Situ Hiyang Cikamunding, surga wisata tersembunyi di Lebak Selatan - WisataHits
Jawa Barat

Situ Hiyang Cikamunding, surga wisata tersembunyi di Lebak Selatan

Situ Hiyang Cikamunding, surga wisata tersembunyi di Lebak Selatan

INDOPOS.CO.ID – Kabupaten Lebak, Banten memiliki sejumlah destinasi wisata yang eksotik dan menawan, baik wisata pantai maupun wisata alam yang wajib dikunjungi wisatawan.

Seperti objek wisata Situ Hiyang Cikamunding yang terletak di Desa Cikamunding Kecamatan Cilograng yang tidak jauh dari Pantai Sawarna dan Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Salah satunya adalah Danau Purba Situ Hiyang Cikamunding yang dapat didorong oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten karena dapat menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di Banten.

Kepala Desa Cikamunding Yayan Handayana Musalev mengatakan jika Pemprov Banten merevitalisasi wilayah itu melalui biro pariwisata, banyak wisatawan akan datang mengunjungi Situ Hiyang Cikamunding, yang dikenal memiliki air jernih dan tidak pernah kembali meskipun musim kemarau panjang.

“Jika fasilitas tertata rapi dan infrastruktur jalan bagus, tempat wisata ini tentu bisa menjadi salah satu tujuan wisatawan berlibur di Situ Hiyang Cikamundung,” kata Musalev kepada indopos.co.id, Minggu (1/8/2023).

Ia mengatakan Situ Hiyang Cikamunding yang berada di Blok Tarikolot, Kampung Cikamunding Hiji, merupakan salah satu objek wisata air yang belum ditata dan dikelola secara maksimal oleh Dinas Pariwisata Pemprov Baten.

“Lahan itu milik Pemprov, sehingga Pemkab Lebak tidak bisa merevitalisasi kawasan itu. Namun, jika Pemerintah Provinsi Banten tidak mampu melakukan revitalisasi dan menyerahkannya kepada Pemkab Lebak, saya yakin Pemkab Lebak yang dipimpin Ibu Iti Jayabaya akan melakukan revitalisasi di wilayah tersebut.” katanya Musalev.

Ia menambahkan, Situ Hiyang Ciakmunding menawarkan keindahan alam di perbatasan Banten dan Jawa Barat yang sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai suasana khas pedesaan.

“Tempat Wisata Situ Hiyang Cikamunding merupakan tempat wisata yang berbentuk danau. Selain itu juga ada sawah, kebun dan gubuk di dekat tempat wisata ini, jadi tempat wisata ini khas desa yang sangat sejuk, asri, asri, tenang dan nyaman,” ujarnya.

Ia berharap Dinas Pariwisata Provinsi Banten secepatnya menyelesaikan masalah tersebut dan Perkim Provinsi Banten serta Dinas PUPR yang menangani infrastrukturnya. “Kalau infrastruktur jalan Situ Hiyang Cikamunding bagus, maka tidak menutup kemungkinan tempat itu akan menjadi tempat wisata eksotis di Banten,” ujarnya.

Musalev mengungkapkan, lokasi wisata Situ Hiyang Cikamunding baru-baru ini viral karena warga setempat berhasil menangkap ikan mas seberat 15,8 kilogram. “Saat ini ikan juga banyak di Situ Hiang Cikamunding, jadi wisatawan bisa memberi makan ikan saat berada di sana,” katanya. (Ya)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button