Seribu Porsi Sambel Wader Signature Mojokerto Raih Rekor MURI - WisataHits
Jawa Timur

Seribu Porsi Sambel Wader Signature Mojokerto Raih Rekor MURI

SURYA.CO.ID, MOJOKERTO – Seribu masakan burung pantai Sambel khas Kabupaten Mojokerto berhasil mencatatkan rekor di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menjelaskan bahwa penyeberang Sambel merupakan makanan khas Mojokerto yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit.

Kuah wader ini merupakan makanan olahan berbahan dasar wader dengan kuah terasi yang pedas dan segar khas Kabupaten Mojokerto.

Sajian sambal wader ini disiapkan tepat di lokasi Majafest di Desa/Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

“Dulu, ketika abdi dalem ingin menyajikan makanan untuk keluarga kerajaan, mereka akan mengambil ikan kecil dari kolam segar untuk disajikan sebagai menu olahan khusus. Saus wader ini memiliki rasa yang khas dan berbagai resep bumbu, kekuatan rasa ada di sambal yang dibuat darinya, pedas dan segar,” jelasnya, Jumat (26/8/2022).

Bupati Ikfina mengatakan, penyiapan 1.000 saos wader dalam rangkaian Majafest 2022 diharapkan dapat mendongkrak perekonomian, khususnya di sektor pariwisata.

Selain itu, wisata kuliner khas ini merupakan bagian dari label pariwisata Kabupaten Mojokerto.

“Harapan kami, dengan memecahkan rekor MURI pukulan sambel terbanyak, kami akan memberikan kontribusi yang sangat positif bagi pemulihan ekonomi di sektor pariwisata. Dan kegiatan ini tidak akan terlaksana dengan baik jika kita semua tidak memiliki rasa memiliki terhadap budaya khususnya seni kuliner Kabupaten Mojokerto yaitu Sambel Wader,” kata Ikfina.

Usai memecahkan rekor MURI seribu lauk sambal Wader, Bupati Ikfina tampak berbincang dengan masyarakat setempat untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Mojokerto melalui media sosial.

“Ayo viralkan di media sosial dan saya yakin Sambel Wader akan lebih menarik dan memicu lebih banyak minat masyarakat di luar Kabupaten Mojokerto untuk berkunjung dan mencoba kuliner ini.” Bagaimana kuliner mojokerto ini bisa terkenal dan bersaing di kalangan kuliner Indonesia? ,” dia berkata.

Source: surabaya.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button