Tubing sungai, arung jeram dan agrowisata apel.

Jangan khawatir, desa ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti tempat parkir, pelacakan hutanKantin, pemandian umum, gastronomi, musala dan kios suvenir.

Artikel menarik lainnya:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button