Simpang Lima Boyolali Wisata kuliner dengan patung ikonik - WisataHits
wisatahits

Simpang Lima Boyolali Wisata kuliner dengan patung ikonik

Harga tiket masuk Simpang Lima Boyolali : Gratis Jam buka : 24 jam No. Telepon: -Alamat: Bayanan, Siswodipuran, Boyolali, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia, 57311

Simpang Lima Boyolali bisa menjadi alternatif kunjungan ke Boyolali yang memiliki icon arca Arjuna. Patung berbentuk dua orang laki-laki yang sedang menaiki kereta kuda. Dimana jumlah patung kuda mencapai 13 ekor.

Padahal, kawasan ini bukanlah tempat wisata. Tapi taman kota yang terletak di tengah persimpangan jalan. Namun karena ada patung Arjuna yang besar, tiba-tiba tempat ini berubah menjadi tempat wisata. Tempat ini memiliki banyak keindahan yang tak terduga. Misalnya taman hijau yang tersembunyi di balik patung Arjuna.

Harga Tiket Masuk Simpang Lima Boyolali

Simpang Lima Boyolali tidak menetapkan tarif masuk bagi pengunjung yang datang. Semua fasilitas di sekitarnya, mulai dari taman hingga perpustakaan, bisa dinikmati secara gratis. Berfoto dengan latar belakang patung Arjuna juga tidak dikenakan biaya sepeser pun. Bisa dibilang kawasan ini merupakan objek wisata yang murah.

Harga Tiket Masuk Simpang Lima Boyolali
Tiket masuk Gratis

Baca: Tiket MONT MERBABU dan 5 Jalur Pendakian

Jam buka

Kawasan Simpang Lima Boyolali tidak menetapkan jam khusus. Siapapun bisa datang kapanpun mereka mau. Karena wisata ini tetap buka setiap hari dan beroperasi 24 jam setiap hari, bahkan di tanggal merah pun tetap buka seperti biasa.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Obyek wisata Simpang Lima Boyolali

Simpang Lima Boyolali bisa menjadi alternatif tujuan wisata ke Kabupaten Boyolali. Daerah ini memiliki sejumlah atraksi. Beberapa di antaranya Arjuna Arjuna, Wisata Kuliner, Perpustakaan Boyolali dan taman hijau. Yang mau beli sayur bisa mampir ke pasar sore di belakang perpustakaan.

Baca: Tiket dan Wahana Objek Wisata Tlatar Boyolali

Patung Arjuna

Patung Arjuna Simpang Lima Boyolali.Patung Arjuna Simpang Lima Boyolali menggambarkan Arjuna dan Krisnha di atas kereta perang Bharatayudha. Foto: Googlemap/Herupit

Keberadaan patung Arjuna memang menjadi magnet tersendiri untuk menarik kunjungan wisatawan. Daya tariknya sendiri adalah deretan patung kuda yang tampak hidup. Banyak yang singgah di kawasan ini hanya untuk berfoto selfie. Dan tak jarang ingin melihat kemegahan dan keindahan patung tersebut dari dekat.

Konsep patung mengambil cerita pewayangan salah satu tokoh Pandawa bernama Arjuna. Dalam arca ini, Arjuna digambarkan di atas kereta bersama Kresna. Sosok Arjuna memegang anak panah dengan kedua tangannya. Sementara itu, Krishna berada di depan mengemudikan kereta.

Diperkirakan tinggi arca Arjuna ini mencapai 25 meter. Sedangkan panjangnya sekitar 24 meter. Hampir seluruh badan patung ini terbuat dari tembaga berkualitas tinggi. Pada malam hari, patung tersebut akan memancarkan cahaya keunguan yang luar biasa.

Baca: Tiket & Wahana CENGKLIK PARK RESERVOIR

Wisata kuliner

Wisata Kuliner Malam di Simpang Lima Boyolali.Wisata kuliner di Simpang Lima Boyolali menawarkan berbagai menu makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Foto: Googlemap/Ilham Andrée

Tidak hanya patung Arjuna saja yang menjadi daya tarik wisata Simpang Lima. Kawasan ini juga terkenal dengan berbagai kulinernya. Pengunjung dapat berjalan ke sisi timur atau barat trotoar. Ada banyak pedagang yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau di kawasan ini.

Salah satu minuman paling terkenal di Simpang Lima adalah susu segar. Penjualnya adalah seorang wanita bernama Tutik Amiyati. Setiap Sabtu dan Minggu pagi ia masih menjajakan dagangannya di sisi timur trotoar. Perusahaan ini sudah berdiri kurang lebih 1 tahun.

Susu segar yang dijual Bu Tutik memiliki kisaran harga Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Tergantung ukuran liter susu dalam kemasan. Biasanya ukuran 250 mililiter harganya Rp 5.000. Sedangkan yang 600 mililiter dijual dengan harga Rp 10.000.

Baca: Tiket Unik BARU SELO Boyolali & Spot Foto

perpustakaan Boyolali

Perpustakaan Daerah Kabupaten Boyolali.Perpustakaan Simpang Lima Boyolali memiliki sejumlah koleksi buku seperti novel, buku cerita, pelajaran dan masih banyak lagi. Foto: Googlemap/Jambul Yudha

Simpang Lima Boyolali bukan sekedar tempat bersantai atau melepas penat. Wisata ini juga memiliki sisi edukasi dengan mengunjungi perpustakaan di belakang patung Arjuna. Sebelumnya, lokasi perpustakaan berada di Jalan Seiko di sebelah toko gedung. Namun kini pemerintah telah memindahkannya ke Simpang Lima dengan bangunan putih kontemporer.

Di dalam perpustakaan terdapat buku-buku yang menarik untuk dibaca pengunjung. Tidak hanya membaca di tempat. Pengunjung juga bisa meminjam bukunya untuk dibaca di rumah. Selain memiliki koleksi buku, pengelola juga menyediakan fasilitas komputer dan Wi-Fi gratis.

Saat berkunjung ke Simpang Lima, pengunjung tidak sekadar bersenang-senang. Tapi juga menimba ilmu dengan mengunjungi perpustakaan Boyolali. Ada beberapa buku bagus yang tidak boleh Anda lewatkan. Mulai dari buku pelajaran, novel, buku cerita dan masih banyak lagi.

Baca: Tiket, Aktivitas, dan Fasilitas BALE RANTJAH PARK

Taman terbuka hijau

Di sekitar patung Arjuna terdapat taman terbuka hijau yang biasa digunakan untuk bersantai. Penataannya begitu rapi dengan ornamen rerumputan hijau di permukaan tanah. Suasana disegarkan dengan kehadiran pohon besar di sisi perpustakaan.

Selain itu, ada juga tanaman berbunga warna-warni yang menghiasi permukaan rumput. Ada warna putih, ungu, merah, kuning dan orange. Namun yang paling dominan adalah warna merah pada bunga tasbih. Tanaman ini tingginya sekitar 2 meter dengan daun yang besar dan lebar.

Baca: Tiket EMBUNG MANAJAR & Mont Panorama 5

Pasar sore

Menjelang sore, ada pasar dadakan di belakang perpustakaan. Ada banyak pedagang yang menjual berbagai sayuran di sini. Mulai dari kol, wortel, tomat, paprika dan masih banyak lagi.

Selain sayur mayur, ada juga pedagang yang menjajakan makanan ringan dari pasar. Wisatawan bisa berbelanja sambil menikmati wisata kuliner. Harganya murah dan tidak terlalu menguras isi kantong. Biasanya kue dijual seharga Rp 500 hingga Rp 10.000.

Pemasangan Simpang Boyolali di Lima

Padahal Simpang Lima merupakan wisata baru di Kabupaten Boyolali. Namun fasilitas pendukung yang disediakan manajemen sudah memadai. Mulai dari penyediaan tempat parkir mobil, tempat makan dan gazebo untuk tempat bersantai.

Lokasi Simpang Lima Boyolali

Simpang Lima Boyolali terletak di Bayanan, Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Alun-alun Selatan Boyolali. Dan masih di tengah pusat kota Boyolali.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button