Strategi Kemenparekraf Hadapi Ancaman Resesi 2023, Jaga Daya Beli dan Andalkan Produk Lokal: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Barat

Strategi Kemenparekraf Hadapi Ancaman Resesi 2023, Jaga Daya Beli dan Andalkan Produk Lokal: Okezone Travel

BANK Dunia memprediksi pada tahun 2023 perekonomian dunia akan mengalami resesi di berbagai sektor. Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan kementeriannya telah menyusun strategi untuk menghadapi risiko resesi di sektor pariwisata dan industri kreatif tahun depan.

Menurut Sandiaga, risiko Indonesia terkena resesi masih rendah mengingat pertumbuhan ekonomi masih tangguh dan didukung oleh produk dalam negeri.

“Jadi Alhamdulillah, bekerjasama dengan berbagai pihak dengan menjaga daya beli sektor pariwisata dan industri kreatif dengan memfasilitasi mobilitas masyarakat dan mempromosikan produk lokal,” kata Sandiaga dalam Press Brief Mingguan bersama Sandiaga Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2022).

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Terbaik di Banda Neira, Potongan Surga di Indonesia Timur

Sandiaga mengatakan dengan mengutamakan produk lokal, pemerintah akan menekan impor. Apalagi dengan dorongan program Bangga Buatan Indonesia yang diulang-ulang oleh pemerintah.

“Kami terus mempromosikan sektor pariwisata dan industri kreatif,” katanya.

Menurut Sandiaga, meski dibayangi sedikit resesi, Indonesia harus tetap berhati-hati. Karena itu ia mengimbau untuk memperkuat ekosistem produk lokal.

BACA JUGA:4 Tempat Wisata Paling Romantis Di Bandung yang Cocok Dikunjungi Bersama Pasangan

“Dukungan kepada pemangku kepentingan pariwisata dan industri kreatif melalui program insentif, dukungan promosi, memfasilitasi kompetisi staf lokal, subsidi multi program, serta penguatan pelaksanaan penguatan pariwisata dan industri kreatif dan lain-lain,” jelasnya.

Baca juga: Utamakan kesehatan dan keluarga

Sementara itu, kata dia, tingkat hunian kamar di Indonesia semakin meningkat. Padahal hal ini menjadi pertanda bahwa daya tarik atau minat masyarakat untuk berwisata di Indonesia semakin meningkat.

ilustrasi

“Bangga dibuat di Indonesia dan bangga berwisata di Indonesia akan menjadi pilar sebagai produk lokal dan keberlangsungan pariwisata kita akan semakin baik,” pungkasnya.


Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button