Wisata Edukasi Taman Goa Sunyaragi Cirebon - WisataHits
Jawa Barat

Wisata Edukasi Taman Goa Sunyaragi Cirebon

Wisata Edukasi Taman Goa Sunyaragi Cirebon

Cirebon

Taman Gua Sunyaragi merupakan salah satu destinasi wisata budaya dan sejarah di kota Cirebon, Jawa Barat. Bagi Anda yang ingin berlibur sekaligus menambah wawasan sejarah, destinasi wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan yang sangat cocok untuk dikunjungi.

Taman Gua Sunyaragi merupakan salah satu peninggalan sejarah sejak ratusan tahun silam. Seperti namanya, taman ini terdiri dari gua-gua buatan manusia yang hampir 60 persen materialnya adalah karang.

Jika Anda berkunjung ke tempat wisata ini, Anda akan melihat kemegahan salah satu peninggalan sejarah Keraton Cirebon di masa lampau.

Sebelumnya, Taman Gua Sunyaragi memiliki nama asli Taman Panyepi Ing Raga Kaputren. Saat itu, taman ini dijadikan sebagai tempat bermain bagi putra-putri keluarga Keraton Cirebon.

Ada beberapa tempat di Taman Gua Sunyaragi yang memiliki nama fungsinya masing-masing. Seperti Gua Penjaga, Gua Simanyang, Gua Pawon, Gua Argajumut, Gua Langse dan beberapa tempat lainnya.

Pada hari libur atau akhir pekan, Taman Air Gua Sunyaragi selalu ramai oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Wisatawan ini berasal dari Jakarta, Bandung, Majalengka, Kuningan, Indramayu serta beberapa daerah lainnya.

“Kebanyakan yang datang dari daerah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan). Yang dari Jakarta atau Bandung biasanya datang berombongan,” kata Humas Taman Gua Sunyaragi Eko Ardi Nugraha kepada detikJabar di Cirebon belum lama ini.

Bagi Anda yang ingin mengisi liburan dengan kilasan sejarah, Taman Gua Sunyaragi bisa menjadi pilihan tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi.

Untuk mendapatkan penjelasan tentang sejarah Taman Gua Sunyaragi, ada guide atau pemandu wisata yang siap mengantar pengunjung berkeliling di setiap bangunan.

Jika ingin mengabadikan momen liburan di lokasi ini, Taman Air Gua Sunyaragi juga menawarkan beberapa spot foto yang Instagramable. Menurut Eko, tidak sedikit pengunjung yang sengaja datang ke Taman Gua Sunyaragi hanya untuk berfoto.

“Pengunjung yang datang biasanya ingin berwisata dan berfoto. Ada juga yang ingin mengetahui sejarah. Tapi hanya sekitar 15 persen saja,” ujarnya.

*Lokasi Taman Gua Sunyaragi dan harga tiket*

Bagi Anda yang berlibur ke Taman Gua Sunyaragi, tempat wisata ini terletak di Jalan Brigjen Dharsono Kota Cirebon. Tepatnya di Desa Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon.

Dari Terminal Harjamukti Kota Cirebon, Taman Gua Sunyaragi hanya berjarak sekitar 2,3 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 7 menit. Tempatnya sendiri bisa didekati dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dari segi fasilitas, Taman Gua Sunyaragi memiliki tempat parkir mobil yang cukup luas. Jadi jika Anda datang bersama keluarga atau rombongan, Anda tidak perlu khawatir.

Untuk berwisata ke tempat ini, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp 15.000/orang. Namun harga tersebut belum termasuk biaya saat menggunakan jasa tour guide.

Menurut Eko, pengunjung baik perorangan maupun rombongan biasanya dikenakan biaya Rp 20.000 hingga Rp 50.000 untuk jasa pemandu wisata atau guide.

“Tiket masuk seharga Rp15.000. Tapi dengan pemandu, pengunjung biasanya menghabiskan antara Rp20.000 hingga Rp50.000,” kata Eko.

Simak video Makan Jagung Bakar Sambil Menikmati Pemandangan Bukit Gronggong
[Gambas:Video 20detik]
(tei/tei)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button