Sering menjadi tujuan para pemanjat tebing, ini dia nama-nama gunung yang ada di pulau jawa - WisataHits
Jawa Tengah

Sering menjadi tujuan para pemanjat tebing, ini dia nama-nama gunung yang ada di pulau jawa

ERA.id – Pulau Jawa merupakan salah satu pulau yang memiliki banyak gunung dengan ketinggian yang berbeda-beda. Banyak pendaki di Nusantara memasukkan daftar gunung di Jawa untuk didaki. Gunung paling populer dan surga bagi sebagian besar pendaki di pulau Jawa adalah Gunung Semeru. Gunung ini terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang di Jawa Timur.


Aparat Polres Tegal di Puncak Gunung Slamet/ Foto: Dok. Polda Jawa Tengah

Gunung yang disebut-sebut sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa ini memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut dan termasuk dalam tujuh gunung dengan puncak tertinggi di Nusantara. Sejauh ini, Semeru tergolong dalam kategori gunung berapi aktif di pulau Jawa.

Tentunya selain Gunung Semeru, masih banyak gunung lain yang tak kalah menarik bagi para pendaki. Mungkin Anda tahu pegunungan ini. Berikut nama-nama gunung di pulau jawa yang populer di kalangan pemanjat tebing:

1. Gunung Semeru

Dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut, Gunung Semeru dikatakan sebagai gunung tertinggi di pulau Jawa. Selain itu, Semeru merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Puncak Jayawijaya dan Gunung Kerinci. Sejak tahun 1818, Gunung Semeru telah mengalami 55 kali letusan dan mengeluarkan awan panas.

2. Gunung Slamet

Terletak di Jawa Tengah, gunung ini mencapai ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut. Lokasi gunung ini berada di lima kabupaten di Jawa Tengah yaitu Banyumas, Purbalingga, Tegal, Pemalang dan Brebes.

3. Sumbinger Berg

Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3.372 m. Gunung ini terletak di tiga kabupaten yaitu Magelang, Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi kedelapan di Indonesia setelah Gunung Slamet. Gunung Sumbing adalah gunung berapi yang telah punah yang terakhir meletus pada tahun 1730. Salah satu gunung tertinggi di pulau Jawa ini juga dipilih oleh para pendaki sebagai jalur pendakian yang bisa dinaiki melalui lima jalur. Rute tersebut antara lain Garung, Capiut, Bowongso, Parakan, Butuh Kaliangkrik dan Sipetung.

4. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno mencapai ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut. Puncaknya dikenal sebagai Puncak Ogal Agil. Gunung ini terletak di tiga wilayah yaitu Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Jika ingin mendaki gunung ini, ada 4 jalur yang bisa dipilih, yaitu Tretes, Sumber Brantas, Tambaksari dan Lawang.

Kawasan pegunungan ini terletak di kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Gunung Arjuno berbatasan dengan Gunung Welirang, Gunung Kembar I dan Gunung Kembar II. Salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa, terakhir meletus pada tahun 1952.

5. Gunung Raung

Gunung Raung memiliki ketinggian 3.332 m dan terbagi menjadi tiga kabupaten. Letak salah satu gunung tertinggi di pulau jawa ini berada di antara kabupaten banyuwangi, bondowoso dan jember, jawa timur. Gunung Raung adalah gunung berapi aktif di Jawa Timur. Selama 20 tahun, letusan gunung berapi ini telah dihitung rata-rata setiap 2,8 tahun.

6. Gunung Lawu

Gunung keramat ini memiliki ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut dan terletak di provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur serta di perbatasan antara Ngawi dan Magetan, Jawa Timur. Salah satu gunung tertinggi di pulau Jawa ini juga dijadikan objek wisata populer di kota Solo.

Ada juga wisata air terjun di sekitar gunung yang disebut Grojogan Sewu. Pengunjung bisa berwisata ke air terjun ini dengan menempuh perjalanan sekitar satu jam dari Solo. Dikutip dari situs Indonesia.go.id, ada lima tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di sekitar Gunung Lawu, di antaranya Candi Cetho, Cemoro Sewu, Makam Pendiri Keraton Mangkunegaran, Grojogan Sewu dan Telaga Sarangan.

7. Gunung Welirang

Gunung berapi aktif ini memiliki ketinggian 3.156 meter di atas permukaan laut dan terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto di Jawa Timur. Welirang sendiri masih berada di kawasan yang sama dengan Gunung Arjuno. Gunung ini konon pernah mengalami letusan pada tahun 1950-1952. Pada tahun 1950, Welirang meletuskan abu vulkanik pada ketinggian 2.500 hingga 2.700 meter.

Itulah beberapa nama gunung di pulau jawa yang sering dipilih oleh para pendaki. Saya harap informasi ini bermanfaat.

Ikuti juga artikel menarik lainnya. Jika kamu ingin mengetahui informasi menarik lainnya, jangan lewatkan untuk mengikuti berita terbaru dari ERA dan follow semua akun media sosial mereka! Berkomunikasi, merasa baik…

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button