Desa Wisata terbukti mampu meningkatkan perekonomian masyarakat hingga 30 persen - WisataHits
Yogyakarta

Desa Wisata terbukti mampu meningkatkan perekonomian masyarakat hingga 30 persen

Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA – Pandemi COVID-19 yang muncul selama dua tahun terakhir telah memberikan banyak dampak ke berbagai sektor termasuk sektor pariwisata.

Sebagai sektor dengan rantai industri yang cukup panjang, sektor ini memiliki dampak yang sangat besar bagi perekonomian negara. Hal ini menjadikan pariwisata sebagai sektor prioritas yang membutuhkan pemulihan yang cepat.

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah melakukan berbagai upaya untuk memulihkan sektor ini. Akibatnya, terjadi peningkatan jumlah wisatawan sebesar 12 persen pada tahun 2021 dibandingkan tahun 2020.

Baca Juga: Keliki, Bali: Kampung Energi Mandiri Pertamina Berbasis Energi Terbarukan

Peningkatan ini menjadi pendorong untuk mencapai target sektor pariwisata pada tahun 2022 yaitu 260 juta wisatawan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mencapai tujuan tersebut dengan berbagai cara, termasuk mengembangkan desa wisata dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Optimalisasi sektor UMKM di desa wisata ini memiliki banyak manfaat karena tidak hanya pada sisi pemberdayaan sumber daya manusia tetapi juga pada sisi ketahanan ekonomi.

Berdasarkan big data yang dihimpun Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, desa wisata terbukti mampu meningkatkan perekonomian kota hingga 30 persen.

Hal ini tentunya menjadi angin segar bagi Indonesia untuk menghidupkan kembali perekonomian pasca pandemi.

Tak heran jika pembahasan desa wisata dan UMKM menjadi inti agenda Pertemuan Menteri Pariwisata 2022 di Bali pada September 2022.

Source: www.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button