Fakultas Untag Surabaya sedang mengembangkan aplikasi untuk mempermudah pelayanan publik bagi masyarakat pedesaan - WisataHits
Jawa Timur

Fakultas Untag Surabaya sedang mengembangkan aplikasi untuk mempermudah pelayanan publik bagi masyarakat pedesaan

Surabaya (ANTARA) – Dosen Ilmu Komputer Universitas Surabaya mulai 17 Agustus 1945 (Untag) Elsen Ronando mengembangkan inovasi digital Sistem Layanan Surat Sedulur Minggirsari atau disingkat “Berseri Sederhana” untuk mempermudah pelayanan publik pedesaan.

“Aplikasi ini dilaksanakan di Desa Minggirsari, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar dan mendapat pendanaan dari Hibah Program Kemitraan Masyarakat Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Tahun Anggaran 2022,” kata Elsen dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu.

Ia mengungkapkan, aplikasi ini kepada aparat dan masyarakat desa sekitar telah disosialisasikan dan dilatih dan dimaksudkan untuk mempermudah proses pengajuan surat masyarakat.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur untuk memantau secara langsung perkembangan proses penyuntingan surat yang disampaikan oleh masyarakat agar dapat diikuti oleh masyarakat.

“Kalau proses pengambilan surat di kantor desa sudah selesai, ada keterangan atau status yang jelas, mis. B. penolakan jika surat permohonan ditolak,” ujarnya.

Selain fungsi pengelolaan email, aplikasi juga menyediakan informasi profil desa, televisi desa, informasi berita desa, informasi wisata desa, tombol panik untuk memperingatkan kejadian tak terduga, pasar desa dan statistik desa.

“Pada umumnya aplikasi sejenis hanya digunakan untuk layanan email. Namun ada penambahan fitur dengan pertimbangan berdasarkan riset tim pada aplikasi sejak tahun 2021,” ujarnya.

Elsen mengakui bahwa aplikasi SIMPEL BERSERI ini dapat berjalan di atas platform situs web ditujukan untuk operator desa dan melalui platform Android, yang ditujukan untuk masyarakat pedesaan.

“Aplikasi ini akan diimplementasikan di berbagai kota dan desa di Indonesia. Hal ini memudahkan masyarakat dalam mengelola layanan pos dan berdampak pada peningkatan pelayanan publik di Indonesia,” ujarnya.

Elsen juga mengucapkan terima kasih kepada DRTPM Kemendikbud serta aparatur dan masyarakat Desa Minggirsari, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar yang telah menerima inovasinya.

“Saya berharap aplikasi ‘Berseri Sederhana’ ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan pelayanan publik,” ujar Elsen.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button